Friday, January 13, 2017

Bunga Bawang


Di Semarang lagi musim Bunga Bawang...jadi aku sering masak ini jika lagi musim. Bunga Bawang itu seperti foto di atas itu bentuknya ya teman-teman. Nama lainya kalau di Jawa ya Kembang Bawang, Kembang itu dalam bahasa jawa artinya Bunga. Kalau di daerah lain, nama lainnya Putut gitu ya kalau nggak salah..dari info teman-teman sich. Aku kenal Bunga Bawang ini ya sejak tinggal di Semarang. Jadi baru tau rasanya ya akhir-akhir ini saja. Di Yogya, dulu jarang melihat sayuran ini. Kalau nama lainnya yang lebih keren aku lihat di Wikipedia ini nich : Garlic chives, Oriental garlic, Asian chives, Chinese chives, Chinese leek.

Setelah tau rasanya, aku jadi ketagihan. Suka sekali, rasanya aromatik khas...kres-kres lebih tahan nggak mudah layu ketika di tumis. Bunga Bawang biasanya di masak Tumis dengan udang, daging, Tahu, dll..semua enak. Atau bisa di masak sayur santan seperti lodeh, bisa pakai Tahu, Tempe, buat campuran mangut dan masih banyak lagi. Aku sudah mencoba aneka resep berbahan Bunga Bawang ini..suka sekali. Semua enak.

Cara memilih Bunga Bawang yang enak, pilih yang masih fresh...warna hijau tua segar dan bunganya masih kuncup..ya persis seperti di fotoku itu ya teman-teman..itu segar sekali Bunga Bawangnya aku beli di pasar tadi. Jika sudah mekar bunganya, cantik sich buat hiasan dapur..hihi..tapi akan sedikit alot rasanya ketika di masak...tidak serenyah yang masih muda dan  bunganya masih kuncup.

Tapi yang paling cepat masaknya memang di tumis. Tidak perlu waktu lama untuk menumisnya...sudah menjadi hidangan sehat dan enak. Nah..waktu aku share foto menu Oseng Bunga Bawang kemaren, ada teman di instagram yang bilang bahwa Bunga Bawang ini enak juga di buat Bothok. Jadilah aku penasaran sekali..karena aku penggemar Bothok. Bothok apa aja suka, asal bukan Bothok Telur asin..hihi. 

Nah..Bothok kali ini sama seperti Bothok Kelapa dan Petai cina biasa, pakai Teri juga, namun yang spesial itu karena memakai campuran Bunga Bawang. Setelah aku coba, memang sedep rasanya. Enak..apalagi jika kita buat pedas rasanya..hemm....pakai Nasi Anget saja sudah enak banget. Untungnya makannya pakai Nasi merah..jadi nggak kalap nambah Nasi..hihi. Kalau Nasi merah kan cepat sekali kenyang..jadi cocok nich buat membatasi asupan Nasi..buat yang lagi diet...hihi.

Oke dech aku share resep Bothok Bunga Bawang ini ya , selamat mencoba jika suka :)
Bothok Bunga Bawang

Bahan :
200 gram kelapa yang muda, tapi sudah  bisa di parut..bilang aja kelapa untuk Bothok jika beli di pasar, penjualnya pasti tahu
50 gram Teri tawar kecil, rendam air panas, cuci bersih
6 lonjor bunga bawang, iris halus
2 buah cabai merah , iris serong
50 gram petai Cina
1/2 sendok teh garam
1 - 2 sendok teh gula , bisa merah atau pasir, sesuaikan selera
1/2 sendok teh kalsu sapi dan garam sesuai selera
1 lembar daun salam, sobek kasar

Haluskan :
5 buah cabai rawit
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur

Cara membuat :
Campur semua bahan
Cicipi hingga rasanya pas, gurih dan sedikit manis
Ambil daun pisang, beri adonan Bothok secukupnya
Bentuk Tum
Kukus hingga matang
Sajikan dengan Nasi putih hangat

4 comments :

  1. Saya sukaa banget bunga bawang mba. Tahu nya waktu kkn dan yaa ini masakan murah meriah favorit sy disamping sayur asam :D :D

    Salam kenal mbaa :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. saya suka beli bothok di emak2 pedagang nasi pecel, tapi kayaknya gk pake bunga bawang
    kalo ada waktu pengen nyoba buat bothok bunga bawang sendiri ah..~~

    ReplyDelete
  4. Kayaknya wajib di coba, karena penggemar bothok juga. Saya kalau ke tempat mertua saya di pati. Sering dibuatin sama mertua bothok ikan bandeng, bothok udang, bothok daging kebo, bothok udang. Kalau favorit saya bothok ikan bandeng dan bothok daging kebo. Kebetulan saya juga orang semarang.

    ReplyDelete