Friday, March 10, 2017

Pie Susu Coklat


Sejak sering beli Pie Susu di Kampung Semawis, Yodha jadi suka Pie Susu. Aku jarang buatin dia sich..karena dulu dia belum suka aneka Pie seperti ini. Tadi Yodha minta di buatin Pie Susu. Sebetulnya aku agak nggak rajin bikin Pie Susu seperti ini, karena ngga punya cetakan tipis. Di rumah adanya cetakan cekung dalem-dalem, biasanya Yodha kurang suka bentuknya.

Tapi, karena dia minta ya aku buatin aja. Pakai cetakan yang ada di rumah. Eh..lihat di dapur Susu kental manis putih juga habis, adanya yang coklat. Ya udah, bikin Pie Susu coklat aja. Tapi karena cetakan lebar dan agak cekung, jadinya walau udah aku tipiskan kok tetap saja jadi agak tebal kulit pienya karena buru-buru biar cepat jadi..hahah. Jadi di protes Yodha..katanya kok beda sama yang di jual di Semawis. Walau rasanya enak, tapi kebanyakan kulitnya Mi..katanya...protes...lol..!

Memang yang di beli di Kampung Semawis itu tipis banget kulitnya, dan ceper banget, jadi makan satu pasti kurang. Padahal mahal juga, 1  biji 3 ribu, sekali hap...hihi. Kalau punya Mami kan malah terasa gigit Pie tho Kak...hahah. Tapi tetep..Yodha protes, minta yang kulitnya tipis aja besok kalau buat lagi. Oke dech..Mami tak hunting cetakan Pie yang beneran dech. Biar bisa mirip sama yang di jual-jual hasilnya.

Dulu waktu pameran di mall Paragon ada stand yang jual Cetakan Pie Susu tipis sama alat pres nya. Dulu belum kepikiran suka bikin Pie Susu sich, karena aku sendiri kurang begitu suka, Yodha dulu juga belum mau. Eh..sekarang kok pengen beli alatnya, sejak Yodha suka Pie susu. Kan enak tuch..nggak ribet nyetaknya, tinggal di pres seperti bikin biskuit...jadi cepat jadi kulit Pienya. Ntar aku cari lagi dech alatnya..!

Oke dech aku share dulu resepnya ya teman-teman, jika mau agak tipis yang tinggal harus telaten nyetaknya di cetakan tipis-tipis..hihi.

Pie Susu Coklat 

Bahan :
250 gram tepung terigu protein rendah
 120 gram margarin
2 sendok makan gula halus
1/4 sendok teh vanili bubuk
3 butir kuning telur
25 ml susu cair dingin / air biasa

Cara membuat kulit :
Kocok margarin dan gula dengan alat pengocok manual sebentar saja, masukkan telur satu persatu sambil di kocok rata ( jangan pakai mixer ya agar tidak terlalu mengembang ) Fungsi pengocokan telur ini agar nanti adonan lebih lembab dan mudah di bentuk. Jika adonan terlalu kering, Pie susah di bentuk dan hasilnya jadi keras..karena pemakaian margarin di sini tidak terlalu banyak.
masukkan Tepung terigu, dan air sedikit demi sedikit, aduk memakai dua buah pisau sambil di cincang adonan yang masih menggumpal agar berpasir, tapi masih lembab dan bisa di bentuk. diamkan 15 menit
Olesi cetakan dengan sedikit margarin
Beri adonan secukupnya, tipiskan

Siapkan bahan isi :
150 ml susu kental manis coklat
1 butir kuning telur
30 gram tepung maizena
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
100 ml air

Cara membuat :
Kocok kuning telur dengan garpu hingga rata
Campur semua bahan lain, aduk rata, cicipi udah  manis belum ya, jika belum boleh tamabh susu kental manisnya.
Masukkan kuning telur, aduk rata hingga adonan isi halus
Tuang ke adonan Pie yang sudah di cetak hingga hampir penuh
Panggang 30 - 45 menit di api sedang ( 150 hingga 170 C ), sesekali di cek aja waktu memanggang, karena panas oven berbeda-beda, jika kulit sudah matang renyah dan isinya sudah kesat agak kering, angkat.


3 comments :

  1. Mb Di, pienya pasti enak..ijin coba resep yang ini ya mbak..fla coklatnya bikin penasaran :) semoga hasilnya bisa secantik punya mb Diah..:)

    ReplyDelete
  2. mb, koq punya ku kulit nya rapuh bgt yah? salah dimana yah? thanks

    ReplyDelete