Sunday, January 8, 2017

Tempe Koro Bacem


Beberapa hari lalu, kita ke Yogya..menengok Eyang Yodha yang lagi sakit. Tiap ke Yogya...aku pasti belanja bahan-bahan yang tidak ada di Semarang. Salah satunya Tempe Koro ini. Tempe jadul...mungkin hanya ada di Yogya dan sekitarnya. Dulu Tempe Koro banyak di jual di pasar-pasar dalam kondisi mentah atau matang, bersanding dengan Tempe Benguk, yang masih kerabatnya. Bedanya, Tempe Koro lebih empuk di bandingkan dengan Tempe Benguk.

Jika Tempe Benguk warnanya kehitaman, Tempe Koro ini jika masih mentah putih bersih seperti Tempe kedelai biasa. Namun jika sudah di masak..barulah kelihatan bulir-bulir biji Koronya yang lebih besar dari biji Kedelai. Selain itu..rasanya juga lebih empuk dan memes ( lembut ) jika sudah di masak di bandingkan Tempe Kedelai biasa. Rasanya juga khas aromanya..pokoknya enak. Tempe Koro di buat dari biji Kacang koro, yang biasa di buat snack cemilan kering itu lho teman-teman. Menurutku lebih enak jika di olah jadi Tempe, di banding jadi cemilan kering Koro ini. Cobalah teman-teman, jika main Ke Yogya...main juga ke Pasar tradisional ya..siapa tahu beruntung masih ketemu Tempe langka yang enak ini.

Kalau aku beli di tetanggaku yang bikin. Jadi jika mudik, pasti pesan dulu yang belum jadi..jadi lebih awet ketika di bawa ke Semarang. Tempe Koro ini termasuk jenis Tempe yang kurang awet jika di simpan. Jika sudah jadi jamurnya udah bagus dan warnanya putih  bersih. Segera di masak, jika tidak akan terasa asam. Makanya kemarena aku lebih suka menyimpan dalam kondisi matang di kulkas. Sebagian aku masak Besengek Tempe Koro yang berkuah santan, sebagaian aku masak Bacem seperti ini. Rasanya enak semua.

Jika Besengek Koro, biasa di jual di pasar tradisional. Jika mau cari di Pasar Bantul Yogyakarta masih ada beberapa yang jual. Aku sering beli juga di sana jika Lebaran. Sudah matang ada, mentah ada. Besengek Tempe Koro paling enak di makan bersama Gudangan ala Jowo juga. Wah..enak banget itu teman-teman. Jika di m asak Bacem seperti ini, paling enak di gado..baceman basah saja tanpa di goreng, rasanya enak sekali. Jangan lupa nyeplus cabai rawit kecil yang warna hijau..hemmm...sedep banget..!...Tapi jangan banyak-banyak ya cabenya..lagi mahal kan Cabe udah hampir sama harga daging sekarang ini...hihi. Duch kok bisa ya...!

Oke dech..lupakan harga cabai..hihi..aku share saja resep Tempe Koro Bacem ya teman-teman. Jika nggak ada..ganti Tempe biasa aja juga enak.
Tempe Koro Bacem

Bahan :
20 buah Tempe Koro bungkus daun
100 gram gula merah 
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
800 ml air ( separo air kelapa, separo air biasa ya )
1/2 - 1 sendok teh garam ( ini sedikit dulu, boleh di tambah jika kurang, karena nanti semakin lama akan semakin gurih rasanya jika air rebusan menyusut )

Bumbu halus :
4 buah bawang merah
2 siung bawnag putih
2 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke panci
Tutup rapat
Rebus dengan api kecil hingga air menyusut
Koreksi rasa hingga pas rasanya
Siap di sajikan basahan atau di goreng dulu, sesuaikan selera ya

No comments :

Post a Comment