Google Ad

Friday, May 26, 2017

Ayam Kuluyuk


Masih menu praktis untuk berbuka atau Sahur ya teman-teman. Kali ini aku share resep peserta #giveawaydiahdidi yang terpilih untuk aku recook. Resep ini mudah sekali, kiriman dari mba Siska. Resepnya enak...suka dech. Sepintas mirip dengan Asam Manis, tapi Ayam Kuluyuk ini lebih enak bumbunya lebih kayarasa.

Jadi Ayam Kuluyuk ini merupakan menu Chinese food klasik ya, yang sudah melebur dengan kuliner Indonesia, dengan pemakaian bahan yang lebih mudah di temui. Bumbu juga. Cocok dech aku dengan menu ini, karena tidak memakai bumbu yang ribet yang susah di cari, tapi cukup dengan bumbu yang tersedia di dapur kita. 

Karena mba Siska kirim resepnya nggak pakai takaran bumbu, ini aku sesuaikan seleraku ya teman-teman takaran bumbunnya...agar lebih mudah untuk teman-teman jika mau mencoba. Untuk Ayam pakai fillet bagian dada yang empuk dan mudah matang. Menu ini enak dan cocok untuk menu berbuka atau sahur untuk a nak-anak. Serta penampilannya menarik, pasti akan menambah selera makan anak-anak dan mereka tambah semangat untuk puasa ya. 

Untuk pelapisnya, aku pakai TEPUNG KRISPI yang biasa aku pakai di rumah, jualanku..hihi. Rasanya soft, jadi cocok untuk tepung pelapis aneka masakan berbumbu ala oriental begini...atau untuk Steak Krispi, dll. Yang minat sms atau wa aja ke 089654712500 ya. Jika nggak ada bisa pakai Tepung berbumbu biasa, tapi pilih yang jangan terlalu asin ya. Jika asin..rasa masakan akan dominan asinnya nanti, jadi kurang oke. Yuk langsung saja di catet, buat menu sahur pertama anak-anak nanti..pasti dech enak...!

Ayam Keluyuk
Bahan :
250 gram Fillet Ayam, potong tipis kecil-kecil
150 gram TEPUNG KRISPI ( atau tepung berbumbu lain ya  )

150 ml air
2 sendok mkn saus tomat
1 sendok mkn saus tiram
1 sendok mkn kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya
Brokoli dan tomat optional
Paprika / Cabe besar merah dan hijau secukupnya, potong-potong
Cabai rawit secukupnya jk suka pedas, potong-potong
1 buah bawang bombay, iris tipis
1 siung bawang putih, cincang
3 butir bawang merah, cincang
2 batang daun bawang, iris

Cara membuat :
Bumbuin ayam denga sedikit garam dan merica, lumuri tepung bumbu, goreng hingga kering
Tumis semua bawang hgg matang
Masukkan cabe..aduk hgg layu, masukkan air dan semua bumbu
Masak hingga agak mengental, masukkan Ayam goreng. Aduk cepat dan segera sajikan ya agar ayam tidak lembek.


No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel