Saturday, January 7, 2017

Sate Salmon


Sekali-kali masak Salmon ya teman-teman..hihi. Ini gara-gara Yodha sering nonton AFC, Chef-Chef nya yang dari luar kan biasa masak makanan wewah seperti Salmon ini. Jadi Yodha mau coba juga. Dulu pernah beberapa kali makan Steak Salmon di hotel dan dia suka. Jadi kemaren pas ke supermarket lihat salmon masih fresh, langsung ambil dia..hihi. Lumayan sepotong 49 ribu..hihi. Beli dua udah hampir 100 ribu. tapi ya nggak apa-apa yang penting Yodha suka.

Lihat resep Salmon di tivi atau di internet kebanyakan memang di buat Steak ya. Ah kok biasa kayaknya. Jadi aku ingat punya buku dari luar. Ada resep Salmon Yakitori. Biar beda dan lebih berbumbu, aku bikin itu aja. Alhamdulillah kok Yodha suka banget. Padahal bumbunya ala-ala aku sendiri..hihi. Lha kalau mengikuti resep di buku, nggak ada semua bahannya. Aku jarang masak menu ala Jepang gini ya memang karena tidak ada bumbu-bumbunya, jadi biasanya aku sesuaikan dengan apa yang ada di dapurku.

Tapi karena lebih gurih dan ada rasanya kok Yodha malah seneng ya..di banding dengan Steak Salmon ala hotel yang biasa berbumbu minimalis..hihi. Kemaren langsung di habisi sendiri. Ah...untung Emaknya lidahnya lokal saja..lebih suka ikan Pindang di banding Salmon..hahah. Jadi yang penting buat anak-anak bagus dan bergizi, mahal sedikit tidak apa-apa. Yodha bilang, nanti masak Salmon lagi ya Mi..eh..hahah. Ya dech, tapi jangan keseringan ya Kak..mending buat beli ikan tenggiri bisa dapat 2 kg, buat 4 kali masak..! Hihi.

Oke dech yang mau coba ini dia ya resepnya teman-teman, mau mengikuti resep asli silahkan, atau ala aku silahkan ya. Selamat mencoba.

Sate Salmon

Bahan :
350 gram Salmon Fillet, potong kotak-kotak
5 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, potong -potong

Saus :
3 sendok makan Kecap Manis 
1 sendok makan Saus tiram ( ala aku )
1 sendok makan Saus Tomat
1 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya jika perlu, tapi sedikit saja, karena saus tiram sudah asin

Cara Membuat :
Campur semua bahan saus, aduk rata
Koreksi rasa hingga pas rasanya..gurih manis
Rendam potongan salmon dan daun bawang dalam saus selama 1 jam
Tusuki di tusukan sate selang seling
Panggang hingga matang di grill pan atau teflon
Panaskan sisa saus dengan sedikit air hingga mengental
Sajikan sate dengan satenya
Tips memilih salmon yang segar, seperti ini ya penampakannya teman-teman. Warna merah cantik dan nampak fresh. Jika kita pegang masih keset dagingnya. Rasanya enak nggak amis. Jika udah nggak fresh biasanya amis. Kemaren ada teman yang bilang ada juga ya tetelan salmon..hihi..baru tau aku. Tapi di mana belinya ya, di supermerket nggak ada. Kata temen enak di masak seperti pindang asam gitu. Tapi kalau tetelan ikan mungkin berlemak enak memang di masak kuah seperti sop kepala kakap..hihi.


2 comments :

  1. Mbak, tetelan ikan salmon biasanya suka ada di carrefour (Kalau di sini ya:jkt/tangerang) Murah dan bergizi (kaya omega 3) tetelan ikan salmon yg segitu banyaknya cuma 15-20rb/pak dibandingkan sama ikan salmon bisa sampe 60rb. Digoreng kering juga enak.

    ReplyDelete
  2. mba kalau dihanti tuna enak ga ya?

    ReplyDelete