Friday, March 24, 2017

Semur Betawi Hati Sapi


Hati sapi, salah satu olahan yang sebenernya kurang di sukai Yodha. Tapi, karena aku ingin dia mencoba berbagai macam makanan, aku coba terus sesekali masakin dia berbahan Hati Sapi. Mungkin karena aromanya ya teman-teman, anak-anak jadi kurang suka. Kalau di sambel goreng Yodha kurang suka. Makanya kemaren aku coba masak dengan bumbu Semur Betawi yang kaya rempah, alhamdulillah Yodha suka. Walau tetap..komennya..tetap suka daging. Katanya..Semur daging Kisi aja lain kali ya Mi masak begini..hihi. Tetep..kalau lagi suka daging bagian Kisi..maunya ya itu aja yang pengen dia makan...!

Semur Betawi, kalau dari penampakan seperti Semur biasa ya teman-teman..tapi kalau udah mencicipi..baru tau beda rasa dan aroma, karena berbumbu rempah komplet, jadi lebih kaya rasa. Tapi tetap dominan gurih manis, jadi ya masih  masuk di lidah Jawa Tengah..hihi. Tipas agar memasak Hati Sapi tidak amis...pilih Hati Sapi yang masih segar ya teman-teman, masih berwarna kemerahan. Jika beli, langsung di masak saja, agar lebih fresh dan manis rasanya. Kalau terlalu lama di simpan di freezer juga kurang enak rasanya.

Sebelum di masak Semur, sebaiknya di rebus terlebih dahulu, karena masakan Semur kan kuahnya nggak terlalu banyak. Jika tidak di rebus dulu, nanti kuah keburu habis dan Hati sapi belum empuk dan aromanya juga masih amis. Waktu merebus, masukkan beberapa  lembar daun salam, agar aromanya tambah sedep. Selanjutnya, tinggal di potong-potong dan di olah saja.

Memasak Semur itu pakai Api kecil saja ya teman-teman, agar bumbu meresap sempurna ke dalam bahan yang di masak. Jika api terlalu besar, kuah cepat habis, dan bumbu belum meresap. Jika api kecil, bumbu meresap, warna Semur juga akan semakin cantik. Semur Betawi ini, bisa masih agak berkuah, atau sedikit kental seperti yang aku masak itu. Kalau di rumahku, pada suka semur yang kuahnya agak mengental begitu, jadi di makan pakai Nasi anget itu kuahnya enak banget. Lebih *nglawuhi*...kalau orang Jawa bilang...hihi.

Oke...langsung saja ya, ini dia resepnya teman-teman..selamat mencoba ya..jika suka.

Semur Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi, rebus hingga matang, potong sesuai selera
8 butir bawang merah, diiris tipis
1 buah tomat, dipotong-potong
1/4 sendok teh pala bubuk
2 butir cengkeh
2 cm kayumanis
2 - 3 sendok makan kecap
1 sendok teh kaldu sapi ( aku pakai Alsultan ) dan garam secukupnya.
1.500 ml air
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus: 
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe
6 butir kemiri, disangrai 
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan

Cara membuat :
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan Hati Sapi. Masukkan air. Masukkan tomat, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak  sampai Hati empuk dan bumbu meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng.






No comments :

Post a Comment