Thursday, January 19, 2017

Risol Kuah Resep Baru



Beberapa waktu lalu, aku kangen makan Bestik Solo. Untung di Semarang ada cabang Bestik Solo yang terkenal, Bestik Darmo. Sayangnya sekarang porsinya semakin sedikit jika beli. Ya maklum ya...apa-apa sekarang mahal bahan-bahan ya teman-teman. Jadi, jika mau lebih puas makannya ya masak sendiri di rumah. Walau sedikit repot, tapi hasilnya pasti lebih banyak dan lebih enak, di banding jajan di luar yang mahal ya teman-teman. Walau aku tiap weekend ya mesti icip-icip kuliner baru di luar..hihi..buat melatih Yodha juga agar peka lidahnya terhadap rasa makanan, enak dan tidak enak...pasti berguna suatu saat ketika dia suka masak juga.
Jika di Sumber Bestik Darmo, Yodha paling suka Risol kuah. Karena unik, daging cincang di buat orak-arik, lalu di bungkus telur dadar, dan di sajikan dengan kuah Bestik juga. Jadi cocok buat menu anak-anak..nggak perlu susah mengunyah daging kan..hihi. Rasa risol kuah ini memang unik..kuahnya segar, di padu isian daging cincang yang gurih. Namun..cara menikmatinya harus perlahan menyendok sepotong risol, lalu sendokkan ke kuah. Jika langsung di buka semua risolnya, bakal tercampur semua isian daging cincang ke kuah..nggak seru lagi..hihi.

Kalau di Sumber Bestik Darmo..seperti ini nich Risol Kuah itu penampakannya teman-teman, aku masih ada foto lama pakai hape dulu..hihi.


Nah...beberapa hari lalu Yodha minta di buatin risol Kuah sendiri. Maminya di suruh *Battle ( tanding rasa ).. masak risol Kuah..melawan Risol Kuah Sumber Bestik..hihi. Dan hasilnya..Yodha lebih suka risol kuah buatanku..hihi. Lama-lama jadi kayak Jason di acara Taste of Jason tuch Yodha..sukanya icip-icip kuliner dan di  komentari..enak atau tidak. Nanti nich, masih ada Babat iso, aku di minta masak Babat Iso Gongso terus Battle sama babat Iso Gongso Pak Karmin..katanya...hahah. Ada aja si Yodha ini mah..!

Oke..aku share resepnya ya...dulu udah pernah aku share sich..tapi yang versi biasa...tanpa daging iris. Kali ini aku buat lebih spesial lagi kuahnya..pakai daging iris bagian Has yang mudah empuk dan semakin gurih dech kuahnya. Untuk kuahnya agar lebih segar, aku pakai tomat asli yang aku rebus dan di blender. Jadi rasa kuahnya itu mirip semur, tapi seger gitu teman-teman.

Risol Kuah

Bahan Isian Risol :
200 gram daging cincang
1 bawang putih, cincang halus
1/4 bawang bombay, cincang halus
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kecap manis
2 butir telur

Cara mmebuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang, aduk hingga berubah warna, sisihkan di pinggir wajan.
Tuang telur, buat orak arik berbutir kecil, campur dengan tumisan daging cincang di wajan , beri semua bumbu, aduk rata dan koreksi hingga pas gurihnya. Jangan terlalu asin ya..cukup gurih ringan rasa isiannya.

Isian risol ready, kita buah kulit dadarnya, aduk rata semua bahan, dadar seperti menggoreng telur dadar, tapi agak lebar dan jangan robek ya :
3 butir telur
1 sendok makan terigu
100 ml air
1/8 sendok teh  garam dan sedikit merica

Nah..yang ketiga tinggal bikin kuahnya ya. Untuk kuah Bestiknya agar lebih sedap, aku modifikasi pakai daging. jadi bisa makin  bergizi untuk anak-anak ya.

Bahan Kuah Bestik :
150 gram daging bagian Has Dalam, iris tipis melawan serat agar mudah empuk, lumuri dengan 1 sendok makan kecap manis dan sedikit merica, diamkan di kulkas minimal 30 menit agar meresap.
2 buat tomat di rebus, blender dengan 600 ml air, saring
Tumis 1/2 buah bawang bombay, 4 butir bawang merah yang di iris tipis, dan satu bawang putih yang di geprek saja, tumis hingga harum, masukkan daging berkecap, aduk hingga berubah warna...masukkan ke rebusan air tomat.
Tambahkan 1 sendok makan saus tomat, 3 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk. 
Rebus saus hingga matang dan meresap, koreksi rasa hingga pas segernya sesuai selera

Pelengkap :
Daun selada secukupnya
Mayo Jawa atau Mayo beneran secukupnya ( aku nggak pakai kemaren, lagi ngga punya stok )
Kentang goreng potong dadu secukupnya
Wortel rebus secukupnya
Tomat segar secukupnya
Caba rawit iris secukupnya jika suka pedas

Cara Penyajian :
Ambil satu lembar dadar telur, isi dengan orak arik daging agak banyak, lipat bentuk seperti risol, tapi agak besar. Letakkan di piring saji, beri  irisan daging, daun selada, tomat, kentang dan wortel. Siram dengan kuah bestik

Tips :
Agar kuah cantik, tapi tidak terlalu manis, gunakan Kecap yang enak dan kental ya. Aku selalu pakai Kecap Lele kalau masak, hasilnya..selalu oke warna masakannya...dan yang jelas rasanya enak. Kecap lele itu Kecap khas Jawa Tengah, dari Pati asalnya. Jika mau coba...aku juga jual Kecap Lele, terasi Juwana, Petis dan bumbu kaldu tanpa msg buatan..Alsultan, yang selalu menemaniku memasak setiap hari..bumbu-bumbu andalanku itu...hihi.
Selamat mencoba ya teman-teman, jika suka. Untuk resep Bestik kuah lain ala Solo, silahkan lihat di SINI ya. Atau resep Selat Solo ada juga di SINI.

No comments :

Post a Comment