Wednesday, February 1, 2017

Tips Sukses Membuat Tahu Bulat Mulus & Kopong


Hari Minggu kemaren, waktu jalan-jalan pagi..kita nemu penjual Tahu Bulat yang lagi menggoreng tahu. Karena penasaran Yodha mau coba..setelah lihat Tahunya yang mengembang bulat mulus. Akhirnya coba 5 biji..dan suka banget Yodha. Padahal biasanya Yodha doyan Tahu jika di buat Tahu isi aja..hihi. Aku ikut nyicip secuil memang lumayan enak.


Aku dulu sering bikin tahu bulat tapi memang Tahu bulat biasa yang nggak kopong dalamnya. Jadilah penasaran pengen mencoba ya kopong dan mengembang. Ternyata setelah aku lihat video pabrik pembuatan Tahu Bulat yang pakai mesin di You Tube, ternyata kandungan airnya harus benar-benar di peras hingga tersisa hanya 30 persen. Setelah itu tahu di mixer dengan bumbu-bumbu, pakai mesin juga hingga halus

Aku kemaren buat, namun tidak aku mixer sich..wong cuma buat sedikit, pakai 5 buah tahu. Aku pakai tangan aja aku uleni hingga lembut. Dan ternyata, kalau yang ala prabik Tahu Bulat itu nggak pakai telur, jadi mengandalkan penegmbang saja...lalu Tahu Bulat di cetak pakai mesin pencetak juga. Wah..pantesan bentuknya bisa bulat-bulat seragam ya teman-teman..jika beli Tahu Bulat di pinggir jalan itu..ternyata mungkin memang sudah ada suppliernya, Tahu Bulat mentah yang siap goreng.

Tapi..tetep..buatan sendiri lebih terjamin kebersihan dan minyaknya ya teman-teman..juga bumbunya bisa lebih sesuai selera. Jadi kemaren waktu Yodha minta di buatin Tahu Bulat, aku buat sendiri sedikit..cukup jadi sepiring lah buat Yodha..hihi. Untuk membuat Tahu bulat ada beberapa tips yang harus di perhatikan, berikut aku tulis ya teman-teman..semoga bermanfaat ya..

Tips Sukses membuat Tahu Bulat Mulus & Kopong :

Gunakan Tahu yang berkualitas agar Tahu tidak asam rasanya. 
Peras Tahu hingga kandungan air tersisa 30 persen saja. Cara memeras Tahunya, gunakan serbet pasar yang murah itu kan pori-pori kainnya lebih lebar, jadi lebih mudah. Yang 10 ribu dapat 3 serbet tuch lho teman-teman. Namun sebelumnya di cuci dulu ya. Nggak susah kok jika pakai serbet itu memeras Tahunya. Tinggal Tahu di ulek sebentar, di masukkan ke serbet, dan di peras. Aku kemaren hingga dapat 1 gelas belimbing gitu meras airnya..hihi. Banyak ya ternyata kandungan air di Tahu..!

Setelah Tahu di peras, campur dengan bumbu. Gunakan bumbu kering semua ya. Jika mau ada aroma bawang, gunakan bawang bubuk, jadi rasa lebih soft dan mudah tercampur ke adonan. Jika pakai bawang putih segar juga bisa, tapi jangan terlalu banyak, agar tidak terlalu tajam nanti aroma bawangnya. Jika tidak suka bisa di ganti garam saja atau kaldu bubuk agar gurih. Aku pakai semua agar balance rasa gurihnya. Jika perlu adonan di mixer sebentar hingga lembut, tapi bisa juga di uleni saja hingga lembut.

Gunakan Baking Powder yang Double Acting agar pemakaian pengembang bisa sedikit saja. Baking Powder Double Acting ini lebih efektif untuk membuat Tahu Bulat mengembang ketika di goreng, jadi tidak perlu  banyak pemakaiannya. Contoh merk Baking Powder Double Acting itu misalnya Hercules. Bisa di beli di toko bahan kue ya. Pemakaian pengembang Baking powder ini wajib ya...karena adonan tidak pakai Telur. Kalau pakai Telur bisa juga mengembang, namun akan mudah kisut kembali ketika dingin dan amis aroma telurnya.

Setelah Tahu yang sudah di peras di campur bumbu dan baking powder, selanjutnya di bentuk bulat-bulat. Jika mau seragam bulatannya..bisa di timbang pakai timbangan digital adonannya. Jadi bisa cantik seragam. Kalau aku kemaren kok asal bulat-bulat saja..jadi ada yang besar, ada yang kecil..hihi. Selanjutnya, simpan dulu bulatan Tahu di kulkas hingga dingin, agar ketika masuk ke penggorengan nanti nggak langsung berkulit luarnya. Kalau langsung berkulit itu nanti tidak akan mengembang Tahunya, karena sudah terkunci kulit luarnya.

