Saturday, March 4, 2017

Kue Lapis Mini


Lagi kangen makan kue lapis, tapi paling males itu motongnya..suka nggak bisa seragam jika adonan pakai Tepung tapioka. Aku suka Kue lapis yang pakai campuran tepung tapiokanya..karena ada sedikit tekture kenyal lembut...di banding yang hanya pakai Tepung beras.  Dari berbagai komposisi aneka Tepung untuk Kue Lapis yang sudah aku coba, yang aku rasa sudah pas adalah resepku yang ini. Rasanya  lembut, tapi ada sensasi sedikit kenyal. Kue lapis ini berbeda dari lapis Pepe ya. Kalau Lapis Pepe lebih banyak takaran Tapiokanya dan rasanya lebih kenyal.


Membuat Kue Lapis itu butuh kesabaran waktu melapisnya. Karena harus di lakukan sedikit demi sedikit dan mengukusnya dalam waktu lama juga. Juga harus fokus, karena jika di tinggal-tinggal lapisan sudah terlanjur matang nanti akan mudah mengelupas jika sudah matang. Jadi..biar lebih mudah dan praktis, aku buat Kue Lapis dalam cetakan Talam aja. Jadi imut dan praktis kan, nggak perlu memotong-motong lagi..hihi. Dengan cara seperti ini juga akan lebih cepat matangnya.

Untuk membuat Kue lapis cantik, pakai takaran ya waktu menuang adonan, kalau aku pakai sendok ukur, jadi setiap lapisan takarannya akan sama. Jadi lebih cantik hasilnya. Jangan lupa tutup penutup kukusan dengan serbet ya agar air tidak menetes ke kue. Api juga jangan terlalu  besar, tapi air sudah mendidih, agar kue lapisnya ngga bergelombang. Lapisan pertama harus sudah set dulu ya..jika mau di tuang lapisan berikutnya, agar tidak mleber. Melepas Kue Lapis dari cetakan juga harus menunggu dingin dulu agar lebih mdah dan mulus hasilnya. Jangan lupa olesi dengan minyak ya cetakannya, agar tidak lengket.

Oh ya..untuk resep ini harus pakai Tapioka ya teman-teman, bukan Sagu. Aku pernah bikin Kue Lapis dari tepung Sagu, hasilnya...padat dan berat. Kalau memakai Tapioka ini lebih ringan tekturenya...dan ada sensasi sedikit kenyal enak. 

Oke, selamat mencoba ya teman-teman..jika suka Kue lapis..ini dia resepnya...:)

Kue Lapis

Bahan :
250 gram Tepung Beras kualitas bagus
100 gram Tepung Tapioka ( bukan Sagu ya teman-teman, tapi Tapioka..jika sagu Kue Lapis akan terasa berat dan padat )
800 ml santan kental dari 1 butir kelapa
200 gram Gula Pasir
1/2 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
1 tetes pewarna merah tua

Cara Membuat :
Rebus santan, Gula, Garam hingga mendidih tapi jangan sampai pecah ya 
Biarkan hangat, campur dengan kedua macam tepung
Ambil sedikit adonan, beri pewarna merah
Sisanya bagi dua bagian, satu bagian beri  pewarna hijau
Panaskan kukusan. Olesi cetakan Talam dengan minyak
Beri adonan warna hijau satu takaran, kukus 5 menit
Beri adonan putih, kukus 5 menit
Lanjutkan selang seling adonan hijau dan putih bergantian selapis demi selapis
Teraskhir beri adonan warna merah, lalau kukus kembali selama 15 - 20 menit
Dinginkan
Lepas dari cetakan, sajikan


3 comments :

  1. Mbak Di...cantik banget deh kuenya
    malah manis dicetak gitu penampilannya daripada yang persegi yang biasa dijual orang2
    Andai bisa telaten bikin ya....kayaknya c buat aku bakal beli aja deh mbak
    repot soalnya...hihihi

    salam,
    Wia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..iya..harus sedikit sabar...tapi lebih puas bikin sendiri lho mba :D

      Delete
    2. Gampang loh mb bikinnya. Kmrn saya bikin sedikit jadinya cuman 8

      Delete