Monday, January 9, 2017

Tekwan..Resep Baru



Tekwan, mungkin memang tak sepopuler Empek-Empek ya teman-teman jika di luar Palembang. Menu ini biasa di jual di gerai atau resto Empek-Empek khas Palembang ini. Kalau aku sering makan Tekwan di Empek-Empek Ny. Kamto. Suka aja seger kuahnya. Cuma kadang aku campur sama kuah cuko..hahah. Karena aku penasaran bikin sendiri Tekwan yang segar..aku jadi suka bereksperimen dengan berbagai resep dan belajar dari sana sini. Terakhir aku bandingkan beberapa video cara membuat Tekwan, dan aku kombinasikan sendiri sesuai seleraku. Alhamdulillah udah enak ini..dan mirip sama Tekwan di Ny. Kamto..dan aku lebih suka Bakso Ikan nya versi yang aku buat ini...nggak amis.

Jadi Tekwan itu ada Bakso ikannya. Terbuat dari Ikan Tenggiri. Agar tidak amis, pilih ikan tenggiri yang segar. Masih keras badannya ketika di sentuh. Juga haluskan Tenggiri hingga benar-benar halus dan menyatu dengan bumbu-bumbu sehingga jadi adonan yang lembut, sehingga tidak tercium aroma amis ikan, namun gurih dari Ikan Tenggiri yang muncul. Cara mudah sich dengan Food Processor, namun jika tidak ada, bisa memakai mixer, atau bisa pakai tangan di uleni hingga lembut pasta ikannya, baru di campur dengan tepung tapioka, atau sagu. Kalau aku sich pakai Tepung bakso..produk jualanku..hihi. Kenyalnya itu pas untuk bakso. Di rumah yang ready selalu itu.

Untuk Kuahnya memakai kaldu udang. Pilih udang yang masih segar juga agak kuah tidak terasa amis. Selain itu bumbu utama adalah bunga Sedap Malam. Itu bisa di beli di pasar atau di supermarket ada. Agar lebih sedap, bisa di tambahkan sedikit kecap ketika menyantapnya, dan jangan lupa sambal rawitnya ya...hemm...seger banget. Cobain yuk teman - teman..ini dia resepnya ya. Untuk Yodha, adonan sama aku buat Bakso Goreng, karena dia lebih suka Bakso Ikan di goreng. Kalau rebus kurang suka. Bisa jadi menu diet juga lho...hihi. Aku cuma pakai sedikit minyak kedelai untuk menumis bumbu, lainya di rebus semua. Menu diet ala aku..kudu enak lah..! Lol...

Resep Tekwan Ala Diah Didi's Kitchen

Bahan Bakso :
300 gram ikan tenggiri
1 putih telur
50 ml air dingin
1 sendok teh garam
100 gram Tepung Bakso ( bisa ganti sagu )
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk, 1/4 sendok teh kaldu ayam, 1 sendok tehgula pasir, dan garam secukupnya

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecauli tepung, masukkan ke food processor, proses hingga halus
Masukkan Tepung Bakso, aduk rata
Didihkan air, buat bulatan bakso ukuran kecil
Rebus hingga matang

Kuah Tekwan :
1000 ml air
100 gram udang segar
2 cm jahe,  memarkan
1 bengkoang, potong korek api
50 gram jamur kuping rebus, iris kasar
2 batang daun bawang, iris halus
50 gram soun yang sudah di seduh
Bawang goreng secukupnya
Sambal secukupnya

Bumbu halus :
4 butir bawnag  merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
Secuil kecil pala

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang
Tambahkan air dan semua bumbu
Masukkan jamur dan bengkoang
Koreksi rasa
Jika sudah pas masukkan daun bawang dan bakso ikan
Sajikan hangat dengan taburan daun bawang dan sambal serta kecap
Yummy !






6 comments :

  1. Fungsi bengkoang untuk nambah item saja atau ngurangi aroma amis mbk ?

    ReplyDelete
  2. Fungsi bengkoang untuk nambah item saja atau ngurangi aroma amis mbk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelengkap mba..sayurannya gitu..enak kok..kreyes2 gitu manis seger :)

      Delete
  3. Mbak bunga sedap malamnya kapan dipakai? Mhon d jwab mbak, dah terlanjur beli ini...hikzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan termasuk bumbu mba..jadi masuk bareng semua bumbu setelah air masuk ya..:)

      Delete
  4. Ga bullet jg ga papa mba pentolnya, biasanya bikinnya dicubit cubit aja adonany jd agak keriting gitu

    ReplyDelete