Tuesday, March 7, 2017

Apam Balik


Apam Balik..adalah jajanan khas malaysia, biasa di jual di pasar malam gitu dari yang aku baca, atau di pinggir jalan seperti di Indonesia mungkin ya. Sepintas mirip sama martabak manis. Tapi beda rasanya. Lebih mirip pancake lipat menurutku. Kalau martabak manis kan ada tekture serat yang banyak, kalau Apam Balik ini tekturenya lembut empuk, seperti pancake, namun karena di isi kacang, jadi lebih enak dan lebih tradisional rasanya. Beragam resep Apam Balik sudah aku coba, karena penasaran banyak versi, ada yang pakai ragi instan, ada yang tidak pakai. Ada yang langsung di panggang, ada pula yang di diamkan dulu semalaman.


Kali ini aku share resep yang paling simple, dan Yodha suka. Hihi..ada yang tanya..kok kalau cerita menu selalu kesukaan Yodha..memang nggak pernah masak buat suami ya mba ?...Hemm..kok ya ada yang penasaran sampai segitu juga ya..hihi. Beneran lho aku tuch nggak kepikiran sampai segitu kadang malahan. Kalau nulis cerita apa yang aku masak ya mengalir aja memang apa yang ada di pikiranku dan juga saat membuat makanan tersebut. Memang yang aku posting biasanya kesukaan Yodha semua...hahah. Masak buat suami ya tetep tiap hari...tapi suamiku orangnya simple, masakan rumahan ala Jowo sukanya yang sudah banyak aku posting resepnya...jadi ya nggak di posting lagi kan ya. Jadi aku tiap hari masak tuch nggak cuma satu macam, tapi biasanya yang sudah pernah aku posting ya nggak aku tulis lagi. Jadi kalau aku posting resep di web ya menu-menu baru..kebanyakan favorit Yodha. Ya harap maklum ya..Yodha dalam masa pertumbuhan, jadi kita sebagai ibu kan lagi semangat untuk membuat aneka menu-menu baru buat dia...agar lebih semangat makan dan bisa tumbuh sehat..ya kan teman-teman..:D

Seperti apam Balik ini, Yodha suka banget, karena pasa dasarnya dia suka Pancake, nah ini versi baru pancake untuknya yang di lipat dan di beri isian. Biasa sukanya di kasih susu kental manis dan coklat meise kalau Yodha. Kalau aku dan suamiku suka yang original..isi kacang. Kalau di Malaysia, ada yang di isi jagung manis, dll. Kalau di Malaysia pakai gula merah serut, kalau aku  lebih suka pakai susu kental manis, lebih pas rasanya..berpadu dengan kacang..hihi. Jadi seperti rasa kue Terang bulan ala pasar jaman dulu itu lho teman-teman. 

Oke dech langsung saja ini dia resepnya ya. Enak kok teman-teman..bisa di coba buat varian bekal buat si kecil nich. isinya bisa di sesuaikan selera ya. Kalau versi asli isinya gula merah dna kacang, akalau versi aku susu kental manis dan kacang yang di foto ini. Kalau favorit Yodha isi susu kental manis coklat dan meises.
Apam Balik

Bahan :
2 cup tepung terigu protein sedang
1/4 cup gula
1 sendok teh soda kue
1 sendok teh baking powder
1 butir telur
1 1/4 susu cair
1/4 sendok teh garam

Bahan isi :
Sesuai selera, kalau aku susu kental manis coklat, meise dan kacang tanah sangrai yang di cincang

Cara Membuat :
Campur bahan kering
Kocok telur dnegan garpu atau pengocok manual, masukkan susu, aduk rata
Campur dengan semua bahan kering, aduk rata hingga halus dan tidak bergerindil
Diamkan satu jam
Panaskan teflon
Oles sedikit minyak 
Tuang satu sendok sayur adonan, biarkan berlubang
Beri bahan isian jika sudah agak set matang atasnya
Masak hingga benar-benar matang
Lipat
Lakukan hingga adonan habis
Sajikan hangat

Note :
Takaran cup itu cup ukuran tepung dll ya teman-teman, jika bingung silahkan lihat koversi cup ke gram yang pernah aku share di SINI.





1 comment :