Tuesday, January 24, 2017

Sayap Ayam Bumbu Rujak Tanpa Santan



Ini menu daur ulang, dari Ayam Bumbu rujak yang aku masak kemaren. Karena masih sisa, aku simpan di kulkas, aku panaskan dan bakar sebentar di Grill Pan..hasilnya..hemmm..." Yummy beibeh !..kata Yodha..hihi. Yodha sekarang sudah suka makanan pedas asalkan bukan cabai rawit merah ya. Kalau cabai merah keriting..oke-oke saja dia, tapi biasanya aku buang bijinya. Biar tetap cantik warna masakannya, tapi tidak terlalu pedas. Jika emaknya ingin lebih pedas, tinggal di tambah cabai rawit merah di utuhkan saja. Jadi yang tua ngalah dech..hihi.


Ayam bumbu rujak yang sudah menginap ini bumbunya makin meresap hingga ke dalam daging Ayamnya. jadi buat teman-teman..yang biasa masak Ayam Bakar tapi ingin lebih meresap bumbunya..ungkep saja sehari sebelumnya, taruh kulkas, besok harinya baru di bakar. Akan semakin enak dan sedep rasanya. Berlaku juga untuk Ayam bakar bumbu kecap, dll ya.

Bumbu rujak ini adalah menu masakan khas Jawa Timur ya teman-teman. Aku suka citarasanya yang pedas, gurih dan sedikit manis. Aslinya pakai santan, nah kemaren aku mencoba memakai tanpa santan..enak juga..karena memakai bumbu kemiri, tetap kental juga kok. Jika masih sedikit berkuah, mirip gulai penampakannya, namun rasanya berbeda ya. Penasaran...cobain saja ya teman-teman.

Di masak hingga kuah habis kemudian di bakarpun tambah enak sekali Ayam Bumbu rujak ini. Yang mau coba..ini dia resepnya ya. Oh ya..lebih enak sich..pakai Ayam Kampung atau Ayam pejantan, namun karena aku punyanya Sayap Ayam biasa, aku pakai itu saja..tetap enak ! Jika mau lebih pedas menggigit, bisa di tambahkan cabai rawit merah ya di bumbu halusnya.
Sayap Ayam Bumbu Rujak Tanpa Santan

Bahan :
1/2 kg sayap ayam
2 lembar daun salam
2 batang sereh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh kaldu ayam jika suka dan  garam sesuai selera
1/2 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis
Air kelapa 400 ml
Air biasa 200 ml

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
8 buah cabai merah
1/4 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ketumbar
6 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan air kelapa dan air biasa serta semua bumbu kecuali kecap manis
Ungkep dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah habis
Bakar Ayam di gril pan atau teflon
Noted :
Selain di buat Ayam bakar, Ayam bumbu rujak ini bisa di sajikan juga berkuah. Kalau aku biasanya aku buat berkuah kental dulu, jadi kuahnya ini juga enak sekali di buat makan Nasi hangat. Keesokan harinya jika masih sisa, baru lanjut aku buat Ayam bakar bumbu rujak. 
Selain untuk memasak Ayam, bumbu rujak ini juga cocok untuk memasak hidangan lain lho, misal Kepiting Bumbu Rujak, yang sudah pernah aku tulis di SINI ya. Resepnya yang versi pakai santan yang masak Kepiting ini. Atau di pakai untuk bumbu pepes juga enak. Aku sudah pernah membuat Pepes Bumbu Rujak, yang sudah pernah aku posting di SINI.

4 comments :

  1. Jeng, kalo ayam diganti sama burung bisa kan ?
    Oya saya cari resep kue cubit tapi ngga nemu. apakah jeng diah ada daftar isi dari webset nya? haturnuwun =))

    ReplyDelete
  2. Wihhh, ngeliat fotonya aja jadi bikin ngiler... pingin mbak..

    ReplyDelete
  3. Kalau ga pake air kelapa bisa ga bun?

    ReplyDelete