Thursday, March 9, 2017

Kue Hungkwe Coklat



Kemaren masih ada sisa Tepung hungkwe sedikit, sisa waktu membuat es Goyang. Sayang jika tidak di manfaatkan, karena aku agak pelupa, jika sudah terbuka gitu biasa terbuang percuma. Akhirnya aku buat Hungkwe coklat saja. Jadi seperti Kue Hungkwe, tapi rasa coklat. Rasanya enak sekali, lembut dan nyoklat. Yodha suka..Papinya juga suka.


Dulu aku pernah share resep Hungkwe Coklat juga, tapi yang pakai Pisang, di bungkus plastik seperti Centik manis. Tapi kali ini lagi nggak pengen ribet, jadi aku cetak saja pakai cetakan aja. Lebih praktis dan cantik jadinya.

Untuk membuat Kue Hungkwe yang enak, pilih Hungkwe yang berkualitas ya teman-teman. Tepung Hungkwe seharusnya terbuat dari Sari Pati Kacang hijau, jadi rasanya legit dan harum. Namun sekarang banyak Hungkwe murah dan palsu yang terbuat dari tepung Sagu Aren. Rasanya beda, dan jika di buat adonan juga akan beda rasanya.

Untuk coklatnya juga pakai coklat bubuk yang enak ya, agar rasanya nyoklat alami. Jika tidak suka pakai santan, bisa di ganti susu cair. Memasak Kue Hungkwe coklat ini di api sedang saja, sambil terus di aduk ya hingga adonan kental dan meletup-letup. Biarkan uap panasnya hilang, baru di cetak. Cetakan di celup air dulu agar mudah di lepas. 

Jika mau lebih nikmat, dinginkan dulu kue di kulkas. Selain lebih enak, juga akan lebih mudah melepas kuenya. Sajikan dingin-dingin...nyes rasanya...enak dan lembut. Namun kue ini termasuk kue basah ya, bukan Puding, jadi jika bisa segera di habiskan, jangan di simpan lebih dari sehari semalam, karena rasanya akan berubah.

Oke, aku tulis lagi resepnya ya, yang tanpa pisang kali ini...selamat mencoba.
Hungkwe Coklat 

Bahan :
50 gram tepung Hungkwe warna putih
1 sendok makan coklat bubuk larutkan dengan satu sendok  makan air panas, aduk rata
125 gram gula pasir
600 ml santan
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Campur semua bahan, masak dengan api sedang hingga mendidih dan meletup-letup
Biarkan uap panasnya hilang
Cetak sesuai selera
Dinginkan di kulkas, sebelum di sajikan

1 comment :

  1. Dear mbak Diah...
    Boleh nanya merk hunkwe yang asli apa ya. Soalnya saya gak bisa bedain. Thanx...

    ReplyDelete