Thursday, March 9, 2017

Martabak Mini Coklat


Martabak mini, tak pernah bosan Yodha bawa bekal ini. Kadang sore, cemilan pun minta Martabak mini. aku sich santai aja..bikin tiap hari pun oke..hihi. Karena ada Tepung Martabak jualanku yang praktis, tinggal tambah telur dan air, diamkan sebentar, panggang ..jadi dech. Bikin bekal untuk Yodha jadi nggak pernah terburu-buru.


Seperti tadi malam, aku tanya mau bawa bekal apa, jawabnya.." Martabak Mini lagi..! ". Okelah, pagi-pagi udah manggang Martabak. Biar nggak bosan, aku variasi rasa coklat aja adonannya. Aku pakai pasta dark coklat aja..enak dan cantik warnanya. Jangan pakai coklat bubuk ya teman-teman, karena terlalu pahit, sementara adonan martabak kan pemakaian gula hanya sedikit.

Hasilnya, Martabak Mini nya cantik, warna coklat dan ada rasa serta aroma coklat juga. Hasilnya juga bersarang cantik, seperti biasa aku buat. Tapi yang kurang itu bentuknya, kurang cantik..karena aku  pakai snack maker double pan, bukan cetakan Martabak mini yang agak dalam. Kalau Snack maker double pan itu lebar-lebar dan ceper bentuknya...jadi kurang cantik bentuk Martabak Mininya. Aku punya cetakan Kue Lumpur juga sich, tapi dari alumunium biasa. Tapi karena aku butuh cepat dan nggak lengket, aku selalu pakai Snack maker double pan ini terus jika bikin martabak. Pengen beli pan martabak Medi maker tuch incaranku..cuma harganya 600 ribu..mikir juga jika ntar Yodha bosan makan Martabak mini..ngganggur lagi seperti cetakan-cetakan kue lain..hihi. Biasa kan teman-teman..kebanyakan koleksi cetakan, tapi sesekali aja di pakai, karena kadang waktu di dapurnya yang kurang dan Yodha juga bosanan anaknya...hahah.

Oke dech, aku ulang lagi ya tips membuat Martabak mini agar cantik bersarang. Jadi adonan di diamkan dulu ya sebelum di panggang. Panaskan cetakan hingga benar-benar panas di api sedang. Ciri pan sudah panas, jika di tuang adonan..akan berbunyi cesss...gitu. Tuang sedikit adonan, jangan terlalu banyak ya..agar cantik dan tidak terlalu tebal martabak mininya. 1 sendok  makan lebih dikit aja..cukup. Tekan bagian tengah adonan agar sekeliling Martabak berkulit tipis yang nantinya akan kering dan renyah. Biarkan hingga berlubang-lubang, taburi gula pasir..baru tutup pan, dan kecilkan api, masak hingga seluruh permukaan adonan matang, baru di oles margarin, susu ketal manis dan beri taburan isi sesuai selera, angkat.

Untuk Resep kali ini, aku pakai 250 gram tepung Martabak Manis, 1/2 sendok teh Pasta coklat (aku pakai Dark coklat ya pastanya, jadi sedikit saja cantik warnanya ), dan 1 sendok makan margarin leleh. Hasilnya jadi cantik martabaknya bersarang indah..walau bentuknya nggak seragam. Jika mau order Tepung Martabak  Manisnya, bisa sms atau wa ke 089654712500 ya teman-teman. In di foto sengaja aku polosan aja belum bertoping agar kelihatan jelas pori-pori martabaknya ya..:D..Ini Empuk lembut, walau kelihatan kering luarnya, karena belum di oles margarin. Jika dalam keadaan masih panas di oles margarin, maka margarin akan terserap dan lebih lembab serta moist Martabak Mininya.


1 comment :

  1. Boleh juga nih dibuat usaha kecil2an di rumah, hehe

    ReplyDelete