Friday, March 31, 2017

Wingko Babat Rasa Pisang


Akhir-akhir ini aku sibuk banget, sampai bingung ngatur manajemen waktu kerjaku sendiri..huhu. Alhamdulillah semakin banyak kerjasama dengan pihak luar, orderan, dan kerjaan lain..dan semua aku lakukan sendiri..jadilah kadang-kadang sampai mau mengurus file foto-foto aja tidak sempat. Akhirnya jika ngambil foto jika sim card spacenya habis, suka langsung aku hapus-hapus saja. Dan ternyata..banyak yang belum aku posting..huhu. Keterbatasan waktu dan tenaga juga..jadi postingnya sehari cuma bisa satu. Lha seperti foto wingko Pisang yang aku buat beberapa hari lalu..lha kok ternyata belum aku posting..fotonya udah kehapus semua...hihi. Tinggal satu foto di atas itu yang aku share di instagram, jadi mending masih ada satu.

Baiklah..nggak apa-apa ya..fotonya cuma satu aja kali ini.  Sayang jika ridak di posting. Aku sendiri posting resep di sini selain berbagi untuk teman-teman, juga untuk dokumentasi resep aku sendiri. Karena ya maklum keterbatasan kita jika uji coba resep dan tidak di simpan mesti banyak lupa nya kemaren takaran berapa, dll. Jadi lebih baik di simpan di sini, dan syukur-syukur bisa bermanfaat untuk teman-teman lain. Seenak apapun resep yang pernah kita coba jika lupa takaran..kan percuma..hahah.

Memang efektifnya, habis masak langsung posting, tapi kok ya belum bisa begitu. Masih sibuk ini itu..baru sempat posting besok-besok hari lain. Tapi..kalau resep Wingko ini sudah di luar kepala kok..karena udah sering banget bikin, hanya saja aku variasikan jadi berbagai macam rasa biasanya. Oke, langsung aja aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba jika suka ya. Pisang yang aku pakai Pisang raja yang ranum dan harum, jadi enak sekali rasa Wingkonya, semakin legit. Namun  Pisang yang aku pakai kemaren sangat manis, jadi aku tambah sedikit takaran tepungnya. Atau bisa juga aku sarankan kurangi takaran gula. Tapi jika suka manis, takaran berikut sudah pas kok manisnya.
Wingko Babat Pisang

Bahan 
Tepung ketan 175 gram. 4 buah Pisang raja ukuran kecil, atau dua yang besar, potong kecil-kecil.
Kelapa parut setengah tua , parut panjang 250 gram
Air kelapa  150 ml
Gula Pasir 100 gram ( atau sesuai selera manisnya ya )
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat 
Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Tambahkan potongan pisang, aduk rata.
Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket, panggang di atas kompor sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.
Tips:
Waktu memanggang..gunakan api kecil saja ya..supaya matang sempurna wingkonya..
Kalau sesuai resep hasil wingkonya lembut dalamnya. Jika suka lebih padat, kurangi saja penggunaan air kelapanya ya.

2 comments :

  1. Mb Diah, aku salah satu follower mb lho..Bbrp resep sederhana dah pernah dicoba & Alhamdulillah slalu berhasil..Boleh sedikit nambah masukan mb?untuk resepnya jarang saya baca (atau pernah mgkn ya) hasil output resep tsb seberapa byk,biar kami baru sesuaikan dgn perut msg2 hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah... mendengar wingko babat rasa pisang, aku jadi penasaran. Memang mbak Diah punya banyak resep makanan yang unik dan kreatif. Makasih infonya mbak Diah..

    ReplyDelete