Thursday, March 16, 2017

Shanghai Lion Head Meat Ball


Beberapa waktu lalu lihat acara Ching Amazing Asia di Afc, lagi mengulas makanan di Shanghai, di salah satu resto di lihatin cara membuat Bakso, tapi unik..bukan Bakso biasa seperti yang kita kenal, tapi namanya Lion Head Meat Ball...jadi semacam menu Chinese food tradisional ala Shanghai gitu. Aku liat caranya kok mudah, jadi ingin mencobanya di rumah.

Tapi tentu saja bahan aku ganti, aku ganti pakai daging Ayam. Dapat tips juga di situ, ternyata jika membuat Bakso ala Bakso Dimsum seperti ini, jika mau moist rasanya itu di tambahkan lemak-lemak. Tentu saja untuk Lemak Ayam tambahkan kulitnya saja cukup. Jadi itu kuncinya agar bakso moist dan gurih. Tapi ya optional aja. Kemaren aku coba aku ikutkan kulit Ayamnya aku cincang sekalian, memang jadi lebih gurih dan enak.

Lion Head Meatball, ini bukan seperti Bakso ala kita yang harus kenyal gitu ya teman-teman. Ini Bakso ala Dimsum gitu yang rasanya empuk, juicy dan moist. Apalagi adonan di tambah Tahu. Untuk Tahunya, pilih Tahu yang tidak mengandung banyak air, agar adonan tidak lembek. Kalau Tahunya mengandung banyak air, nanti adonan bisa lembek dan ambyar ketika di rebus. Jika pakai Tahu pasar biasa, peras terlebih dahulu. Tips memeras Tahu, jangan pakai saringan ya. Tapi pakai serbet pasar yang murah itu. Yang 10 ribu dapat 3..hihi. Itu kan serat kainnya jarang-jarang, jadi malah bagus buat meras tahu, airnya bisa keluar maksimal.

Tips lain untuk  membuat Meat Ball ala Shanghai ini, waktu  mencampur adonan itu sambil di uleni agar adonan menyatu, dan sesekali sambil di banting-banting. Adonan nggak kalis banget sich, tapi dengan cara itu ketika di rebus tidak akan ambyar juga. Aslinya Bakso ini di sajikan langsung dengan sup setelah di rebus, kemaren aku coba goreng beberapa biji buat Yodha setelah di rebus agar lebih gurih buat anak-anak. Tapi di sajikan rebus pun enak  banget dan lebih sehat ya.

Untuk kuah supnya pakai kuah sup bening biasa, tapi aslinya itu unik, pakai sayur Sawi putih. Kaldunya bisa pakai kaldu ayam atau jamur. Kemaren aku coba pakai Kaldu jamur merang, dapat sample produk baru..enak banget ternyata teman-teman. Nanti aku mau uji lab dulu ke di sini, jika benar-benar kaldu alami yang tanpa penyedap buatan dll...aku bisa jual juga nich..hihi. *otak bisnis*

Oke...aku share ya resepnya teman-teman...selamat mencoba yaa.....

Shanghai Lion Head Meat Ball

Bahan :
250 gram daging Ayam beserta kulitnya, cincang halus
1 siung bawang putih, haluskan
2 buah Tahu putih ( ukuran kecil sedang / Tahu pasar ) , peras airnya
1 sendok teh kaldu ayam / kaldu jamur dan garam secukupnya
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan Maizena
1 butir putih telur 
1 sendok teh saus tiram 
1/4 butir bawang bombay cincang
1 daun bawang, cincang halus

Cara Membuat :
Campur daging, ayam dan semua bumbu serta maizena, kecuali daun bawang, aduk rata sambil di uleni dan di banting-banting agar adonan menyatu.
Masukkan daun bawang, aduk rata. Cicipi rasa dengan cara merebus sedikit adonan
Bentuk bulat sesuai selera jika sudah pas gurihnya, sambil di kepal-kepal dan di angkat-angkat di tangan agar padat bulatannya
Rebus air mendidih
Masukkan bulatan bakso
Rebus sebentar saja hingga matang, jika kelamaan nanti bumbu berkurang rasanya dan kurang moist
Jika mau di goreng, bisa setelah di rebus di goreng

Untuk kuah sup nya, seperti kuah sup bening lain di webku ya resepnya sudah sering aku posting, salah satunya di SINI...sama aja. Bawang putih goreng, bawang bombay, garam gula, merica, dan kaldu. Kalau aslinya pakai taburan putih telur kocok yang di goreng kering, aku nggak pakai. Sayurannya pakai Sawi putih ya..sama daun bawang.




9 comments :

  1. mbak..mgk bisa sharing cara nya peras tahu gimana? soalnya saya dulu peras pake kain khusus saringan tahu dan itu repot bgt... kl lgs diperas di atas saringan ga bs keluar airnya tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai serbet pasar yang murah mba..yg 10 rb dapat 3 itu bagus buat meras2..karena seratnya jarang2...:D

      Delete
  2. Udah ditunggu bgt resepnya mba, makasih. Pas banget semua bahan ada nich mba.

    ReplyDelete
  3. dessy mama barraqMarch 17, 2017 at 8:17 AM

    Mbak di...maaf gagal fokus nih.tempat sambal dkk yg keramik bunga2 tu beli dimana ya.cantik bgt tampilannya kyk meat ball ala shanghai nya yg bikin mupeng aj.bikin ahhh.mksh mbak di

    ReplyDelete
  4. Mba Diah, dulu ada icon printnya jadi resepnya bisa di print sekarang kok ngga ada ya.

    Lis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ini lagi eror..krn beda tampilan webku..jadi semntara di capture dulu ya mba :)

      Delete
  5. mb.. sy nunggu kaldu jamur merangnya .. semoga bener2 bebas msg dan lain2nya biar aman untuk balita..☺

    susan

    ReplyDelete