Wednesday, March 1, 2017

Kulit Pastel Yang Bisa di Panggang


Weekend kemaren aku buat pastel untuk keponakan yang pada menginap di rumah. Nah..kemaren masih ada sisa adonan isi. Jadi aku buat lagi untuk cemilan suami. Aku pengen coba goreng pastel pakai Air fryer yang tanpa minyak. Akhirnya aku coba, dan berhasil matang dan renyah juga. Seneng dech..jadi sedikit mengurangi minyak kan..walau adonannya tetep ada campuran minyaknya...hihi. Tapi paling nggak kan gorengnya nggak pakai minyak. Kalau untuk adonan aku pakai minyak kedelai. Aku sekarang untuk menumis lagi beralih ke minyak kedelai atau minyak jagung..ya semoga aja lebih sehat ya.

Untuk membuat adoan kulit Pastel yang bisa di goreng tanpa minyak atau di panggang di oven, kuncinya...adonan jangan terlalu di uleni, jadi di aduk hingga mengumpal saja. Adonan aku pakai margarin butter, misal Blueband Cake & Cookie atau Filma Gold itu lho..yang bisa membuat adonan kue lebih renyah. Nah..jika buat campuran adonan pastel ini, jadi bisa renyah ketika di panggang. Jadi resep ini selain bisa di goreng tanpa minyak pakai Air Fryer, bisa di panggang juga di oven juga kok teman-teman.

Waktu membuat adonan aduk-aduk ringan saja hingga adonan bergumpal dan lembab. Jangan terlalu di uleni. Jika terlalu di uleni, gluten akan terbentuk, jadi kulit lentur dan elastis, nanti jika di panggang nggak bisa renyah, nanti malah alot. Menipiskan adonan juga harus agak tipis ya agar matang hingga ke bagian dalam juga ketika di panggang. Kalau aku pakai Air friyer, bentuknya agak jadi nggak rapi lagi..karena berdesakan di kotak Air Fryer yang kecil pastelnya..hihi. Jika mau rapi di panggang aja di oven di susun rapi di loyang, pasti lebih cantik hasilnya. Itu waktu aku balik ada yang towel pecah juga kena cepitan pastelnya..hihi. Next time aku mau pakai oven aja biar lebih rapi. Kemaren aku coba satu biji pakai oven, hasilnya sama renyahnya.

Oke, langsung saja aku share ya resep kulit Pastel yang bisa di panggang ya teman-teman...untuk isiannya aku pakai isian favorit aja..yaitu Ragout ayam, wortel dan kentang seperti biasanya. Resep isian Pastel sudah sering aku share ya..di webku ini, salah satunya di SINI.

Kulit Pastel Panggang

Bahan :
250 gram Tepung terigu protein rendah ( misal kunci biru atau pita merah )
2 sendok makan minyak sayur ( aku pakai minyak kedelai )
50 gram margarin butter 
Air secukupnya
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur Margarin butter dengan minyak, lelehkan
Tuang ke Tepung dan garam ketika masih panas, sambil di carup-carup hingga adonan lembab, tambahkan sedikit air untuk membuat adonan jadi bergumpal lembab agak kalis ( jangan di uleni )
Diamkan adonan 10 menit agar lebih lemas ketika di gilas
Ambil sedikit adonan, tipiskan
Adonan kulit siap di beri isian


12 comments :

  1. Pagi pagi sarapan pastel panggang pasti enak, duh mbak setiap postingmu aku intip selalu menyenangkan dan bikin lapar hehehee

    ReplyDelete
  2. Terimakasih resepnya, mba Diah. Kapan-kapan bisa dicoba nih. 🙏😃

    ReplyDelete
  3. Manggang kira2 brp lama ya mba? Loyangnya di oles margarin dulu nggak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 - 30 menit mba tergantung suhu oven,,sering di tengak tengok aja sambil di balik, nggak di oles ngga pa2 jk loyang anti lengket.

      Delete
  4. Selain pakai minya sayur bisa mbak? hehe, nyari yang lebih ekonomis mungkin kalau ada

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. jadi makin semangat masak stlah "intip" resep di blog mba diah #semoga orang tua semakin bahagia saat makan #makasih inspirasinya :)

    ReplyDelete