Tuesday, March 14, 2017

Sempol Ayam Udang



Sempol...aku beneran baru makan Sempol itu kemaren..hihi. Katanya dari Malang ya jajanan gurih ini. Aku penasaran setelah jalan-jalan pagi di pasar Kaget weekend di sini, banyak yang jual aneka makanan, salah satunya ada penjual Sempol. Setelah coba..lumayan juga rasanya. Jadi ingin membuatkan untuk Yodha, karena dia suka cemilan gurih begini. Selain untuk cemilan, juga bisa untuk lauk, karena rasanya gurih dan terbuat dari Ayam ya. Tapi biar lebih gurih, aku tambahkan Udang, mumpung masih ada stok. Kalau aslinya dari ayam aja ya katanya.

Karena aku belum pernah coba Sempol aslinya di Malang, jadi aku patokannya pakai rasa yang udah pernah aku coba saja ya yaitu Sempol ala Abang-Abang penjual Sempol..hihi..jadi ada sedikit tekture kenyal, tapi empuk, jadi menurutku enak. Begitu pula Yodha..habis banya kemaren, Papinya juga suka. Berarti enak...hahah. Kemaren aku coba-coba saja komposisi sesuai stok bahan yang di kulkas. Ada 250 gram daging ayam fillet, ada udang kupas 50 gram, aku gabungkan saja, jadilah resep Sempol ala-ala aku...hihi.

Tips untuk  membuat Sempol ini, adonan jangan di uleni terlalu kuat ya, adi aduk ringan aja agar tidak keras. Agar Sempol pas kenyal tapi empuk, jangan terlalu banyak tapioka, dan di tambah sedikit tepung terigu juga, jadi tekturenya pas, sedikit kenyal, tapi empuk. Cara menggoreng Sempol ala Malang dari yang aku baca, itu di goreng setengah  matang dulu, baru setelah itu di goreng pakai lapisan kocokan telur. Memang masuk akal sich, jika langsung di goreng pakai kocokan telur, otomatis akan cepat matang lapisan telurnya, tapi adonan sempol masih basah. Jadi aku kemaren coba, aku goreng dulu hinggaa matang, tapi belum kering sekali luarnya. Aku dinginkan dan simpan hingga Yodha pulang sekolah. Waktu Yodha pulang, baru aku goreng lagi pakai kocokan telur, hasilnya jadi cantik dan matang sempurna dalamnya Sempol.

Okey, langsung saja ya aku share resepnya..biar aku juga ngga lupa jika mau buat lagi nanti, soalnya Yodha suka. Kemaren bikin asal memanfaatkan bahan yang ada, dan aku kira sudah pas enak rasanya. Agar mudah memebntuk Sempol, jangan lupa olesi tangan dengan minyak ya, karena adonan Sempol ini lembek, seperti adonan Bakso Goreng.
Sempol Ayam Udang

Bahan :
250 gram Daging Ayam Fillet
50 gram udang kupas yang segar
1 butir telur untuk adonan
100 gram tapioka  / Tepung Bakso ( aku pakai Tepung Bakso, karena di rumah yang selalu ready itu..tepung jualanku..hihi )
3 sendok makan tepung terigu
50 ml air es
1/2 sendok makan bawang merah goreng, haluskan kasar
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam & garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
1 butir telur untuk pelapis

Cara Membuat :
Haluskan Ayam dan Udang menggunakan food processor, tambahkan 1 butir telur, air es dan semua bumbu, kecuali daun bawang. Proses hingga lembut
Masukkan semua tepung, aduk rata dengan spatula 
Masukkan daun bawang
Cicipi rasa dengan cara merebus atau  menggoreng sedikit adonan
Jika sudah pas rasa gurihnya, balurkan adonan ke tusuk sate bentuk seperti sate pentul, tapi lebih kurus dan memanjang
Panaskan air hingga hangat
Masukkan Sempol yang sudah di bentuk hingga adonan habis
Jika sudah semua adonan terbentuk, nyalakan api
Rebus hingga mengapung
Tiriskan dan dinginkan, goreng setengah kering
Kocok 1 butir telur untuk pelapis
Panaskan minyak
Celup Sempol yang sudah di goreng setengah matang di kocokan telur, goreng hingga lapisan Telur keemasan
Sajikan hangat dengan saus sesuai selera

1 comment :

  1. Di malang emang lg menjamur si sempol nih..mbak..hihi..kan sy dr malang..mbak..kebetulan sy lg cari resepnya malah ktemu d sini..hihi..makasih mbak..

    ReplyDelete