Tuesday, January 3, 2017

Onde-Onde Gepeng Panggang Isi Pisang


Onde-Onde, tak harus bulat kan..hihi. Ini aku buat Onde-onde Gepeng, karena pengen mencoba aku panggang Onde-Ondenya. Jadi otomatis kan harus gepeng agar lebih mudah matang. Dan uji coba berhasil lho teman-teman. Bisa matang juga Onde-Ondenya tanpa minyak sedikitpun. Sipp dech..jadi misi berhasil..membuat cemilan sehat tanpa minyak. Walau Yodha belum mau makan Onde-Onde..hihi.Baik di goreng atau di panggang aku belum berhasil membujuk Yodha untuk mau makan Onde-Onde, apalagi isi Pisang...hahah. Nggak tau kenapa Yodha kurang suka pisang. Apa mungkin udah bosan, karena dari bayi kebanyakan aku kasih makan Pisang..Lol !

Tapi resep ini bisa juga di goreng biasa pakai minyak kok teman-teman jika tetap menginginkam Onde-Onde bentuk bulat yang cantik dan garing ya. Jika di panggang ini, paling enak di nikmati ketika masih panas, jadi kuit luarnya ada sensasi kriuk juga, dan dalamnya lembut. Agar adonan bisa lembut dan nggak alot, aku tambah kentang seperti biasa. Bisa pakai kentang kukus, atau tepung kentang flakes yang tinggal seduh ya, di timbang 50 gram, sesuai resep setelah di seduh. Jadi lebih mudah dan praktis nggak perlu mengukus, mengupas kentang, jika butuh sedikit saja untuk campuran kue begini.Yang belum tahu tentang Tepung kentang Flakes, silahkan baca ulasanku di SINI ya.

Karena lagi males buat isian kumbu kacang hijau yang agak lama prosesnya, dan tentu saja harus pakai gula banyak juga isiannya kan, maka aku buat isinya lebih sehat aja. Aku isi Pisang saja. Pakai Pisang Raja yang ranum dan legit, jadinya tetap enak kok teman-teman. Pisang dan ketan klop juga bisa berkolaborasi membentuk rasa yang enak. Tapi jika mau pakai isian kumbu kacang hijau biasa juga bisa kok, atau isian lain sesuai selera. Untuk isian Kumbu kacang hijau, bisa di buat seperti isian Bakpia itu lho teman-teman. Resep juga udah ada di webku, silahkan cek di SINI ya.

Kalau mau membayangkan rasanya seperti Ledre Pisang tapi lebih  lembut ya teman-teman, karena kalau Ledre Pisang kan pakai ketan yang di kukus campur kelapa, di pipihkan di wajan, lalu di isi pisang raja juga. Pokoknya enak dech..dan yang pasti lebih sehat ya teman-teman. Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman..jika mau coba...silahkan.
Onde-Onde Gepeng Panggang Isi Pisang

Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan ( atau pakai sedikit Tepung Kentang Flakes jika mau lebih praktis dan cepat, seduh air panas, timbah 50 gram )
50 gram gula pasir halus
½ sdk teh garam
175 ml air hangat
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi :
Pisang raja secukupnya, potong-potong sesuai selera
Pilih pisang yang matang ranum dan manis agar rasanya legit yaa

Cara membuat :
Campur tepung ketan, kentang, gula pasir, dan garam, aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit, sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Gulingkan di wijen. Pipihkan
Panggang di pan hingga matang

* Next uji coba, kapan-kapan aku mau goreng pakai Air Fryer :D




8 comments :

  1. Nah lhoooo.. onde2nya bagi saya terlihat sebagai kue cucur mbak (cuma dikasih wijen) hihihi.. coba ah habis ini. Makasih mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...kalau kue cucur kan berserat mba :D

      Delete
  2. Ide cemerlang, mbak! Saya suka onde2 tapi membatasi goreng2.... Mau coba ah!
    Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp mba..nanti aku sering share juga menu2 dengan tanpa atau minyak sedikit ya :)

      Delete
  3. mba diaaah... suka..suka..suka... thanx ya mba

    ReplyDelete
  4. Mau gepeng atau bolat enak kalu onde2 sih.. Mbak didi makasih resepnya

    ReplyDelete