Thursday, March 2, 2017

Sate Kere Versi Pedas


Kemaren waktu ke Solo, akhirnya sempat mencoba Sate Kere Yu Rebi di daerah Sriwedari. Aku suka Sate Kere...karena pada dasarnya memang suka yang namanya Tempe Gembus..hihi. Tapi lebih suka lagi Sate Kere Yu Rebi, karena walau namanya Sate Kere, tapi ada dagingnya juga...hahah. Bukan hanya daging, ada berbagai macam Sate Jerohan juga...jadi Yodha suka waktu makan di sana. Jadi..apakah tetap Sate Kere namanya ?..Entahlan..yang jelas nama Warungnya tetap di tulis Sate Kere Yu Rebi...walau  harganya juga nggak murah..hihi.

Nah..kalau aku sekarang  mau posting Sate Kere beneran nich ( baca : ekonomis )...karena hanya pakai Tempe Gembus, tempe yang murah meriah..500 rupian aja dapat satu biji...seharga cabai rawit merah sebiji kan..hihi. Tapi jika sudah di olah dan di sajikan menarik, nggak keliatan murah kan..hihi. Bisa di kira Sate daging...Lol..! Tapi walau bahan murah meriah, tapi beneran..enak kok teman-teman. 

Cara membuat Sate Kere mudah saja...Tempe Gembus sebelumnya di ungkep dengan berbagai bumbu seperti bumbu Bacem, tapi kali ini aku buat versi agak pedas. Kalau versi yang gurih manis, sudah pernah aku posting dulu ya. Jadi bumbu halusnya aku tambahin cabai rawit merah...biar ada sedikit sensasi pedes gurih manis gitu. Dan ternyata memang tambah enak rasanya.

Tempe Gembus yang sudah di bacem, selanjutnya di tiriskan dulu, baru di tusuki dengan tusukan sate, lalu di bakar. Nah..biar ada sensasi rasa Sate, seperti aroma bakaran Sate daging, sebelum di bakar aku olesi sedikit Kecap manis. Jadi aromanya beneran..ada sensasi makan Sate Daging..haha...walau rasanya tetep...rasa Tempe Gembus yang lembut, gurih dan manis. Kalau tiba-tiba berubah jadi rasa daging kan malah aneh ya teman-teman.

Kalau di Sate Kere Yu Rebi, itu di sajikan dengan Sambel Kacang, tapi aku kurang suka..aku lebih suka pakai Sambel Kecap aja yang pedes gitu. Kalau untuk suami, aku sajikan dengan Lontong, tapi Lontong kuah Sayur Tempe. Jadi ala Sate Sapi Karang ala Kotagede gitu dech yang di sajikan dengan Lontong Sayur Tempe. Bedanya..kalau Sate Karang itu pakai Sate Sapi asli, kalau aku pakai Sate Kere...alias Sate Tempe Gembus...hihi. Tapi beneran tetap enak lho..buktinya suamiku doyan...hihi...ludes sepiring sampai bersih..Lol..!


Oke dech...langsung aja aku share resep Sate Kere versi Pedas ya teman-teman..selamat mencoba ya jika suka. Ini sengaja aku nusukin Satenya nggak beraturan, biar kelihatan beda dan nggak Tempe Gembus banget kelihatannya. Jadi nampak seperti Sate daging kan..hihi. Cobain aja teman-teman coba, terus di sajikan di meja makan..coba dech nggak  bilang dulu kalau ini Sate Kere, pasti di kira Sate daging ya jika penampakannya seperti di foto-fotoku ini...hihi.
Sate Kere

Bahan :
400 gram Tempe gembus, potong agak tipis
800 ml air kelapa ( secukupnya sampai semua gembus terendam air kelapa )
100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera manisnya )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh kaldu sapi dan Garam sesuai selera
Bumbu halus :
6 butir bawang merah, 5 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri
Cara membuat :
Siapkan panci, masukkan tempe gembus dan semua bumbu
Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil  sampai air menyusut. 
Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke  tempe gembusnya.
Ketika merebus, sesekali balikkan gembus agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi hingga pas rasanya sesuai selera. Masak hingga kuah menyusut dan meresap bumbunya. Tiriskan dan dinginkan
Iris tipis gembus bacem, lalu bakar sambil di oles sisa sedikit kecap. Sajikan dengan sambal kacang atau Sambel Kecap Pedas.
Tips : Jika mau bacem Tempe Gembusnya makin enak dan bumbu lebih meresap, sebaiknya bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika dikita bakar akan semakin cantik hasil Sate Kerenya.
Jika mau pakai Sambal Kacang, aku sertakan resep Sambalnya ya. Kalau yang aku buat kemaren aku pakai Sambal kecap pedas aja.
Bahan Sambal Kacang:
100 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
3 buah cabai merah keriting, digoreng
2 butir kemiri, digoreng
2 buah cabai merah besar, digoreng
2 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
300 ml air panas
Cara Membuat :
Haluskan kacang tanah, cabai merah keriting, kemiri, cabai merah besar, gula merah, dan garam. Tuang air. Masak sampai matang dan kental.

4 comments :

  1. Sate kere kalo disolo kebanyakan bentuknya panjang. Gak dipotong kecil2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...tapi kalau buat sendiri di rumah kan bebas mau di bentuk gimana aja..yang penting enak dan menarik buat keluarga.

      Delete
  2. kalo di rumahku paling enak seringnya make bumbu kacang mbak...mak nyus

    ReplyDelete
  3. tempe gembus itu macam apa ya? susah ndak cari tempe gembus

    ReplyDelete