Wednesday, January 4, 2017

Spicy Korean Chicken Wings ala Yodha


Masih terinspirasi dari acara Korean food Made Simple by Judy Joo. Kali ini Yodha yang masak tadi. Dia ingin  mencoba Korean Spicy Chicken Wing. Tapi nggak mau terlalu pedas katanya. Akhirnya aku suruh dia goreng ayamnya sendiri, lalu aku kreasikan saus yang rasanya sedikit pedas manis aja, dengan bumbu sederhana yang ada di rumah. Rasanya tetap enak dan sesuai lidah kita..hihi. Jadi resep ini hampir sama dengan resep yang sudah pernah aku posting dulu. Bedanya..sausnya saja..ini lebih cocok untuk selera anak-anak. Tidak terlalu pedas.

Kunci utama membuat Korean Spicy Chicken Wing ini, adalah pemakaian Tepung Kentang pati atau Potato Starch untuk melapisi Ayamnya. Dengan memakai Potato Starch ini, maka lapisan tepungnya akan menempel lebih mudah di Ayam yang basah yang sudah di rendam bumbu, jadi ketika di goreng tidak mudah lepas atau luntur tepungnya. Hasilnya berbeda jika kita pakai maizena, jika kita tidak memakai adonan pengikat akan mudah luntur tepungnya. Kalau memakai Potato Starch ini bisa kriuk juga, awet  kriuk hingga dingin, asal di goreng hingga benar-benar renyah ya teman-teman. Dengan Potato Starch ini juga warna ayamnya tidak mudah gosong, walau di goreng hingga kriuk kering luarnya.

Yang mau tahu lebih banyak tentang Potato Starch, bisa melihat ulasanku di SINI ya teman-teman. Potato Starch atau Tepung Kentang Pati ini, selain untuk lapisan Ayam Goreng ala Korea ini, bisa juga untuk membuat Chicken Karaage ala Jepang, untuk Membuat Potato Cookies yang enak dan renyah, dll. Tepung kentang pati ini bisa di peroleh di TBK yang besar atau jika kesulitan mencari, aku juga sedia kok teman-teman..silahkan sms atau wa ke 089654712500. Aku jualnya online ya, melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Untuk resep ini, ala selera Yodha ya sausnya, jadi nggak begitu pedas. Dia bilang..sausnya enak banget. Tadi masak sendiri, di habisin sendiri...cuma sisa  beberapa biji aja...hihi. Jika mau versi lebih pedas, bisa komposisi saus cabainya saja yang di ubah, dan tidak perlu saus tomat ya teman-teman. Namun jika mau untuk anak-anak, saus ini pas nggak terlalu pedas. Cabai bubuk bisa di pakai, bisa tidak, aku pakai sebagai ganti pasta cabai Korea yang aku nggak punya aja tadi.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka....:)
Spicy Korean Chicken Wings ala Yodha

Bahan :
1/2 kg sayap ayam, potong dua bagian
150 gram tepung kentang pati ( Potato Starch ) , campur dengan 1/8 sendok teh merica bubuk dan kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh atau garam sesuai selera.

Bumbu perendam :
100 ml air
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok makan saus tiram
1/4 sendok makan merica
2 siung bawang putih cincang halus
2 cm jahe, geprek
1/2 sendok teh gula pasir

Saus Pedas Manis :
2 sendok makan saus barbeque siap pakai
1 sendok makan saus tomat 
1 sendok makan saus sambal
1 sendok teh kecap manis, 1 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh cabai bubuk ( atau sesuai selera pedasnya )
1/2 buah bawang bombay, cincang halus, sedikit garam dan gula jika perlu
50 ml air

Cara membuat :
Rendam sayap ayam dalam bumbu perendam selama minimal 30 menit. Tiriskan. 
Panaskan minyak goreng agak banyak sampai benar2 panas
Gulingkan ayam ke tepung pati kentang sambail di tekan2 agar tepung menempel sempurna di ayam agak tebal. Goreng di minyak panas hingga matang dan kering luarnya.

Saus :
Tumis bawang bombay sampai matang dan harum, masukkan air, dan semua bumbu lain. Aduk rata hingga mengental, dan koreksi rasa hingga sesuai selera gurih manis dan pedasnya. Jika sudah pas seusai selera pedas manisnya..masukkan ayam yang sudah di goreng, aduk hingga saus menyelimuti ayam.

1 comment :