Saturday, January 21, 2017

Nasi Bakar Praktis



Beberapa hari lalu suami beli nasi Bakar untuk sarapan. Yodha suka..karena Nasi bakarnya itu beda...Nasinya lembut...hampir mirip sama arem-arem...nasinya lembut gitu. Kalau biasanya aku buatin nasi bakar bersantan yang di aron dulu..terus di kukus, itu kan Nasinya mawur ( pero )...Yodha kurang suka. Kalau yang Nasi lembut ini jadi cepat makannya..hihi...karena Nasinya pulen dan lembut. Akhirnya pengen coba bikin sendiri dech.

Biar praktis..pakai rice cooker aja, masak Nasinya yang pulen, di kasih sedikit garam sekalian, lalu di bungkus daun pisang, beri isian dan di bakar langsung di teflon. Praktis banget kan. Jadi nggak perlu repot-repot mengaron dan mengukus nasinya. Tapi jika teman-teman suka versi Nasi bakar gurih bersantan yang versi kukus, aku sudah pernah share resepnya juga di SINI ya. Waktu itu aku buat isi Bandeng.

Untuk isiannya..kalau beli itu beragam, ada ikan pindang..ada jamur. Semuanya di tumis biasa, namun malah enak dan simple rasanya. Nah..kali ini aku buat yang isi jamur. Gurih dan enak. Kuncinya..jamurnya pakai jamur tiram yang masih segar ya teman-teman...jangan yang sudah layu. Kalau jamurnya sudah nggak segar dan layu..pasti langu. Kalau masih fresh..aroma dan rasanya...gurih banget. Rasa alami dari jamurnya.

Jamurnya di tumis biasa aja, pakai bumbu biasa. Namun agar tidak lembek, jangan pakai air ya. Jadi setelah di cuci bersi di air mengalir, jamur di peras. Memeras jamurnya dalam kondisi jamur masih utuh ya...belum di suwir-suwir, jadi nggak remuk. Tapi jika pakai jamur fresh, walau di peras kuat, tidak akan berubah menjadi lembek kok jamurnya. Jadi peras dalam satu genggaman tangan..perlahan tapi kuat, sehingga jamur keset, namun tidak hancur. Warna juga tidak berubah jadi kecoklatan ya. Kalau warna berubah itu artinya Jamur sudah nggak segar...atau sudah masuk lemari pendingin, misal jika kita beli di supermarket itu, jika kita peras jamurnya pasti lembek..dan aromanya langu. Jika fresh..nggak kok..jamur tetap kaku dan putih bersih warnanya.

Oke..langsung saja ya ini aku share resepnya :
Nasi bakar Jamur Praktis

Bahan :
Nasi Rice cooker biasa, masaknya di beri sedikit garam dan daun salam ya biar gurih dan harum, mau pulen atau pero..sesuai selera. Kalau Yodha suka yang lemes.

Bahan tumisan Jamur :
250 gram jamur tiram
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok teh saus tiram
1 sendok teh kaldu ayam
1/8 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya jika perlu

Bumbu Iris :
1/4 buah bawang bombay, iris panjang
4 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai merah, iris tipis ( atau cabai rawit jika mau pedas )

Cara membuat :
Tumis bumbu iris hingga matang dan harum
Masukkan jamur dan semua bumbu lain
Tidak perlu air, karena walau sudah di peras, ketika di tumis..jamur tetap mengeluarkan sedikit air
Masak hingga meresap sebentar saja di api besar agar bumbu meresap, tapi jamurnya tidak terlalu lembek..jadi masih teras kenyil-kenyil gitu

Penyelesaian :
Siapkan daun pisang, ambil Nasi secukupnya, beri isian jamur yang banyak..hihi
Bentuk seperti pepes 
Bakar di teflon hingga harum
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment