Friday, May 26, 2017

Steak Ikan Kakap Krispi


Alhamdulillah sudah mau masuk bulan Puasa lagi ya teman-teman. Semoga lancar ya menjalankan Ibadah Puasanya. Jika memerlukan inspirasi menu untuk berbuka dan sahur, silahkan di webku banyak ya..ada 2000 an resep..hihi. Untuk menu-menu spesial yang cocok untuk menu puasa udah aku kasih label, inspirasi menu buka puasa atau inspirasi menu sahur, atau menu takjil. Jadi bisa di search dengan ketiga kata kunci itu ya, nanti akan muncul banyak link resepnya. Jika search via google, bisa juga nanti langsung ke link resep, tapi sertakan di belakangnya..diah didi gitu ya..misal : Menu Inspirasi Buka Puasa Diah Didi...nah nanti banyak muncul linknya, tinggal di klik dech.

Nah..kali ini aku mau memberikan satu menu lagi nich, cocok untuk buka Puasa pertama anak-anak nich..sehat dan bergizi, dan tentu saja menarik dan enak. Jadi biar anak-anak bisa semangat puasanya ya teman-teman. Menu ini juga cocok misal mau jadi menu takjil di Masjid, atau misal ada acara buka bersama..karena praktis sudah ada protein dan karbohidrat juga. Dan yang pasti beda dari menu harian biasanya, pasti lebih menarik.

Menu inspirasi untuk buka puasa kali ini adalah , Steak Ikan Kakap Krispi. Anak-anak pasti suka yang gurih dan renyah ya. Padukan dengan Saus yang ringan dan segar, jadi cocok untuk asupan gizi di bula puasa nanti. Untuk Ikannya, aku pakai Ikan Kakap. Dagingnya lembut dan filletnya tanpa duri, serta rasanya gurih..jadi enak sekali di buat Steak seperti ini. Untuk Sausnya versi yang praktis saja..campuran beberapa macam saus saja sudah enak sekali rasanya. 

Untuk lapisan krispinya, aku pakai Tepung krispi, karena rasanya yang pas, nggak terlalu asin, jadi sangat cocok untuk membuat Steak Krispi seperti ini. Yang mau coba silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya. Untuk stok Tepung praktis di bulan puasa ini, ada juga Tepung Tempura ala Jepang, yang bisa untuk membuat aneka gorengan ala Jepang, itu juga cocok untuk menu berbuka atau Sahur ya. Ada Tepung Mendoan, Bakwan, Tepung Cireng, praktis..sudah berbumbu tinggal kasih air dan bahan lain, jadi cocok buat menhemat waktu di dapur..hihi. Silahkan aku masih buka order sampai kurir tutup..hahah. Biasanya kalau JNE, Pos, dan Wahana, tetap buka sampai deket-deket Lebaran kok jadi aman-aman aja.

Oke, langsung saja ini dia ya resepnya :
Steak Krispi Ikan Kakap

Bahan :
500 gram Fillet Ikan Kakap, potong tipis-tipis
200 gram Tepung Krispi

Saus Praktis :
Bahan Saus :
5 sendok makan saus tomat
1 bungkus saus tiram ukuran kecil
500 ml air
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
sedikit tepung tapioka untuk pengental
1/2 buah bawang bombay, iris tipis.

Cara membuat saus :
Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan semua bahan lain dan masak hingga mendidih. Kentalkan dengan tepung tapioka yang sudah di encerkan dengan sedikit air.

Pelengkap :
Kentang goreng dan aneka sayur rebus sesuai selera

Cara membuat :
Lumuri ikan dengan bumbu dan sedikit air : 1 siung bawang putih, haluskan, 1/4 sendok teh garam, 1/8 sendok teh merica bubuk, dan 1 cm jahe, memarkan
Ambil 60 gram Tepung krispi, larutkan dengan air secukupnya ( kira2 aja ), hingga jadi adonan yang agak kental tapi nggak kental banget ya.
Panaskan minya goreng
Celup potongan fillet ikan ke tepung basah, gulingkan ke tepung kering, sambil di cubit-cubit
Goreng hingga matang dan kriuk luarnya
Sajikan dengan pelengkap dan saus


No comments :

Post a Comment