Saturday, March 18, 2017

Cara Membuat Perkedel Dengan Tepung Kentang



Tepung Kentang, sudah pasti teman-teman yang lama mengikuti webku..banyak yang sudah tahu ya. Tepung ini salah satu *best seller jualanku. Walau sudah banyak yang tahu...setelah aku sering share di Ig, ternyata banyak juga teman-teman lainyang belum begitu mengerti cara pemakaian Tepung kentang ini. baiklah..aku ulas lagi aja dech. Buat yang udah hafal dan sering baca, silahkan di lewati saja postingan ini..hihi.

Jadi aku jelasin lagi dari awal. Tepung kentang ada dua macam..tepung kentang yang di seduh, itu nama lainnya Potato Flour. Satu lagi adalah Tepung Kentang pati, nama lainnya Potato starch. Kali ini aku mau ulas khusus dulu tentang Tepung Kentang yang di seduh ya. Tepung kentang yang di seduh, itu bentuknya serpihan kasar jika yang aku jual. Ada juga jika produk impor itu lebih halus serpihannya. Hasilnya beda. Aku pernah coba juga yang serpihan halus itu. Kalau aku lebih suka yang serpihan kasar, lebih memes ( mudah di seduh ). Tepung Kentang yang di seduh ini terbuat dari Kentang segar, yang di kukus, lalu di haluskan dan di keringkan. Jadi rasa ya tetap asli Kentang, hanya dalam bentuk kering. Jadi lebih awet daya simpannya.

Tepung Kentang seduh ini fungsinya banyak, yang pasti bisa menggantikan aneka olahan yang memakai Kentang lumat, seperti untuk membuat perkedel, kroket, kentang panggang, kue lumpur, mash potatoes, campuran donat, roti, dll. Cara pemakaian mudah, tinggal di seduh air panas, akan jadi kentang lumat yang halus sesuai kebutuhan. Mau kesat atau lembut, tinggal di sesuaikan saja jumlah airnya. Tepung Kentang ini juga lebih hemat. Pertama..hemat tenaga dan waktu. Jika kita mau membuat olahan dari kentang lumat, kitatidak perlu repot megukus, atau meggoreng kentang dan menghaluskannya. Dengan Tepung kentang seduh ini, lebih praktis, tinggal seduh saja. Jika mau untuk di buat perkedel, selain lebih cepat, juga lebih sehat, karena tidak perlu di goreng dulu kan kentangnya. Rasa, tak jauh berbeda dari kentang segar. Hanya saja harus kita bumbuin dengan pas ya jika memabuta perkedel dengan Tepung kentang ini, karena rasanya masih tawar.

Dengan memakai Tepung Kentang seduh ini juga lebih ekonomis kok teman-teman. 100 gram Tepung kentang ini bisa jadi 10 buah perkedel atau Kroket...setara dengan jika kita pakai 500 gram kentang segar ya kira-kira. Cara menyeduh tepung kentang seduh ini juga mudah, tinggal kita perciki air panas sedikit demi sedikit, sambil di tekan-tekan, nanti akan lumat tepungnya, dan jadi kentang lumat yang sudah matang. Siaap di olah jadi aneka menu, bisa gurih atau manis.

Cara menyeduhnya itu, air panas jangan langsung tuang ya teman-teman..nanti akan lembek. Jadi perciki air sedikit demi sedikit saja hingga basah dan tekan-tekan dnegan sendok hingga merata, tambahkan air jika di rasa masih perlu, nanti jika sudah lumat semua, siap di olah jadi aneka makanan. Jika untuk perkedel, seduh hingga kesat dan kalis, seperti foto di bawah ini. Tekturenya hampir sama kan dengan Kentang segar. Jika menyeduhnya benar seperti ini, adonan perkedel akan cantik, padat dan tidak hancur ketika di goreng. Hasil perkedel juga gurih dan cantik seperti halnya memakai Kentang segar biasa.

Untuk bumbunya, seperti kita membuat perkedel biasa kok. Aku tuliskan saja ya contoh resep Perkedel Daging dengan Tepung Kentang ini. Selamat mencoba teman-teman, jika suka.


Perkedel Daging Tepung Kentang

Bahan :
100 gram Tepung Kentang Seduh ( Potato Flour )
200 ml air panas ( kurang lebih, tuang sedikit demi sedikit aja )
50 gram daging cincang yang sudah di tumis matang atau daging rebus yang di cincang
1 siung bawang putih, goreng, haluskan
1/2 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu daging
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1 batang daun seledri, cincang
1 butir telur ukuran kecil

Cara membuat :
Seduh tepung kentang dengan air panas hingga jadi adonan kentang lumat kesat
Campur dengan semua bumbu dan bahan lain
Aduk rata
Cicipi rasanya dengan cara menggoreng sedikit adonan
Jika sudah pas gurihnya, bentuk bulat gepeng sesuai selera
Celup ke kocokan telur
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan hangat
Ini dia hasilnya..Perkedel dengan Tepung kentang, sama kan hasilnya dengan memakai kentang segar...:)
Jika teman-teman mau mencoba Tepung Kentang Seduh yang bentuk Flakes / serpihan yang aku jual, silahkan sms atau wa ke 089654712500. No call ya..maaf karena kesibukan hanya melayani via sms atau wa...nggak melayani panggilan telp, untuk menghindari juga orang-orang yang iseng juga sich, karena no ini sudah di publish..hihi.






1 comment :

  1. Mbak diah jual yang potato starch/tepung kentang pati juga kah?

    ReplyDelete