Monday, January 23, 2017

Tips Membuat Pancake Lembut dan Fluffy


Pancake...salah satu menu klasik khas luar negeri yang sudah menjadi salah satu menu yang biasa kita sajikan juga untuk sarapan ya teman-teman. Kalau Yodha suka Pancake biasa di hari weekend, karena dia bisa ikut membuat sendiri...bisa sarapan agak siangan..dan pancake ini jadi menu sarapan pas di hari sabtu atau Minggu..kata Yodha. Memang pancake enak di makan ketika masih hangat, jadi jika weekend mau makan Pancake..Yodha nungguin waktu aku bikin pancake atau kadang dia mau juga bikin sendiri..jadi langsung ketika mateng satu..di makan...kedua..ketiga..hihi. Jadi selalu dalam kondisi hangat pancakenya.

Pancake adalah salah satu jenis kudapan yang mudah sekali membuatnya. tanpa perlu mixer atau peralatan ribet. Cukup pakai pengaduk adonan manual, sudah bisa kita membuat Pancake yang enak. Pancake yang enak itu..kalau versi aku dan Yodha yang fluffy..lembut dan tetap empuk..walau sudah dingin. Karena ada juga jenis Pancake yang *berat..adonannya...ketika dingin jadi keras...dan terasa sangat mengenyangkan..hihi. Kalau Pancake yang aku buat ini rasany ringan Fluffy..jadi Yodha bisa makan 3 biji juga nggak terasa..karena lembutnya.

Kunci utama membuat Pancake yang lembut dan fluffy adalah pemakaian Buttermilk. Buttermilk itu sejenis cream susu, biasa di jual di supermarket ya dari luar ya. Namun jarang memang di jual di supermarket kita yang biasa. Maka untuk menggantikannya,..kita bisa membuat Buttermilk sendiri dengan bahan yang mudah dan murah kok. Bahan utamanya..cukup Susu tawar cair..misal susu kotak yang beredar di pasaran, warna putih itu lho teman-teman, seperti susu Ultra, Indomilk, dll. Selanjutnya, tinggal kita campur dengan air jeruk Nipis atau Lemon. Aku sudah pernah mencoba keduanya...yang lebih efektif itu jeruk Lemon. Jadi satu pack kecil Susu cair itu kira-kira 250 ml sepertinya, itu kita tuang di wadah, lalu kita beri sekitar 2 sendok makan air jeruk lemon, aduk rata.

Selanjutnya Buttermilk buatan kita tadi, kita diamkan kira-kira 15 menit...maka akan menggumpal nanti seperti cream susu. Nah..Buttermilk, siap di gunakan untuk membuat Pancake atau kue lain. Buttermilk ini juga enak untuk campuran cake lho, seperti Butter Cake..akan lebih lembut cakenya. Untuk campuran Pancake, selain membuat Pancake jadi lembut dan fluffy, juga akan membuat aroma Pancake lebih harum khas ada semriwing aroma Lemon..tapi nggak terasa kecut lho..fresh gitu aroma pancakenya ketika kita makan, baru terasa aroma Lemonnya di lidah. Jadi lebih enak Pancakenya, karena bebas dari aroma baking powder dan baking soda, atau aroma telur. 

Pokoknya..kalau bikin Pancake, aku selalu pakai Buttermilk buatan ini. Tips lain membuat Pancake agar lebih lembut dan fluffy, tidak keras atau bantat..adalah tehnik mengaduknya. Waktu mengaduk bahan kering dengan bahan basah, aduk rata sekedar tercampur, jangan di aduk terlalu kuat. Nggak masalah jika adonan masih nampak seperti kurang rata..yang penting adonan kering sudah bercampur dengan adonan basah...nanti jika di panggang aka menyatu semuanya. Jika di aduk terlalu kuat, adonan Pancake nanti tidak bisa mengembang dan juga malah jadi keras.

Oke..semoga bermanfaat ya tipsnya teman-teman. Untuk resep Pancake yang memakai Buttermilk ini, sudah pernah aku share sich, tapi baiklah aku tulis ulang saja ya. Selamat mencoba dan selamat beraktifitas.

DD
Buttermilk Pancake

Bahan :
2 cup tepung terigu serbaguna ( 220 gram )
2 sendok teh baking powder
1 sendok teh baking soda
½ sendok teh garam
3 sendok makan gula pasir
2 telur, kocok  lepas
300 ml cup butter milk ( kalau tidak ada buttermilk bisa diganti dengan buttermilk buatan sendiri, dari susu di tambah 2 sendok makan perasan air jeruk nipis, diamkan sampai menggumpal susunya.)
4 sendok makan unsalted butter di  lelehkan atau minyak goreng

Cara :
Campur tepung, baking powder, baking soda, garam dan gula di mangkuk. 
Aduk rata semua bahan cair : telur, buttermilk, dan butter / minyak. 
Tuang ke adonan kering
Aduk pakai wisk sampai asal rata saja..
Panaskan pan anti lengket , olesi sedikit mentega , tuang adonan pancake , biarkan berlubang-lubang sekitar dua menit.  
Balikkan, panggang sampai kira-kira 1 menit dan warna kuning kecoklatan. Sajikan hangat dengan madu, selai, susu kental manis atau coklat leleh .

8 comments :

  1. Bunda.. Itu susu dan air jeruk nya perlu diaduk /cukup dikecrut (halah bahasaku..) aja yaa?makasih

    ReplyDelete
  2. Bunda.. Itu susu dan air jeruk nya perlu diaduk /cukup dikecrut (halah bahasaku..) aja yaa?makasih

    ReplyDelete
  3. Mba Diah....ukuran 2 cup terigu itu berapa gram? Trus unsalted butter diganti margarin bisa gak? Suwun sanget yo mba....(Shiny - BPN)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 220 an mba...bisa tapi margarin udah asin, jd jgn pakai garam lagi ya :)

      Delete
  4. Makasih banget tips membuat buttermilk nya mbak. Dari kemaren nemu resep yg pake buttermilk, bingung belinya dimana. Tengkyu ya...-Any-Jogja-

    ReplyDelete
  5. Mba buttermilk nya bs d ganti dg yoghurt merk biokul yg plain ngga?trus ukurannya seberapa klo pake yoghurt?trimakasih

    ReplyDelete
  6. Mba Diah buttermilk yg dipake tu gumpalan yg d atasnya saja apa semua susunya?

    ReplyDelete