Thursday, March 9, 2017

Menchi Katsu


Menchi Katsu...menu khas Jepang. Terbuat dari Daging cincang yang di beri bumbu-bumbu, lalu di beri baluran Tepung panir. Lalu adonan di goreng deep frying atau di oven. Kalau Yodha kurang suka rasa panir oven..jadi aku goreng deep frying.

Baru nyoba pertama Menchi Katsu ini..rasanya memang enak...apalagi jika daging cincangnya fresh, rasanya manis dan juicy dagingnya. Tadi malam menemukan ide resep bikin Menchi Katsu ini, sebenarnya iseng sambil nemenin yodha tidur, lihat-lihat majalah kuliner..kok ada menu Menchi Katsu. Aku baru tau Katsu jenis ini..jadi langsung browsing aja di beberapa food Blogger dari Jepang, ternyata menu ini memang khas Jepang.

Tapi seperti biasa, kalau masak masakan mancanegara, jika tidak punya bumbunya, aku sesuaikan seleraku dan bumbu yang ada. Tapi hasilnya..tetap enak kok..dan lebih sesuai selera lokal..😃 Rasanya seperti Nugget Daging, tapi lebih enak. Karena kalau Nugget Daging kan di kukus dulu..itu jadi agak sepo rasa dagingnya...kalau ini..rasa dagingnya masih terasa juicy manis..enak dech.

Ok..aku share ya resepnya ya teman-teman, selamat mencoba...cocok jadi menu praktis bekal atau lauk anak-anak nich...😊
Jika memungkinkan pakai daging cincang fresh ya..yang baru, karena lebih enak, nggak amis dan manis juicy rasanya. Jika beli daging beku itu agak amis jika di goreng langsung. Kalau aku bias abeli daging bagian Has di pasar, minta tolong aja di cincangkan sekalian sama penjualnya..jika memungkinkan lho. Kalau di pasar dekat rumahku kios penjual dagingnya bersih, di lengkapi kran air bersih, jadi aku suka minta di cuci dulu, baru di cincang, atau pesan sehari sebelumnya di tukang daging langganan, paginya udah di bawain daging cincang fresh yang sudah dia cincang di rumah. Tapi jika mau lebih fresh lagi ya main cincang mencincang di rumah ya teman-teman..hihi.

Menchi Katsu

Bahan :
150 gram daging giling, 1/4 bawang bombay cincang, 50 gram panir, 1/2 sendok teh kaldu sapi, dan garam secukupnya, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk, 1/2- 1 sendok teh gula pasir. 1/2 butir putih telur

Aduk rata semua bahan, cicipi dulu rasanya dengan cara menggoreng sedikit adonan. Jika sudah pas rasanya baru di goreng.
Bentuk bulat pilih agak lonjong
Lapisi tepung terigu tipis hingga rata, celup ke kocokan telur. Lumuri tepung panir
Goreng hingga matang di minyak hingga terendam, jadi matang hingga ke bagian dalam.
Sajikan hangat


6 comments :

  1. variasi katsu selain yang biasa daging utuh ya mbak..
    dapat aja sih mbak resep enak begini, pengen coba deh

    ReplyDelete
  2. mantaapz yaa masakanya, ajdi pengen. hee

    ReplyDelete
  3. Di solo ada makanan seperti macho katsu ini mbak. Nama nya "penyon". Makanan ini sdh ada sejak aq kecil mbak. Penyon ini setahu ku hanya ada di warung" bakso klewer"

    ReplyDelete
  4. mba aku udah bikin ini, yg pake daging sapi giling terus aku ganti pake daging ayam giling dua2nya enak sukses berat suamiku sekali makan langsung 3 + tambah nasi cocol saus sambel udah enak banget,, pokok seneng banget makasi ya mba

    ReplyDelete
  5. mba aku udah bikin ini, yg pake daging sapi giling terus aku ganti pake daging ayam giling dua2nya enak sukses berat suamiku sekali makan langsung 3 + tambah nasi cocol saus sambel udah enak banget,, pokok seneng banget makasi ya mba

    ReplyDelete