Monday, January 30, 2017

Mie Hijau



Kemaren waktu jalan-jalan ke supermarket..nemu alat gilingan mie..Yodha jadi pengen bikin Mie lagi. Dari kecil dia suka mainan gilingan mie. Tapi udah dua atau tiga kali beli kok selalu karatan..sampai jengkel aku..nggak mau beli lagi. Ada sich yang ngga mudah karatan,..tapi kok mahal..hihi. Dulu pertama karatan di pinjam tetangga..udah di bilang jangan di cuci..eh tetep di cuci air..ya udah game over berkarat dech nggak bisa di pakai lagi. Beli lagi..kedua..ketiga..eh sama mba art ku di cuci juga..duch..sebel kan..karatan lagi...hihi. 

Jadilah kemaren beli lagi dan aku berjanji..akan menjaganya sendiri..hihi. Jadi..alat giling mie yang berbahan stainless itu jangan sampai di cuci air ya teman-teman..sudah pasti mudah berkarat. Jika selesai di pakai, lap saja dengan serbet, bersihkan dengan kuas. Nanti jika mau bikin adonan lagi...korbankan saja sedikit adonan untuk membersihkan nya dengan di giling berulang-ulang. Jadi kan bersih kembali lubang-lubang penggilingnya.

Nah...kemaren Yodha semangat banget bikin Mie...karena bisa sekalian mainan..hihi. Dari malam udah heboh mainan alat penggiling mie...buat memotong-motong kertas...hihi. Hari minggu pagi udah heboh ngingetin aku untuk beli bahan-bahan Mie nya. Setelah aku ajarin cara membuatnya...dia bersemangat sekali. Hasilnya oke..warnanya bagus cantik hijau alami. Dan ngga bau langu Sawi lho. Jadi tentu lebih menarik dan sehat. Nanti mau buat versi Mie warna lain kata Yodha. Kalau dulu aku pernah buat Mie Ubi Ungu, resepnya udah pernah aku posting di SINI. Nanti mau coba Mie warna lain..pasti Yodha suka. Dan yang jelas, dia lahap makan Mie buatan dia sendiri, itu yang bikin aku semangat.

Kemaren Yodha minta di buat toping Ayam Jamur. Untuk resep kuah dan toping Ayam Jamurnya..sudah perna aku posting di SINI. Jadi aku share saja ya resep Mie Hijau homemade nya teman-teman. Selamat  mencoba dan semoga bermanfaat ya.


Mie Hijau

Bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram sagu
2 butir telur
50 gram daun Sawi Hijau ( daunnya yang hijau aja )
50 ml air
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Blender daun sawi dan air hingga halus, saring
Campur semua bahan, uleni hingga kalis dan rata, sari Sawi Hijaunya tercampur rata dengan adonan
Bagi beberapa bagian, pipihkan
Giling berulang kali ke gilingan mie hingga tipis dan halus, sambil di tabur terigu agar tidak lengket
Giling di pemotong mie
Rebus di air mendidih yang di beri sedikit garam sekitar 5 menit atau hingga mengembang
Tiriskan dan masak sesuai selera

3 comments :

  1. mba diah beli alat penggiling mie nya dimana mba? Aku pengen beli online tp kok takut ga sesuai ekspektasi..

    ReplyDelete
  2. Mba diah mie ny klo d simpan d freezer bisa gak buat stok dan bisa tahan brp lama yaa? Trims

    ReplyDelete
  3. Mba diah mie ny klo d simpan d freezer bisa gak buat stok dan bisa tahan brp lama yaa? Trims

    ReplyDelete