Friday, January 27, 2017

Pindang Serani Khas Jepara



Akhir-akhir ini super dingin ya teman-teman..ntah di Semarang aja atau daerah lain ya. Siang hari serasa  berada di daerah pegunungan...apalagi malam hari..selimut tebal seperti bad cover pun terasa dingin..baju-baju dingin semua. Baru kali ini merasakan dingin yang sedikit menggangu...jadi Yodha batuk nggak sembuh-sembuh. Untung makan tetap lahap.

Nah...di cuaca seperti ini, menu masakan berkuah dan bergizi tentu sangat bermanfaat untuk tubuh menjaga daya tahan. Kemaren ke pasar kok nemu ikan Baronang seger-seger. Langsung dech kepikiran bikin Pindang Serani khas Jepara. Pindang Serani dari Jepara ini beda ya dengan Pindang Serani dari Betawi. Kalau dari Jepara itu bening tidak berkecap, sedang dari Betawi kecoklatan memakai kecap. Semua enak dan segar. Kalau Pindang Serani ala Betawi itu berbahan Bandeng, kalau versi Jepara ini berbahan Ikan laut.

Namun buat yang tidak suka menu berkuah berkecap, Pindang Serani dari Jepara ini cocok...segernya itu ringan. Kalau aku suka semua sich..hihi. Pindang Serani dari Jepara ini mirip seperti Sop Ikan, atau Sop kepala Ikan  yang berkuah bening...segar sekali rasanya. Rasanya gurih, sedikit manis berempah. Yodha suka. Dan Ikan Baronangnya juga enak..pas di masak seperti ini, karena dagingnya tebal..tidak mudah hancur ketika di masak kuah. Ketika matang tetap lembut tapi.

Tips agar memasak Pindang ikan laut segar dan tidak amis, pastikan ikan masih segar ya teman-teman. Cirinya ikan masih keras ketika kita pencet pakai jari, warnanya masih bening mengkilat dan tidak lembek. Aromanya juga fresh ikan laut, bukan aroma amis ya. Jika mau lebih fresh, cuci bersih ikan, lumuri dengan jeruk nipis, lalu diamkan sesaat..cuci kembali. Maka ikan tidak akan amis ketika di masak kuah. Dulu..karena dari kecil jarang makan ikan berkuah bening gini, pertama kurang suka. Tapi setelah di Semarang mencoba beberapa resto Sop Ikan yang terkenal..sekarang jadi suka dech. Apalgi jika masak sendiri..tentu lebih terjamin kualitas bahan-bahannya.

Ikan Baronangku yang segar banget..kinclong kan teman-teman..hihi. Jika tidak ada Ikan Baronang..pakai ikan Kakap laut atau ikan laut lain juga enak kok, asal fresh ya ikannya.


Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ini dia resepnya ya :
Pindang Serani Khas Jepara

Bahan :
Ikan laut apa saja 4 ekor ( aku pakai Baronang )
1000 ml air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 jahe bakar, memarkan
1/2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
2 buah tomat potong-potong
4 buah belimbing  wuluh, potong-potong
5 buah cabai rawit merah
Kemangi secukupnya
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung  bawang putih, iris tipis
2 cm kunyit bakar, geprek

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan air dan semua bumbu, kecuali kemangi
Didihkan
Masukkan Ikan 
Mask hingga meresap
Cicipi rasa
Jika sudah pas rasanya, masukkan kemangi
Segera sajikan hangat

3 comments :

  1. Klo pake filet ikan kakap bis ndak ya mbak diah didi?? Hancur ga ya ikannya?

    ReplyDelete
  2. Klo pake filet ikan kakap bis ndak ya mbak diah didi?? Hancur ga ya ikannya?

    ReplyDelete
  3. Sdh saya praktekkan mb.. Saya pke fillet ikan kakap. Ga hancur kq.. Enak, langs tnggl makan tnp harus menyisihkan durinya. Suami dan anak saya suka.. Plus dapet pujian dari suami.. Alkhamdulillah.. Bahagia rasany ketika qt membuat sesuatu untuk org yg qt sayangi dan dia menyukainya.. Thanks for sharing mb diah.. Resep2nya luar biasa.. Saya jadi seneng dan bs memasak sejak mengenal blog mb diah.. Krn saya sell penasaran dan sell ingin mencobanya.

    ReplyDelete