Tuesday, January 17, 2017

Semar Mendem Isi Tuna


Semar Mendem, jajanan tradisional dari Jawa. Mirip Lemper, tapi tidak di bungkus dengan daun pisang, tapi di gulung menggunakan Telur Dadar. Selain cantik bentuknya, rasanya juga tentu lebih enak..ada telurnya. Telur dadar dan Ketan...cocok kok rasanya. Jadi kita harus berbangga ya teman-teman..Indonesia kaya akan keragaman masakan dan kue-kue yang nggak pernah habis di gali dan di coba. Aku aja belum semua menu masakan Indonesia dan kue-kuenya aku coba. jadi..selalu bersemangat kalau di dapur...karena banyak hal baru yang bisa di pelajari.

Ada satu lagi jajanan yang mirip Semar Mendem ini. Biasa pakai saus luarnya. Kalau di Yogya, namanya Jadah Manten. Isinya sama..Ketan kukus berisi cincangan Daging sapi atau ayam, gurih manis rasa isiannya, di bungkus telur dadar juga. Tapi..kalau Jadah Manten, di beri saus santan kental, atau santan kanil, di oleskan di kulit luarnya, terus di bakar sebentar. Jadah Manten karena bersaus luarnya, maka penyajiannya dengan cara di jepit pakai bilah balu kecil dan tipis. Lebih cantik sich penyajiannya. Jadi..walau mirip, aromanya sedikit berbeda. 

Ah...aku jadi ingat teman kerjaku dulu di Yogya. Ibunya punya usaha, khusus hanya membuat Jadah Manten seperti itu. Isinya daging sapi cincang. Rasanya itu..hemmm...enak banget. Eh..tapi sepertinya aku pernah membuatnya yang isi Daging, dan sudah aku posting di SINI.  Di beberapa resto di Yogya, ada juga yang menjual Jadah manten. Kalau di pasar-pasar tradisional, lebih banyak Semar Mendem yang ada. Nah...biasanya Semar mendem atau Jadah Manten itu isinya kan Daging Sapi atau Ayam, nah..kali ini aku kreasikan dengan isian Tuna..yang gurih dan manis juga rasanya. Tetap enak kok..seenak isian Ayam.

Cobain yuk teman-teman..jika bosan dengan isian daging sapi atau ayam, atau buat anak-anak..pasti lebih sehat ya, jika isi ikan. Untuk isiannya, sama dengan isian Tuna untuk Sosis Solo yang aku buat kemaren, silahkan cek di SINI. Untuk ketannya, aku pakai rice cooker masaknya. Cara memasak Ketan pakai rice cooker, silahkan lihat di postinganku dulu di SINI. Jadi Semar Mendem ini jadi menu sarapan praktis, karena..masak Ketannya pakai rice Cooker, untuk isiannya juga sudah kemaren masaknya. Jika mau membuat sarapan atau bekal praktis, tinggal membuat telur dadarnya saja.

Jadi, kali ini aku mau share cara membuat dadarnya agar cantik warnannya ya. Gunakan api kecil, campur telur dengan sedikit tepung dan air, jadi dadar telur bisa halus dan tidak mengkerut ketika dingin. Ini dia resep kulitnya ya :
Dadar Telur Untuk Semar Mendem
( untuk 5 lembar dadar )

Bahan :
3 butir Telur
25 ml air
1 sendok teh tepung terigu
1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
Aduk semua bahan hingga rata, saring jika perlu agar halus
Panaskan pan anti lengket, olesi sedikit minyak ( aku pakai minyak jagung / kedelai
Buat dadar tipis-tipis hingga jadi 5 lembar
Gunakan untuk membungkus Semar Mendem
Cara membungkusnya :
Ambil selembar kulit dadar, beri ketan matang
Beri sisan secukupnya
Tutup dan bentuk pipih lonjong
Bungkus dengan kulit dadar telur
Hias dengan daun pisang di tengahnya, agar lebih cantik

No comments :

Post a Comment