Monday, January 30, 2017

Tips Membuat Martabak Mini Lipat


Yodha pulang sekolah langsung minta cemilan..laper banget katanya. Tapi nggak mau langsung makan. Di rumah nggak ada cemilan apa-apa...karena belum belanja. Akhirnya seperti biasa...aku tawarkan aja mau apa..pakai tepung siap pakai yang aku jual kan banyak favorit Yodha..ada muffin..brownies, leker, dll. Yodha maunya Martabak mini aja. Ada dong Tepung premik Martabak mini jualanku..hihi. Jadi ya praktis aja..tinggal aduk adonan sebentar, diamkan hingga mengembang...panggang dech.

Menjawab pertanyaan teman-teman..bikin Martabak Mini pakai pengocok adonan manual bisa tidak ?..Bisa..aku tadi cuma bikin sedikit, jadi pakai whisk manual aja..bisa halus juga adonan. Terus diamkan selama 15 - 30 menit agar adonan mengembang dulu, baru di panggang. Nah..yang paling penting, jika membuat martabak mini mau berlubang-lubang cantik dan tidak bantat, adalah cetakan harus panas dan stabil. Jika kurang panas, adonan nggak mau mengembang, hasilnya bantat, lemes dan tidak mau berlubang-lubang adonannya.

Yodha minta Martabak mini lipat, karena kemaren waktu kita jalan-jalan di pasar kaget hari Minggu, beli martabak mini lipat itu enak. Luarnya renyah kriuk...dalemnya lembut. Jadi Yodha minta di buatin sendiri. baiklah Kak...mudah...kan ada Tepung martabak siap pakai jualan Mami..!..hihi. Jadi tadi aku buat..dan hasilnya seperti di foto ini nich..luarnya renyah, dalemnya lembut..enak banget kata Yodha. Tadi aku isi meises sama kacang. 

Perhatikan foto berikut ini ya teman-teman..yang paling ujung atas itu tadi belum panas pan nya sudah aku tuang adonan, biar jadi gambaran buat teman-teman..hasilnya seperti apa jika pan kurang panas...hasilnya seperti masih putih kan..nggak bisa kering luarnya. Itu karena pan belum panas. Kalau yang lain..pan sudah panas, begitu adonan di tuang, langsung terbentuk kulit bagian bawah..adonan mengembang dan jadilah cantik kecoklatan bagian luarnya. Tunggu hingga adonan berlubang-lubang seperti di tengah itu penampakannya, lalu kita taburi sedikit gula, olesi margarin..lalu kita beri isian, lalu di lipat. Jika mau kriuk, kecilkan api dan panggang hingga luarnya renyah.


Untuk cara pemakaian Tepung Martabak, sudah ada di kemasan ya teman-teman. Jika teman-teman mau mencoba pakai tepung sendiri, silahkan di coba resep di SINI..tapi yang versi martabak brownies ya teman-teman..karena, kalau martabak biasa, aku selalu pakai Tepung martabak siap pakai. Jika mau lebih praktis, dan minat Tepung premik Martabak Manis siap pakai, bisa sms atau wa aja ke 089654712500 ya.





1 comment :

  1. pengen bikin tapi harus beli dulu cetakan buat masaknya hehe

    ReplyDelete