Saturday, May 20, 2017

Gulai Patin Daun Sirsak



Posting menu GA lagi ya teman-teman..maaf kemaren absen, padahal sudah ada dua baru yang aku coba. Gara-gara minggu ini kerjaan numpuk..kerjasama dengan pihak luar dan semua deadline sebelum tanggal 24 Mei ini...hihi. Jadilah pasrah sama waktu dan tenaga..*sak kecandake*..jika bahasa Jawa...ngerjain semua kerjaan satu-satu aja di nikmati agar semua selesai. Eh orderan Tepung leker dari pelangganku yang pengusaha gerai Leker  juga rekor terbayak bulan ini hingga hampir, 1.5 ton..alhamdulillah..lembur terus..:D


Tapi...masak untuk GA tetep lanjut ya kan udah janji aku..tenang aja teman-teman..toh tiap hari juga masak, jadi sekalian aja recook menu-menu baru dari peserta GA yang udah kirim resep. Yang mau ikutan ayuk cek di Ig aku ya..#giveawaydiahdidi...sampai minggu ketiga bulan puasa ya. Minggu besok resep-resep yang aku recook adalah resep berbahan Ayam dan Daging, jadi siapkan resep andalan keluarga masing-masing ya berbahan dasar Ayam atau Daging. Pemenang akan di umumkan tiap minggu, masing-masing 3 pemenang Crepes maker dari aku dan di akhir periode yang belum menang akan di undi untuk mendapatkan  hadiah menarik lain ya.

Menu Ikan yang aku masak ini adalah Gulai Patin Daun Sirsak, resep kiriman mas Rian ini enak, dan unik. Penggunaan daun sirsak di masakan ini berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol santan katanya. Dan setelah aku coba..enak lho..rasa daun sirsaknya nggak terasa, tetap dominan rasa gurih gulainya. Apalagi di tambah kemangi yang harum dan seger, hem..enak sekali. Rasa Ikan patin cocok di masak seperti ini ya teman-teman, karena dagingnya lembut dan mudah menyerap bumbu. Cocok nich buat alternatif menu sahur besok.

Agar tidak amis, lumuri ikan Patin dengan air jeruk nipis, cuci bersih, lumuri dengan sedikit garam, sebelum di olah. Waktu memasak jangan terlalu lama ya. Jika ingin kuah santan agak kental, Ikan bisa di angkat dulu jika sudah matang, lalu masak kuah hingga meresap dan kental, masukkan lagi ketika akan di sajikan. Atau bisa di goreng dulu, tapi menurutku lebih enak jika langsung masuk, jadi dagingnya lebih lembut . Jika di goreng dulu agak sepo ikan patin ini menurutku.

Oke, langsung saja ya ini dia resepnya, selamat mencoba ya teman-teman.

Resep GA lain yang sudah aku recook ada beberapa ya, siapa tahu bisa jadi ide menu Puasa nanti :

Resep  Ikan Hip khas Bangka, resep di SINI

Resep Sego gegog Khas Ponorogo , di SINI

Resep Ikan Goreng Sambal Lamo, di SINI  

Resep Semur Iwak Kuthuk, di SINI

Gulai Daun Sirsak

Bahan :
1 ekor Ikan patin, potong jadi 4 bagian
3 lembar daun sirsak, 2 lembar daun jeruk purut
Kemangi secukupnya
Garam dan gula , kaldu sesuai selera

Haluskan Bumbu :
6 butir Bawang merah
3 siung Bawang Putih
2 butir Kemiri
8 buah cabai Rawit Merah
5 buah cabai Merah
1 cm jahe, lengkuas, kunyit
1/4 sendok teh merica  butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harusm dan matang
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan Ikan
Masak hingga meresap, terakhir masukkan kemangi
Koreksi rasa
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment