Sunday, January 1, 2017

Balado Terong Bakar Sehat


Sesuai janjiku, aku akan selang seling share resep-resep sehat tanpa minyak ya teman-teman, atau jika pakai minyak sekedar untuk menumis, aku ganti pakai minyak jagung yang leboh sehat. Jadi..pelan-pelan saja kalau diet ala aku..bukan terus ekstrim makan cuma buah atau *raw food dll. tetap makan biasa, 3 kali sehari..hihi. Jika bisa tetap makan enak..cuma cara masaknya saja yang aku buat lebih sehat begitu. Jadi selain kita yang niat diet, keluarga lain di rumah juga masih bisa menikmati kan.

Tapi nanti aku akan share juga menu-menu biasa favorit Yodha dan papinya kok, tenang aja teman-teman..yang suka makan enak, tetap ada menu-menunya di sini. Tapi lama-lama mereka akan mengikuti juga kali ya, jika kita biasakan makan menu sehat..hihi. Tadi aku test ke Yodha dan papinya, aku kasih Ayam Goreng yang aku goreng pakai Air Fryer..eh mereka tetap suka. Katanya nggak ada beda kok rasanya sama ayam goreng biasa yang di goreng pakai minyak. Malah lebih keset nggak berminyak..kata Papinya Yodha. Sipp lah..pelan-pelan, nanti di biasakan gorengan ala Air Fryer, kan malah irit minyak..hahah.

Untuk menumis, aku sudah ganti dengan  minyak jagung dengan pemakaian minimal saja. Jadi tetap bisa makan enak, tapi sedikit lebih sehat, itu aja sich ya tujuan utama kita. Semisal, biasanya aku bikin Terong Balado ini, biasanya kan Terong aku goreng dulu....itu kan menyerap banget minyak. Sebagai gantinya sekarang aku masak Terong baladonya aku bakar atau panggang aja pakai teflon anti lengket tuch teman-teman, mudah kan. Nggak perlu alat khusus kok. Untuk bumbunya nggak usah di goreng dulu, langsung di  haluskan, lalu di tumis dengan sedikit minyak jagung. Jadi tetap enak, tapi lebih berkurang pemakaian minyak gorengnya.

Oke, karena banyak yang request, aku share ya resep Balado Terong lebih sehat ala aku :
Balado Terong Bakar

Bahan :
3 buah Terong, potong sesuai selera
1 sendok teh garam
200 ml air untuk merendam
Rendam potongan terong dalam air garam, lalu panggang atau bakar hingga matang

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi bakar
1 bua tomat ukuran kecil
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
Ulek semua bahan di atas, tumis hingga matang dan harum
masukkan 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Tambahkan 100 ml air
Masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya
Masukkan Terong atau tuang sambal ke atas Terong bakar
Sajikan hangat
Selamat mencoba teman-teman

DD

Untuk lauknya yang pas, aku goreng Bandeng Presto pakai Air Fryer juga, seperti ini nich hasilnya teman-teman, tetap enak dan bisa kering luarnya, dalemnya tetap lembut. Jadi Tips memnggoreng dengan Air Fryer ini agar rasanya nggak sepo atau terlalu kering, jangan terpaku pakai lama memasak di mesinnya ya teman-teman. Sebisa mungkin harus kita cek waktunya sudah separuh jalan timernya, tujuannya agak kita tahu sudah cukup matangnya atau belum, karena kan bahan-bahan yang kita goreng berbeda, jadi perlakuan juga berbeda. Misal Bandeng presto ini, kan sebenernya sudah matang. Jadi kita cukup menggoreng sebentar saja. Jadi kuncinya harus kita cek sebelum timer waktu habis, karena nggak kelihatan dari luar selama proses menggoreng, sering kita cek ya, dengan cara pencet tombok *stop, buka dan lihat hasilnya. Jika kita rasa sudah matang, angkat dan keluarkan dari mesinnya. Jika belum, kembalikan ke dalam, lalu goreng kembali. Mudah dan praktis kok.





6 comments :

  1. Mba Diah, waktu itu saya pernah baca di suatu blog tentang minyak yang bagus untuk menggoreng (deep-frying). Katanya sih yang bagus itu minyak Canola. Kalau minyak zaitun, cocoknya hanya untuk salad dressing (extra virgin) dan menumis (light). Saya ga simpan link blog itu, nanti mungkin Mba bisa cari sendiri lewat Mbah Google hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba...iya mba...aku udah coba yang palinga ku suka buat menumis minyak jagung..hihi. Kalau untuk goreng eman2 mba..mahal harganya tho minyak-minyak sehat gitu..hahah..jadi mending jika buat gorengan kurangi atau nggak pakai minyak aja..sehat dan irit Lol..

      Delete
  2. napa gk coba diet ocd aja mbak,q 3 bln trn 11kg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OCD terlalu ekstrim. Bisa menyebabkan makan berlebihan pada saat waktunya "Bebas Makan" itu. Selain itu, dari yang saya baca, OCD tidak membatasi jenis makanan apa yang bisa dimakan. Kalau bebas makan = makan sepuasnya tanpa batasan baik itu makanan berminyak atau junk food, tujuan dietnya tidak sesuai dengan yang diinginkan Mba Diah. Mba Diah kan pengennya jadi sehat, kalau langsing itu bonus. Lebih baik diet seperti Mba Diah, makan tetap tiga kali sehari dengan menu yang rendah lemak. Makan tetap teratur sehingga tidak menyebabkan binge eating (makan berlebihan di waktu tertentu bahkan saat tidak lapar sekalipun). OCD juga beranggapan sarapan pagi= tidak baik. Padahal dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Departemen Gizi Masyarakat IPB, orang yang tidak sarapan pagi memiliki kecerdasan yang lebih rendah (subjek: anak SD) dan cenderung obesitas. Diet juga perlu diimbangi dengan olahraga teratur. Ini hanya saran lho ya. Dari pengalaman saya, kalau orang sudah mendapatkan yang diinginkannya dari suatu jenis diet (langsing/kurus), dia akan beranggapan bahwa diet yang dia lakukan adalah benar.

      Delete
    2. Makasih Bunda Ibuke Naura dan Mba Anonymous..

      Wah..seklias dulu memang sering denger diet itu tapi nggak ngikutin detail maksudnya. Wah..kalau nggak pakai sarapan..kurang cocok untukku...karena justru sarapan itu menurutku penting banget, apalagi baut ibu rumah tangga kayak aku yang merangkap usaha dll..kerjaan setumpuk..bisa2 bukan sehat dan langsing tapi malah sakit..hihi. Lha wong aku telat sarapan aja..misal jam 10 gitu batas maksimalnya udah kliyengan pusing dan keringat dingin. makanya yang normal aja dech memang pilihanku mba2..jadi nggak ada beban buat tubuh, tapi beban makanan berlemak dan lemak tubuh berkurang kan...hihi. Semoga..amin.

      Delete
  3. Sudah lama tak tunggu2 mbak Didi masak yg ala2 diet. Alhamdulillah... akhirnya kesampaian juga. Hehehe...Di webnya hairy'bike diet,tv kabel channel afc yg chefnya badannya bagus2 banyak pengetahuan ttg cara masak sehat. Lumayan banget mb, buat referensi.

    Semangat diet terus mbak.... yg penting sehat... jangan nimbang terlalu sering, biar ngg bikin stres... hehehe... (pengalaman pribadi)

    ReplyDelete