Wednesday, January 11, 2017

Dim Sum Kuah



Menu sehat lagi ya teman-teman. Tapi nanti aku selang seling juga menu harian biasa kok untuk Yodha dan Papinya. Kali ini karena Yodha request pangsit goreng, adonan aku buat sekalian untuk menu rebusan ini. Jadi sekalian masaknya. Kalau untuk Yodha ya tetap akan milih Pangsit goreng, karena dia suka kriuk-kriuk pangsitnya..hihi.

Jadi adonan ini adonan Dim Sum ya..bukan bakso..atau cocok juga untuk isian Dumpling yang di kukus tuch teman-teman. Tadi niat awal bikin Dumpling Ayam & Udang. Tapi, aku bikin kulitnya terlalu elastis, haha. Terlalu semangat nguleni adonan, jadi malah terlalu lentur, susah banget di tipiskan dan di potong bulat. Akhirnya nggak jadi dech aku bentuk bulat-bulat saja dan aku isikan ke Tahu sebagian. Padahal udah enak lho kulitnya. Itu aku maksa bikin dua biji, aku bentuk  pastel aja, itupun nggak bisa tipis, karena adonan elastis banget, susah di gilas.

Baiklah, besok bikin lagi. Yang penting udah tahu triknya..justru jangan terlalu kalis agar adonan bisa di tipiskan. Sebenernya pakai kulit pangsit kuah juga bisa sich..cuma pengen tahu saja, cara membuat kulit Dumpling sendiri. Ternyata mudah saja..walau salah tehnik aku..hihi. Besok tak cobanya lagi...jika ingin makan Dumpling kukus. 

Untuk membuat Dumpling atau Dim Sum yang enak itu kuncinya, jangan di haluskan terlalu halus pakai alat food processor atau blender ya dagingnya. Cincang manual dengan pisau hingga agar halus, namun masih ad atekturenya. jadi nanti rasanya itu masih juicy enak tekture daging dan udangnya. Kalau halus banget..jadinya bukan Dim Sum..tapi bakso..hihi. Kalau mau yang adonan halus dan lebih banyak tepungnya..di SINI resepnya.

Oke..ini dia resepnya ya..hasil utak atik aku sendiri, karena bumbu-bumbu aku sesuaikan selera lokalku..hihi..semoga sesuai selera teman-teman ya !
Dim Sum Kuah

Bahan :
150 gram daging ayam cincang halus
100 gram udang cincang halus
1/2 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar )
1 sendok makan kucai iris ( atau daun bawang )
1/2 sendok teh saus tiram
1/4 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh  merica bubuk
1/4 sendok teh minyak wijen
2 sendok makan tepung sagu / tapioka / tepung bakso
Tahu sutra putih, Kulit pangsit secukupnya

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali kulit pangsit
Aduk rata
Didihkan air
Cicipi dulu, goreng sedikit adonan dengan merebusnya
Jika sudah pas, isikan sebagian ke tahu, sebagian ke kulit pangsit khusus kuah, sebagian di buat bulatan saja
Masukkan ke air mendidih
Segera angkat setelah mengapung agar rasanya tetap juicy dan gurih, jangan terlalu lama merebus ya, apalagi yang bentuk bulatan tanpa di bungkus pangsit
Sajikan dengan kuah bening

Cara Membuat  Kuah Bening :
1000 ml kaldu bening dari Ayam Kampung atau Ayam Pejantan
3 siung bawang putih, goreng, haluskan
1 batang sledri, ikat
Garam, gula, merica secukupnya
Didihkan semua bahan, koreksi hingga gurihnya pas sesuai selera

Sajikan Dim Sum dengan kuah, sambal, kecap manis, dan taburan daun bawang serta bawang goreng jika suka.

Note : Jika suka, adonan sebagian bisa di goreng juga. Di masukkan ke kulit pangsit goreng atau Tahu.
Tips membuat kaldu bening, silahkan cek postinganku di SINI ya
Selamat mencoba

3 comments :

  1. Terimakasih resepnya bunda, sepertinya terlihat enak sekali inshaa Allah saya akan buatkan untuk keluarga saya, kalau mau dimsum biasanya saya beli saja tapi sekarang saya mau coba buat anak dan suami saya.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas tips dan resep yang diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat

    ReplyDelete