Wednesday, March 29, 2017

Bitterballen Tepung Kentang & Jamur


Resep inspirasi baru lagi nich dari hasil jalan-jalan ke Jepara kemaren teman-teman. Insyaallah jika habis wisata kuliner atau jalan-jalan ke daerah lain, selalu ada ide baru untuk menu di dapurku..hihi. Jadi ceritanya seperti acara *Back To The Street, habis mencicipi kuliner di luar, terus ke dapur sendiri, masak ala versi aku sendiri yang terinspirasi dari citarasa yang kita cicipin di luar. Seneng pokoknya memasak itu ilmu yang sangat luas, tidak akan kehabisan ide dan inspirasi. Itulah mengapa aku walau suka masak, tetap suka jalan-jalan kulineran..karena bisa nambah ilmu juga.

Kemaren waktu di Jepara, di Marina Beach Resort Yodha makan Bola-Bola Jamur isi keju. Aku nyicip itu rasanya mirip Bitterballen Jamur, isinya di beri keju Mozzarella. Nah..kemaren Yodha minta di buatin, aku buatin ini aja...Bitterballen Kentang dan Jamur, isinya aku isi keju juga. Tapi karena di rumah lagi nggak punya Keju Mozzarella, aku ganti Keju Quick Melt aja..enak juga dan meleleh juga..hihi. Murah meriah kan harganya kalau yang Quick Melt. 

Bitterballen ini beda ya sama kroket teman-teman. Kalau Kroket kan murni kentang, kalau Bitterballen ini adonan di masak dulu, ada campuran tepung terigu sebagai pengikat. Jadi adonan lebih kuat, buat teman-teman yang baru belajar masak dan takut jika membuat kroket suka pecah, bikin ini dech..lebih mudah dan sama enaknya..dan resiko pecah lebih kecil, karena adonan lebih kuat di ikat tepung terigu.

Tips menggoreng adonan Kroket atau Bitterballen ini agar tidak pecah, panaskan dulu minyak hingga benar-benar panas. Usahakan terendam ya waktu menggoreng, jadi bisa cepat matang sampai ke bagian dalam juga. Menggorengnya jangan terlalu lama dan di bolak balik...karena sebenernya adonan kan sudah matang, jadi kita tidak perlu goreng terlalu lama juga. Agar Panir lebih merekat, diamkan dulu di kulkas sebentar sebelum di goreng ya. Melapis panis Bitterballen, cukup satu kali saja, Jika di ulangi hingga dua kali, nanti jika dingin akan keras lapisan kulitnya.

Oke, aku share foto step by step dan resepnya ya. Seperti biasa, jika olahan kentang, aku selalu pakai Tepung Kentang Flakes yang praktis tinggal di seduh. Tepung Kentang Flakes ini bisa kita pakai untuk banyak olahan makanan yang memakai kentang lumat. Bisa makanan gurih atau manis, karena Tepung Kentang Flakes ini masih tawar rasanya. Jadi, praktis..karena tinggal di seduh air panas saja, nanti sudah langsung jadi adonan Kentang kukus yang lumat. Serbaguna, karena bisa di pakai untuk membuat aneka olahan apa saja yang berbahan dasar Kentang. Ekonomis juga, karena hemat tenaga, waktu dan juga lebih murah di banding memakai kentang segar lho. 100 gram Tepung Kentang Flakes bisa jadi 10 perkedel, setara jika kita pakai kira-kira 500 gram kentang segar kan. Tepung Kentang bisa di beli di toko bahan kue besar ya. Jika kesulitan mencari Tepung Kentang, aku jual secara online, sms atau wa aja ke 089654712500 ( no call ya..sms / wa aja ). 

Resep lain yang memakai Tepung Kentang Flakes banyak yang sudah aku share ya di webku ini, antara lain, silahkan di klik saja link berikut :

Bitterballen Tepung Kentang Flakes & Jamur

Bahan :
100 gram TEPUNG KENTANG FLAKES , seduh dengan 200 ml air panas hingga jadi kentang tumbuk yang halus.
50 gram jamur kancing segar, atau kalengan
150 ml susu cair putih
50 gram tepung terigu protein sedang
1/2 buah bawang bombay
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kaldu jamur / garam sesuai selera
Gula pasir 1 1/2 sendok teh / sesuai selera
Wortel rebus 1 buah, iris kotak kecil2
2 batang daun sledri, cincang halus

Pelapis :
1 butir telur
50 gram terigu, 100 gram tepung panir halus

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan sedikit margarin, masukkan jamur dan sayuran, aduk rata. Kecilkan api. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir. Masukkan susu cair, aduk hingga jadi adonan yang kental dan licin. *nggak masalah jika awalnya keliatan bergumpal2..nanti akan halus dan licin sendiri ketika di aduk terus, kan lumer kena  cairan susu terigunya*.
Masukkan tepung kentang flakes yang sudah di seduh, aduk rata. Masukkan semua bumbu-bumbu lain. Aduk dan koreksi rasanya udah sesuai selera belum. Terakhir masukkan sledri. Aduk rata. Hasil jadi adonan keset tapi lembut mudah di bentuk ya.
Bentuk bulat kecil. Gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lalu goreng di api sedang hingga kuning keemasan. Sajikan hangat dengan cabe rawit..hihi..Jowo bingits. Kalau ala hotel ya di celup saus mayo atau sau lain..:D
Step By Step :

Siapkan bahan-bahan.


Tumis bumbu hingga matang.


Masukkan Sayuran, aduk rata, sisihkan, lalau masukkan Tepung terigu, aduk hingga bergerindil agar Tepung terigu  matang.


Tuang susu cair dan aduk hingga halus ya terigunya.


Aduk rata adonan hingga kalis seperti ini.


Bentuk bulat, isi dengan Keju leleh atau Mozzarella dalamnya.


Lapisi panir halus.



Goreng hingga keemasan seperti ini.


Sajikan hangat...Yummy !



7 comments :

  1. Bitterballen kesukaan aku, noted ah resepnya.

    ReplyDelete
  2. Aduh bikin pengen langsung cobain resep bunda yodha ni..😚
    Mksh resepnya bunda

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bisa saja mba coba saja ya..sy selalu pakai tepung kentang :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete