Sunday, March 12, 2017

Roti Goreng Tepung Kentang



Lama juga nggak mengolah Tepung kentang jadi aneka cemilan ya teman-teman. Banyak teman yang rindu rupanya olahan Tepung Kentang, karena banyak yang menanyakan variasi barunya..hihi. Memang yang pernah beli Tepung kentang seduh di aku, pasti familiar dengan aneka resep dari Tepung kentang.
Nah Kali ini aku mau buat snack baru pakai Tepung kentang nich, yaitu Roti Goreng Tepung kentang.

Tepung Kentang yang di pakai ini, Tepung Kentang Seduh, yang bentuknya Flakes ataus serpihan ya..jadi lebih mudah di seduh dan memes ( cepat lumat ). Dari dulu aku jual ini dan tetap jadi best seller. Cuma karena kesibukan, kadang nggak sempat update resep-resep baru dengan Tepung kentang Flakes ini. Nama lainnya adalah Potato flour jika di luar negeri.

Nanti aku akan update terus ya berbagai resep dengan tepung kentang Flakes ini agar teman-teman yang masih ada stok di rumah bisa berkreasi dengan Tepung Kentang. Tepung Kentang ini bisa untuk membuat Kentang panggang, kroket, perkedel, Kue lumpur, dll. Bisa juga untuk campuran roti atau donat. Jika untuk campuran roti atau donat, tentu pemakaian tidak terlalu banyak, hanya untuk campuran saja. Tapi justru itu kan segi praktisnya ya. Coba jika kita mau bikin Donat Kentang, yang hanya butuh Kentang kukus sedikit, akan repot kan jika harus mengukus dan menghaluskan Kentang yang cuma sedikit. Jika pakai Tepung kentang ini, tinggal ambil sedikit Tepungnya, lalu kita seduh..sudah siap dech segera jika kita butuhkan.

Untuk kali ini aku pakai Tepung Kentang Flakes untuk membuat Roti Goreng isi Ayam. Dengan campuran Tepung Kentang, roti jadi lebih lembut dan empuk dan lebih awet di simpan, hingga 3 hari nggak apa-apa, asal isinya kering dan kesat ya. Tapi karena ini Roti goreng berpanir, setelah dingin, segera di kemas di plastik atau wadah tertutup ya teman-teman agar tidak terkena udara, nanti jadi kering dan keras luarnya. Untuk isiannya kali ini, aku pakai isian yang di tumis langsung, bukan dari Ayam rebus, rasanya lebih enak dan juicy, jadi mirip-mirip roti yang terkenal isi Ayam kecap yang warna coklat itu lho, tapi nggak mblenger kemanisan jika kita buat sendiri..hihi.

Adonan roti yang memakai Tepung Kentang ini mudah sangat enak di bentuk-bentuk, jadi mudah penanganan nya. Mudah kok buatnya, kuncinya uleni adonan hingga kalis dan halus, diamkan hingga mengembang dua kali lipat, baru di bentuk dan di beri isi. Jika membuat adonan Roti atau Donat jika sedikit  agak lengket, jangan panik dulu, nggak masalah. Di banting-banting saja adonan di atas meja datar, nanti akan lebih kalis dan mudah di tangani adonannya.


Oke, selamat mencoba ya teman-teman..ini dia resepnya. Jika ingin mencoba Tepung Kentang Seduh yang aku jual, bisa sms atau wa ke 089654712500 ya. 

Roti Goreng Tepung Kentang
Bahan :
250 gram Tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung kentang seduh, seduh air panas sedikit demi sedikit hingga jadi kentang kukus lumat yang kesat
25 gram gula pasir
½ sendok teh baking powder
1 sendok teh ragi instan
½  sendok makan susu bubuk
55 ml air es
1 butir telur
½ sendok teh garam
1 sendok makan munjung margarin

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan kering, kentang, kecuali garam dan margarin
Tambakan telur dan aduk rata sambi di tuangi air es, sedikit demi sedikit
Uleni hingga setengah kalis
Masukkan garam dan margarin, uleni hingga kalis dan elastis
Diamkan 20 menit
Bagi menjadi beberapa bulatan tergantung besar kecil roti yang di inginkan
Diamkan kembali 10 menit
Ambil satu bulatan
Pipihkan, beri isi secukupnya, bentuk bulat lonjong agak pipih atau sesuai selera
Diamkan kembali 20 menit hingga mengembang lagi
Celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panko
Goreng hingga matang

Bahan Isian Ayam Kecap :
200 gram daging ayam cincang
½ sendok teh garam ( sesuai selera )
½ sendok makan saus tiram
1- 2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera ya manisnya )
¼ sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
¼ bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang, iris halus
Bumbu  halus :
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bawang merah dna putih, tumis hingga matang
Masukkan semua bumbu, aduk rata hingga ayam berubah warna dan benar-benar matang
Masukkan daun bawang, aduk rata
Koreksi rasa, hingga pas gurih manisnya, sesuaikan selera
Dinginkan

No comments :

Post a Comment