Saturday, May 6, 2017

Jangan Kesrut Ayam



Jangan Kesrut ini adalah menu khas Banyuwangi Jawa Timur ya teman-teman. Dulu aku pernah masak yang versi pakai daging Sapi. Sekarang...aku coba yang versi Ayam. Rasanya ternyata sama enaknya..dan lebih murah. Aku pakai Ayam pejantan. Seger banget rasanya.

Jangan Kesrut ini rasanya seger, asem, gurih, pedes dan sedikit manis. Rasanya seperti Garang asem dari Kudus. Bedanya, kalau Garang Asem Kudus itu kan...lebih putih warna kuahnya. Cabainya biasanya cabai utuh. Jika Jangan Kesrut ini bumbu di rebus dulu, baru di ulek dech. Dulu waktu buat pakai Daging sapi  aku ulek terlalu halus, jadi malah seperti Sambel goreng warnanya..hihi. Jadi kali ini aku ulek kasar aja...jadi lebih bening kuahnya..dan mirip dech sama yang aku lihat foto Jangan Kesrut di internet.

Oh iya..aku dapat resep ini waktu ngadain Give away tahun lalu, ada teman yang ikutan dan kirim resep ini. Setelah aku coba memang enak rasanya..dan unik. JHadi buat teman-teman yang punya resep andalan keluarga, resep tradisional khas Indonesia, mari ikutan Give Away aku ya..tahun ini masih sama konsepnya. Jadi teman-teman kirim resep dan foto masakan ya..kali ini biar mudah di kumpulin via ig aja. Jadi ayuk yang belum follow ig aku silahkan ya...follow di akun aku @bunda_didi...hari Senin besok aku umumkan ya Giveawanya. Hadiahnya..oke lho 20 buah Crepes Maker. Sekarang aku udah ready jualan Crepes maker atau wajan kewalik lagi..jadi sebagian aku bagi-bagi nich untuk hadiah GA. Tapi yang mau beli langsung ya ready..hihi. Silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya 😃😃😃

Oke, untuk resep Jangan Kesrut Ayam ini masih sama dengan yang versi daging, hanya di tambahkan Kol untuk pelengkapnya. Jadi ada sayurnya juga..kreyes-kreyes, enak. Resepnya aku share ulang ya, jika teman-teman mau coba..:

Jangan Kesrut Ayam

Bahan :
1 ekor Ayam Pejantan, buat kaldu bening dengan 1500 ml air di api kecil
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1 sendok teh kaldu ayam / jamur
1/4 buah kol, potong kasar
1 sendok teh terasi  bakar
2 buah tomat, potong kasar
5 - 10 buah belimbing wuluh, belah dua

Bumbu halus, rebus dulu ya :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah
5 - 10 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya ya )

Cara Membuat :
Tumis bumbu yang di haluskan kasar
Masukkan air kaldu dan ayam, serta bumbu lain kecuali kol
Didihkan
Koreksi rasa, masak hingga meresap
Sebelum di angkat masukkan kol, masak hingga layu
Sajikan panas-panas dengan Nasi hangat..hemmm...enak !





4 comments :

  1. Nama makanannya unik jangan kesrut... dan sedikit beda sama garang asem..

    Buru2 nyodorin hape ke istri biar dibikinin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mas..ayuk coba..enak sekali rasanya 😊

      Delete
  2. Di kampung saya di Banten ada masakan mirip seperti ini mba diah, namanya ayam uyah asem, enak seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bbrp waktu lalu pernah liat acara wonderful Indonesia bhs kuliner itu mba...yg chef marinka..iya mirip banget itu 😊

      Delete