Thursday, March 2, 2017

Pindang Kudus Tanpa Daging


Setiap hari masak berbeda, banyak stok resep yang harus di posting, tapi benar-benar waktunya yang nggak cukup dengan berbagai kerjaan setiap hari, jadi sehari hanya bisa posting satu resep. Jadi sabar ya buat teman-teman yang request atau nungguin resep ini, itu..aku posting satu per satu ya..hihi. Pokoknya yang aku coba dan enak rasanya, pasti aku posting di sini. Nah..kali ini aku mau posting menu enak, tapi ekonomis yaitu Pindang Kudus, tapi nggak pakai Daging Sapi, tapi pakai Ayam dan Telur. Enak juga kok rasanya. Aku buat nggak sengaja, karena kemaren bikin Pindang Kudus Ayam, kuahnya masih banyak, terus aku masukin Telur rebus, dan di masak hingga agak kental..hemmm...enak juga ternyata. Jadi jika mau masak Pindang versi hemat..ini alternatifnyaa ya teman-teman..hihi.



Kemaren aku masak Pindang Kudus yang pakai Ayam, tapi karena cuma pakai Ayam setengah kg, masih banyak sisa kuahnya..hihi..jadilah Pindang Kudus versi Baru ala aku..isinya Telur...hihi. Aslinya Pindang Kudus itu pakai Daging. Tapi jika kita bosan daging, di ganti Ayam atau Telur aja enak kok teman-teman. Ciri khas Pindang Kudus itu pakai kluwak dan daun So. Rasanya gurih dan ada rasa sedikit manis, serta khas rasa Kluwak. Di makan bersama sambal cabe rawit hijau..hemm enak. Apalagi jika ada pelengkap Tempe goreng garing dan perkedel, Kerupuk Udang..tambah enak..hihi. 


Yodha kemaren doyan juga Pindang Kudus ini. Karena aku sering masak pakai kluwak seperti Brongkos, Rawon dll..Yodha jadi terbiasa dan suka rasa kluwak. Tapi tentu favorit Yodha ya Pindang Kudus yang pakai Daging...apalagi pakai daging bagian Kisi favoritnya..hihi.

Oh yaa..Pindang Kudus yang aku bikin kemaren seperti ini, resepnya sama di bawah ini ya..jadi aku tulis saja, pakai Ayam dan Telur sekalian..hihi..komplet. Teman-teman bisa coba pakai Ayam aja atau  pakai Telur aja juga enak.

Resep Pindang Ayam Kudus

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung / pejantan , 5 butir telur rebus, kupas

30 gram daun so / melinjo
1500 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa
Garam & kaldu bubuk ayam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai,  memarkan
Kecap manis jika suka untuk penyajian

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri
1 cm kencur
1 cm jahe
1/4 sendok teh terasi bakar / goreng
2 buah kluwak

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan bumbu2 lain. Masukkan ayam, telur. Masak hingga bumbu meresap di ayam dengan api kecil selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa cicipin rasanya ya..sebelum di angkat. Sajikan dengan telur bumbu kecap, perkedel atau tempe goreng, sambal dan kerupuk udang. Buat anak-anak jika suka bisa di tambahkan sedikit kecap manis, rasanya lebih enak.

1 comment :

  1. Mba diah masakan ini bumbu2nya sama donk kaya nasi gandul ? Cm kl ini ada daun so nya.

    ReplyDelete