Waktu menggoreng Tahu bulat juga minyak jangan terlalu panas ya, agar mengembangnya perlahan-lahan. Adonan Tahu Bulat yang sukses itu bisa mengembang, jadi dua kali lipat ukuran bulatan mentahnya ya teman-teman. Jadi jika di goreng di minyak terlalu panas, keburu kering kulit luarnya dan nggak bisa mengembang lagi. Goreng di minyak agak banyak agar bisa terendam, aduk-aduk terus agar matang merata, dan tidak kisut lagi ketika kita diamkan tanpa di aduk di wajan. Perhatikan foto yang di wajan itu tetap stabil mengapung dan tidak kembali kisut, itu tandanya Tahu Bulatnya sudah kering dan kopong dalemnya ya teman-teman..jadi bisa di angkat.

Jika kita goreng perlahan dengan api kecil, hasil Tahu Bulatnya juga lebih cantik warnanya..tidak gosong. Lama proses menggorengnya sekitar 10 - 15 menit ya. Memang lama, dan butuh kesabaran waktu menggoreng Tahu Bulat ini.. namun percayalah..nanti capeknya terbayar kok jika melihat Tahu bulat yang mulus mulai mengapung dan tidak kisut lagi. Ajaib..kata Yodha..hihi. Dan..jikaaa mau sekalian gorengnya seperti di Abang pinggir jalan, pakai saja wajan agar besar..hihi. Karena di jamin, sekali goreng pasti langsung habis.

Untuk bumbu Tahu bulatnya, sesuaikan selera saja ya. kalau aku..kemaren buat 5 buah tahu, setelah aku peras, jadi 290 gram beratnya, tambah 1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( aku pakai Alsultan yang alami ), 1/4 sendok teh bawang putih bubuk dan sedikit gula pasir serta garam jika perlu. Cicipi dulu rasanya hingga pas rasanya sebelum di bentuk bulat-bulat ya. Yodha malah punya ide, minta Tahu bulat isi sayuran kapan-kapan..hihi. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya.

Seperti ini ya..Tahu Bulat yang sudah mengembang dan Kopong, walau di diamkan di wajan tanpa di aduk-aduk..tetap mulus dan tidak kisut kembali. Jika kita berhenti mengaduk Tahu Bulat waktu menggoreng, amati ya..jika Tahunya kembali kisut, berarti belum kopong dalamnya..jadi harap bersabar lagi untuk mengaduk-aduk Tahu Bulatnya lagi ya..hihi. Semangat...!


8 comments :

  1. Duhh ngiler liat tahu bulatnya mbak.. 😁

    ReplyDelete
  2. Dear bunda didi...kemaren saya coba bikin tahu bulat tipsnya ikutin dari bunda, saya juga pakai BP double acting, awal gorengnya juga dalam minyak yang tidak terlalu panas, tapi kenapa ya tidak mau mengembang, apa kwalitas tahu juga mempengaruhi ya bun? soalnya kemaren tahunya kwalitasnya jelek memang :(
    mohon pencerahanya bun..

    thanks
    by marita

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa nih mba, ini aku bikin juga gagal, padahal puda pake hercules dan aku peres, padahal tahunya bagus... ato ada yg salah ya tehnik nya ? mohon pencerahan nya ya bunda didi yg baik..

      Delete
  3. bikin tahu bulat nya kenapa tidak paikai telur ya bun ? sebelum baca blog ini aku coba bikin pakai telur tapi tidak megembang... apa karna tahu nya tidak di peras terlebih dahulu yaaa ? mohon dijawab ya bun

    ReplyDelete
  4. Mbak diah... skr klo tanya d bloknya g pernah d bales ya...
    Beda klo liat tulisan bloknya di bawah tahun 2014. Komennya sahut sahutan sama mbk diah. Skr mungkin sibuk ya. Tp knp ada resep baru ya setelah resep ini. Tp komen atau pertanyaannya g da yg d jawab ya.. hmmm

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya udah lama pengen tahu bulat. Cuma di daerah saya ga pernah keliatan ada yang jual, pengen buat sendiri tapi ga jadi-jadi. Berhubung mama saya beberapa minggu lalu nemu tahu bulat akhirnya kesampaian makannya walau cuma dapet dikit. Tapi rasanya tetep penasaran pengen buat sendiri, kebetulan nemu tips biar kopong di blognya mbak. Udah lama denger sebenarnya blog mba ini, tapi saya ketagihan masak baru setahun terakhir ini, jadi blognya mbak dijadiin referensi terus nih kalau lagi pengen nyobain resep baru.

    Tadi malem karena ingin menuntaskan rasa penasaran saya pun nyobain bikin pake sebiji tahu, padahal ada 5 di kulkas. Tapi tetep dibuat juga walau cuma dapet tiga biji tahu bulat. Hihihi. Hasilnya karena ngikutin resep mba sukses deh. Terutama bagian meres tahu, pakai BP, sama goreng di minyak berapi kecil diwaktu yang agak lama. Yaa walaupun BPnya makai yang biasa karena adanya itu di dapur, tapi tetep lumayan ngembang dia. Dan habis diangkat tetep cantik.

    Rencananya jadi pengen bikin lagi pakai tahu yang masih ada 4 biji, sekalian diisi pakai sosis. Biar makin rame, hehehe.

    Thankyou ya resepnya mba Didi :D

    ReplyDelete
  6. Tahu Bulat yang dijual jual itu koq bisa ualoot banget kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Belum tahu rasanya gimana sepertinya akan lebih enak jika tahu di olah seperti ini

    ReplyDelete