Saturday, May 20, 2017

Pais Patin Khas Banjarmasin



Menu Give away ke enam yang terpilih..masih olahan Ikan. Kali ini menu khas dari daerah Banjarmasin. Menu ini seperti pepes, berbumbu komplet dan memakai Belimbing Wuluh..jadi rasanya seger banget. Aslinya bentuknya seperti pepes, tapi waktu aku kukus kok keluar airnya..hahah. Mungkin aku membungkus pepesnya terlalu rapat, jadi sari kaldu ikannya tertahan di daunwaktu terkena uap air kukusan, dan jadilah malah sedikit berkuah seperti Garang asem. Tapi waktu aku ciicpin kuahnya, lha kok malah enak..seger banget. Ya udah lah..kebeneran kan jika berkuah.lebih seger..hihi.

Senengnya..seminggu ini full olahan Ikan...seandainya mau diet apa itu yang lagi nge tren yang di suruh makan Ikan terus, silahkan di contek menunya teman-teman agar tidak bosan makan Ikan..hihi. Aku sich apa-apa tak makan..yang penting sehat ya. Oh ya..minggu depan menu yang aku recook adalah olahan daging dan ayam ya..di tunggu lho buat teman-teman yang mau ikutan GA ku.

Menu ini kiriman dari mba Yana, yang asli Banjarmasin. Menu ini jadi favorit keluarga dan teman-teman beliau. Bahkan pernah menjadi andalan jualan juga lho. Wah..Terimakasih banyak ya mba..sudah mau berbagi resep andalan keluarga di #giveawaydiahdidi.  Seneng sekali bisa mencoba berbagai olahan menu dari banyak daerah di Indonesia yang nggak habis untuk di coba ternyata..saking banyaknya menu..hihi.

Oh ya..Ikan bisa di ganti Ikan lain juga kok jika kurang suka Ikan Patin..mungkin pakai Ikan Gabus atau Ikan Kuthuk enak juga. Untuk mengurangi amis Ikan yang jenis lemaknya tinggi ini bisakita lumuri air jeruk nipis waktu mencucinya. Jadi tidak akan amis ketika di masak kukus atau kuah seperti ini. Ini..Enakkk...! Beneran..hihi. Jadi ikutan Yodha..jika komen makanan enak singkat..Ini Enakkkk ! hihi.

Menu Ikan yang sehat, di kukus juga, tapi hasilnya bisa Lezat, jadi ayuk di coba teman-teman. Menu ini cocok jadi penggugah selera di waktu sahur lho. Catat yuk resepnya...:D

Pais Patin Khas Banjarmasin

Bahan :
1 ekor Ikan patin besar
2 sendok makan minyak Goreng
Garam dan Gula sesuai selera ( aku kira2 1  sendok teh garam dan ½ sendok makan gula )
Bumbu Iris :
5 buah Belimbing wuluh
2 buah tomat
5 butir Bawang merah
Cabai merah dan hijau besar ( aku lagi ngga punya ), aku ganti Kemangi , petiki aja daunnya ya..
Bumbu Halus :
6 buah Bawang merah
5 butir kemiri
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
2 ruas jahe
1 batang serai
½ sendok teh terasi
8 buah cabai Rawit merah ( tambahanku sendiri )
Cara Membuat :
Bersihkan Ikan, potong-potong , cuci, lumuri dengan sedikit air jeruk nipis, cuci kembali hingga bersih
Campur Ikan dan semua bumbu, diamkan 15 menit agar meresap
Bungkus Ikan bentuk pepes
Kukus 30 menit
Sajikan hangat

2 comments :

  1. Pais patin, kesukaan saya nih Mbak Di hehe. Tapi setelah diet, rasanya agak mengganjal di kerongkongan kalau habis makan pais patin. Mungkin karena kadar lemak ikannya yang tinggi.
    Btw, Mbak Di, itu 2 sendok makan minyak goreng dipakai kapan dan untuk apa?

    ReplyDelete
  2. Saya Asli orang Banjarmasin Mba,sebenarnya pepes patin itu Ga'pake laos sama jahe Juga ga'ada tambahan minyak.soalnya kalo ditambahin minyak malah tambah berminyak.ikan patin khan banyak mengandung lemak.ntar minyak dari ikannya akan keluar sendiri.ini menurut resep keluarga kami ya!Jadi setelah ikan patin diberi bumbu terus didiamin beberapa menit agar bumbu meresap.setelah itu Bungkus dgn daun pisang baru dikukus.kalo mau kering bisa dibakar aja

    ReplyDelete