Google Ad

Tuesday, January 17, 2017

Sosis Solo Tuna


Beberapa waktu lalu suamiku bawa Sosis Solo Isi Tuna, buatan temannya. Lumayan rasanya...jadi aku ingin membuat sendiri, agar lebih sesuai selera isiannya. Kebetulan kemaren ke pasar, aku nemu Tuna seger yang besar dan bagus, satu ekor 1 kg. Wah..langsung beli dech. Nggak perlu nunggu atau menginap di kulkas, segera di olah jika ikan. aku jarang menyimpan ikan terlalu lama di freezer, aku lebih suka memasak langsung setelah beli..rasanya lebih enak.

Tuna, langsung aku kukus..aku suwir-suwir...1 kg jadinya banyak..hihi. Nggak rugi sebenernya beli Tuna, harganya nggak terlalu mahal, dagingnya banyak. Dan jika Tuna seger, itu rasanya manis kok teman-teman. Jadi..walau ada yang bilang Tuna kadang gatel, aku kok sering makan Tuna, tapi alhamdulillah belum pernh ketemu yang bikin gatal. Kalau Tongkol..iya..jika kurang segar, bukan hanya gatal, tapi bisa beracun. jadi ingat dulu jaman awal nikah, suami minta di masakin Tongkol..keracunan ringan..hihi..gara-gara beli di pasar salah pilih Tongkol. Sejak itu aku nggak pernah lagi masak Tongkol..hihi.

Kalau Tuna ini dagingnya putih jika sudah di kukus, keset dan jika kita cicipi, tanpa bumbu aja enak, manis rasanya. Kemaren rencana aku buat Sosis Solo kukus. Tapi kok membayangkan lebih enak yang kulitnya luar garing kriuk. Akhirnya aku coba pakai Air fryer aku untuk menggorengnya. Yeay..berhasil..menggoreng Sosis Solo tanpa minyak sama sekali. Hasilnya bisa kering luarnya, namun rasanya tetap enak lembut..jadi mirip sam ayang di goreng. Walau kalau penampakan, tentu lebih cantik jika di goreng minyak ya...tapi buatku nggak masalah..yang penting enak..menikmati gorengan tanpa menyesalinya..hihi..karena tanpa minyak sama sekali. 

Memang musim dingin gini jika aku terlalu banyak makan yang berminyak, mudah masuk angin, punggung kaku, aliran darah kurang lancar kan masalahnya..sejak pakai Air Fryer, jadi lebih tahan masuk angin hihi. Itu aja sich..kalau langsing ya pelan-pelan kali ya efeknya..masalahnya tetap ngemil Sosis Solo yang enak seperti ini..piye jal...! Lol...

Baiklah..kalau aku yang penting bisa masak enak..tapi sedikit lebih sehat, alhamdulillah. Dan yang penting suami dan anak  suka. Tuna gurih seperti ini, Yodha sukanya untuk isian Kimbap. Biasanya nggak mau makan Ketan, tapi kalau aku isi Tuna, dan di bentuk cantik ala Kimbab, jadi mau dia. Untuk mengolah Tuna agar rasanya seenak daging Ayam, kita harus berani bumbu ya teman-teman...pemakaian gula juga agak banyak, agar balance rasa gurih dari garam dan gulanya. Tapi sesuaikan selera ya..untuk bumbu-bumbunya.

Oke, langsung saja ya, ini dia resepnya :
Sosis Solo Tuna

Bahan isi :
1 kg Tuna, kukus dengan 2 lembar daun salam agar harum dan tidak amis.Jika sudah matang suwir-suwir, sisihkan
4 lembar daun jeruk
500 ml santan atau air biasa 
4 sendok makan gula pasir ( bisa separuh gula merah, separuhnya gula pasir, jika mau warna isian Tuna agak kecoklatan )
Garam sesuai selera

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
4 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan air
Masukkan Tuna Suwir
Masukkan garam dan gula
Masak sambil di aduk hingga air habis
Cicipi rasa sebelum di gongseng terus hingga agak keset, tapi masih lembab rasa ikannya

Note :
Karena 1 kg hasilnya banyak, agar lebih awet aku gongseng hingga keset kering tapi bukan seperti abon ya..jadi tekture ikannya masih terasa lembab dan empuk.
Sisa isian bisa di simpan untuk isian Semar Mendem, Pastel, Roti Goreng, dll.
Untuk resep kulitnya, masih sama dengan kulit Sosis Solo yang isi ayam yang sudah pernah aku posting di SINI

Aku share lagi ya resep kulit Sosis Solonya teman-teman.

Bahan Kulit :
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam
Aduk  semua bahan, saring hingga halus
Buat dadar tipis-tipis

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, beri isian secukupnya, lipat bentuk lonjong panjang seperti Lumpia, tapi lebih kecil
Bisa di goreng  biasa dengan minyak, di celup kocokan telur atau jika mau lebih sehat bisa di goreng pakai Air Fryer atau di panggang di Teflon, rasanya tetap enak kok...karena kulitnya lembut.


1 comment :

  1. Bun, ngbentuk sosis solo, risol, chicken wrap, pastel pas kulitnya masih anget2 atau udah dingin ya?

    Btw, resep bunda enak2 dan ga ribet, jadi pengen bikin semua resepnya, hihihi.. Makasiih..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel