Friday, January 13, 2017

Cap Cay Kuah Asam Manis


Kemaren malam masak seadanya bahan di kulkas. Karena siang nggak masak, maka pilih menu yang cepat, bisa di masak dadakan. Campur aneka sayuran..ada bakso ikan yang aku buat kemaren, ada sedikit sosis, udang. Campur semua bahan..jadilah Cap Cay..hihi. Aku bikin Cap Cay kuah ala Semarangan. Itu sayurnya biasanya kol, sawi putih dan sawi sendok, bunga kol, daun bawang dan yang nggak ada itu brokolinya. Bisa juga di tambah jamur tiram.
Jadi Cap Cay ala Semarang itu unik. Kuahnya merah..rasanya asam manis segar. Cocok juga untuk menu diet kan ya. Tapi sayurannya aja ya..jangan aneka baksonya hihi. Aku suka Cap Cay kuah Semarang ini..karena rasa sayurannya jadi ikut manis..kres-kres. Apalagi di masak mendadak dan di sajikan sesaat setelah di masak. Jadi rasanya lebih fresh, seperti kalau kita beli di warung penjual Cap Cay. Di sini ada satu warung Cap Cay langgananku yang enak rasanya..seger dan fresh sayurannya. Aku suka tehniknya...yang memasak Cap Cay dengan api besar, jadi tidak perlu waktu lama untuk memasaknya. Rasa sayurannya jadi lebih kres dan manis.

Jadi tehniknya, pertama bumbu..bawang putih yang di geprek saja dan bawang bombay iris di tumis hingga harum, masukkan air kaldu ayam, dan bahan isian Cap Cay serta bumbu, lalau di masak cepat di api yang besar. Jadi bumbu-bumbu cepat merasuk dan rasa tekture sayurannya terjaga, tidak terlalu lembek. Aku kemaren aslinya masaknya begitu..cuma di foto udah habis sayurannya itu..lha wong itu tinggal sisa sedikit fotonya..cuma aku panasi malam-malam, mau aku simpan di kulkas..hihi.

Cap Cay ini juga kaya gizi, kalau di warung langgananku isinya komplet, ada daging ayam, Hati Ampela. Udang,dan Kekian. Jika suka bisa di tambah Cumi, dll. Nah untuk kekian, kemaren aku buat kekian udang bentuk bulat, seperti bakso goreng. Kalau jenis Kekian bulat ini ada di salah satu Cap Cay yang terkenal juga di Semarang. Cara membuatnya juga mudah. Daging Ayam dan Udang di bumbuin, masukkan food processor, bentuk bulat..goreng. Jadi kekiannya nggak perlu di potong-potong lagi.

Oke, aku share resep Kekian Bulat. Untuk resep Cap Cay kuahnya..silahkan lihat di SINI resepnya .  Kekian udang bulat rasanya seperti Bakso Goreng..ini favorit Yodha banget.

Kekian Udang Bulat 

Bahan :
100 gram udang kupas
50 gram daging ayam cincang
1/2 butir putih telur
5 sendok makan tapioka / sagu / tepung bakso
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Campur semua bahan di food processor
Bentuk bulat-bulat kecil atau di sendoki dengan dua buah sendok kecil juga bisa
Goreng hingga matang
Gunakan sebagai campuran Cap Cay

*Jika tidak ada Food Processor, ayam dan udang bisa di cincang halus sekali ya, lalu aduk rata saja semua bahan.

Temannya Cap Cay kemaren ini nich Gimbal Udang yang gurih sekali..ini favorit suami. Resepnya di SINI ya yang versi renyah seperti rempeyek udang. Kalau yang versi semi basah...seperti untuk campuran Tahu Gimbal..ada di SINI resepnya.

1 comment :