Wednesday, January 4, 2017

Panfried Tofu ala Korea


Hari ini posting  menu diet lagi ya teman-teman...tapi ada juga nanti menu biasa yang di masak Yodha tadi. Jadi ceritanya, beberapa hari lalu kita nonton AFC..ada Chef Judy Joo..Chef dari Korea yang acaranya itu menu-menu Korea yang mudah dan simple. Yodha juga suka nonton. Pas episode kemaren itu lagi membahas tentang Anju atau aneka gorengan ala Korea. Ternyata di Korea juga ada aneka gorengan lho teman-teman. Aku suka nonton acara Chef Judy Joo ini, karena selain berbagi resep menu Korea yang mudah, sebelumnya Chef Judy Joo jalan-jalan dulu di Korea, lalu masak di dapurnya di London. 

Jadi acaranya seru dan menarik, resep-resepnya juga simple..walau kebanyakan tetap memakai bumbu khas Korea, tapi kalau buat aku sich nggak masalah, tehnik dan menunya saja yang aku adaptasi, kalau bumbu dan rasa, tetap ala Indonesia..hihi. Soalnya aku pernah mencoba bumbu-bumbu asli Korea seperti saus Gochujang, dll kok malah kurang cocok di lidahku..doyan..cuma nggak bikin nagih pengen makan lagi gitu..Lol..! Jadi jika mencoba menu-menu ala Korea di webku..sudah pasti palsu..nggak ori teman-teman..tapi di jamin lebih enak dan cocok untuk lidah lokal..seperti aku...hahah. Misalnya, waktu aku buat Korean Rolled Egg...tetep aku pakai bumbu ala Indonesia.

Nah kemaren itu episodenya ada acara dia mencicipi aneka gorengan pinggir jalan di Korea, yang di sebut Anju. Ada berbagai macam gorengan, salah satunya Panfried Tofu. Tapi waktu cookingnya dia masak pakai Fillet Ikan. Setelah aku lihat, caranya cukup unik gorengan ala Korea ini. Yang membuatku tertarik, tehnik menggorengnya tidak perlu banyak minyak...jadi cocok nich buat program diet untuk mengurangi  minyak seperti aku..hihi. Bermodalkan pan anti lengket yang bagus, yang benar-benar nggak lengket ya...membuat gorengan ini sangat mudah dan hanya butuh sedikit minyak. Jadi tehniknya itu bukan bahan di celup ke kocokan telur terus di balut tepung seperti kita membuat lapisan tepung krispi, tapi di balik. Bahan yang mau di goreng, di baluri tepung dulu, baru di celup ke kocokan telur. 

Dengan cara itu gorengan lebih mudah matang, walau hanya memakai sedikit minyak. Hasilnya jadi lembut kulit luarnya, sedikit renyah jika masih panas. Beneran, asal Tahunya enak dan lembut..ini enak banget teman-teman..bakalan sering bikin dech aku jika rindu gorengan, karena lebih sehat dan cepat buatnya. Ini coock juga di aplikasi untuk tahu isi juga kayaknya, tapi pakai tahu basah yang lembut...atau Misoa Goreng juga bisa ya...hihi. Diet kok mikir gorengan aja. Ndak apa-apa tho..kan diet minyak doang...hahah. Dan memang paling enak di nikmati hangat-hangat, sesaat setelah di goreng. Yang aku suka juga dari gorengan ala Korea ini, mereka suka menghias suatu makanan jadi lebih cantik ya teman-teman. Misal seperti gorengan saja di beri hiasan daun bawang dan cabai atau kucai, jadi lebih ceria dan cantik penyajiannya, walau cuma gorengan sederhana seperti Tahu Goreng ini.

Menghias makanan memang penting ya. Buktinya tadi...Yodha dan papinya yang biasanya nggak mau melirik Tahu Goreng polosan tanpa isi biasa, tadi jadi mau makan Tahu Goreng..hihi. Jadi ayuk bunda, walau cuma untuk sajian sehari-hari, usahakan untuk menyajikan dan menghiasnya dengan cantik ya, agar lebih menarik dan menggugah selera. Oke...aku share resepnya ya. Tapi aku sesuaikan bumbunya ala Indonesia ya..biar lebih sesuai lidah kita..hihi. Selamat mencoba ya. Oh iya agar hasilnya enak, pakai Tahu yang lembut dan enak ya, seperti Tahu Sutra, atau Tahu Telur tuch..pasti enak. Untuk resepku ini, tadi aku memakai Tahu Sutra lokal, khas Bandungan, Kabupaten Ungaran yang terkenal dengan Tahunya yang enak.
Panfried Tofu Ala Korea

Bahan :
5 buah Tahu sutra, belah menjadi dua bagian agar lebih tipis
1 sendok teh bawang putih bubuk
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( aku pakai ALSULTAN ) dan garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
Aduk rata semua bumbu di atas dengan 100 ml air, aduk rata dan gunakan untuk  merendam tahu minimal 1 jam agar bumbu meresap ya

Bahan Hiasan :
Daun bawang atau kucai secukupnya, iris panjang
Cabai merah secukupnya, iris serong

Cara Menggoreng :
Siapkan pan anti lengket
Ambil 100 gram tepung berbumbu ( aku pakai TEPUNG KRISPI )
Siapkan 1 butir telur, kocok rata dengan garpu
Tiriskan tahu
Panaskan pan anti lengket, beri 1/2 hingga 1 sendok makan minyak goreng ( aku pakai minyak jagung )
Lumuri tahu yang masih basah dengan tepung berbumbu
Celup ke kocokan telur
Goreng di pan anti lengket
Sewaktu menunggu sisi bawah kering, hias bagian atas Tahu yang masih basah dengan daun bawang atau kucai, serta irisan cabai merah, tempelkan agar tidak lepas ya ketika di balik
Balikkan  Tahu
Goreng hingga semua sisi kering
Sajikan hangat
Yummy..!



4 comments :

  1. Wah, mbak Diah, yg ini juga patut dicoba. Saya penggemar tahu! Minim minyak goreng!
    Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..enak ini..aku bakalan sering bikin ini jika rindu tahu goreng...pakai pan anti lengket ya, api kecil..:)

      Delete
    2. Ya, mbak. Saya ada pan anti lengket.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  2. Wah, langkah-langkah bikinnya mirip sama Hobak Jeon (timun goreng Korea) ya. Lumuri dengan tepung lalu celup ke kocokan telur, trus digoreng dengan minyak sedikit. Dulu waktu ngekos, sering banget bikin. Tepungnya pake tepung bumbu. Aduh jadi kepingin makan Hobak Jeon, tapi timun kagak ada di dapur hahaha.

    Aisyah

    ReplyDelete