Sunday, January 15, 2017

Chicken & Mushroom Wrap


Menu sehat lagi ya teman-teman. Menu ini terisnpirasi dari acara  Taste of Vietnam Chef Martin Yan di AFC. Aslinya adalah snack jajanan khas Vietnam Bunch Cuon. Aslinya kulitnya tipis, di kukus. Tapi oleh chef Martin Yan..kulitnya di dadar biasa, jadinya lebih mirip Lumpia basah kalau di Indonesia ya teman-teman. Kalau isiannya..Ayam cincang, jamur kuping, wortel, di tumis dengan bumbu bawang putih, bawang merah, merica hitam, saus tiram.  Aku suka bahan isiannya...enak gurih..aku tambahin sedikit gula pasir..jadi sesuai lidah Indonesiaku..hihi...ada sedikit manis selain gurih.

Untuk kulitnya, aku ikut resep asli dari chef Martin Yan, namun menurutku agak terlalu tebal..jadi kalau orang jawa bilang mblengeri ( mengenyangkan banget ) kulitnya, jadi aku ubah sedikit kompisis tepungnya, aku pakai separonya saja. Telur dan air sama. Aslinya jajanan ini tipis kulitnya soalnya dan hampir transparan ketika di kukus. Nama lainnya Steamed Rice rolls. Makanya harus pakai tepung beras, tapioka dan terigu.

Setelah aku kurangi kompisisi tepungnya..jadi pas menurutku. Tidak terlalu tebal dan lenturnya pas. Suka dech. Tapi aku menggulungnya kok terlalu rapi,,.jadinya mirip Lumpia Basah Indonesia..hahah. Kalau aslinya menggulungnya malah tidak terlalu rapi. Oke..lain kali aku coba lagi dech yang versi kukus, agar lebih otentik ala Vietnam. Senang kalau meliat acara Chef Martin Yan..menu Asianya simple..mudah di ikuti dan rasanya masih *Emplokable ( bisa di makan ) lah ya..sam alidah Jowoku..hihi. 

Suka juga sich lihat chef-chef hebat seperti Jamie Oliver, Gordon Ramsay, dll..cuma seneng aja lihat cara memasak dan makanannya..tapi kalau aku coba di rumah belum tentu cocok rasanya di lidahku..jadinya yang paling suka aku ikutin palingan yang Martin Yan, Judy Joo..atau yang easy Chinese siapa itu Chefnya yang mba-mba cantik. Pokoknya nambah ilmu dari mana saja, jika sesuai ala dapurku, nanti aku share di sini ya teman-teman.

Selamat mencoba ya jika sesuai selera teman-teman...ini dia resepnya, kulitnya aku modifikasi ya tapi..nggak sesuai aslinya.
Chicken & Mushroom Wrap

Bahan kulit versi aku :
60 gram tepung terigu sedang
60 gram tepung tapioka
60 gram tepung beras
1 butir telur
240 ml air

Blender atau campur semua bahan dan aduk hingga halus
Buat dadar tipis-tipis

Untuk bahan Isiannya :
200 gram Ayam cincang
50 gram jamur kuping, rebus dan iris halus
1 buah wortel, serut halus
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih. haluskan
4 butir bawang merah. haluskan 
1/4 sendok teh merica hitam atau putih biasa
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan saus tiram
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay hingga harum,
Masukkan Ayam, jamur, wortel, aduk hingga ayam berubah warna dan wortel layu
Masukkan air sekitar 100 ml dan semua bumbu
Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap, dan air habis
Cicipi rasanya hingga pas

Cara Penyajian :
Ambil selembar kulit
Beri isian secukupnya, gulung
Sajikan
Tips agar kulitnya sedikit berlubang cantik, panaskan dulu pan anti lengketnya ya teman-teman, buat dadar setipis mungkin. Atau jika punya crepes maker, bisa di pakai juga itu. Jangan terlalu kering memanggang kulitnya, agar warnanya tetap putih cantik dan lentur ketika di gulung ya.


1 comment :

  1. Ching ya mak... Yg dr china.. Tapi aq juga masi suka mantengin anna olson hihi.. Suka perbakingan..

    -ayu

    ReplyDelete