Wednesday, January 18, 2017

Garang Asem Ayam Tanpa Santan


Jika lagi males makan..cara ampuh untuk membangkitkan selera, sudah pasti makan berkuah dan pedes ya teman2. Nah..makanan berkuah yang lebih sehat, salah satu favoritku adalah Garang Asem. Menu khas Kudus ini sudah membuatku jatuh hati sejak pertama kali mencicipi versi Garang Asem Sari Rasa di Kudus yang enak. Kalau sebelumnya masih biasa-biasa saja..sering beli di Semarang. Setelah mencoba versi aslinya di Kudus, baru dech bisa mengira-ngira rasa aslinya..dan bisa membuatnya sendiri di rumah. Jadilah sekarang lebih sering bikin sendiri, mau ke Kudus ya masak cuma mau makan Garang Asem aja..terus pulang..hihi.

Untungnya suamiku juga suka Garang Asem. Kalau Yodha belum suka Ayam yang di rebus atau di kukus begini. Pokoknya yang berkuah, kecuali Sop Ayam ala Klaten gitu dia masih mau, walau seringnya bagian kulit dan sayap aja maunya jika di buat Sop ya..karena lebih gurih. Kalau Yodha mah tetap..maunya ya Ayam Goreng, Ayam bakar, dll...yang lebih berbumbu gitu. Ya..namanya juga anak-anak ya teman-teman.

Resep Garang Asem udah pernah aku share sich, ada yang versi pakai santan, resep di SINI. Ada yang versi Jerohan, seperti Usus Ayam..resep di SINI. Nah..kalau yang aku buat tadi pakai Ayam Pejantan. Aku coba-coba aja tadi tehnik baru agar nggak amis dan lebih gurih kuahnya, aku buat kaldu terlebih dahulu, kemudian di bumbuin, lalu di bungkus daun pisang dan di kukus. Lebih enak dan nggak amis sich menurutku. Karena aku pakainya kan Ayam Pejantan, kalau mau lebih sedep kuahnya aslinya pakai Ayam Kampung. Tapi harga Ayam Kampung kok ya mahal banget ya...jadi pakai Ayam Pejantan aja yang harganya separuhnya.

Oke, langsung saja ini dia resep Garang Asem Ayam Pejantan yang yang aku buat tadi ya teman-teman.
Garang Asem Ayam Pejantan Tanpa Santan
( Jadi 3 bungkus )

Bahan :
1/2 ekor Ayam pejantan, potong menjadi 6 bagian
1 0ns tomat hijau, potong-potong tipis
50 gram cabai rawit hijau yang kecil-kecil, biarkan utuh
400 ml air kaldu
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2  sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam ( aku pakai Alsultan ) dan garam sesuai selera

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
Buat Kaldu dengan cara merebus ayam dan 600 ml air dengan api kecil hingga keluar kaldu bening , ukur 400 ml kaldunya
Campur rebusan ayam dan kaldu dengan semua bumbu
Koreksi rasa, agar pas gurihnya
Jika sudah sesuai selera, bungkus menjadi 3 bungkusan besar
Cara membungkusnya, pakai daun pisang klutuk yang lebar dan lemes, lapisi dua atau 3 lembar agar tidak bocor.
Kukus selama 40 menit hingga matang dan kuah merasuk ke ayam
Sajikan hangat
Untuk Lauknya, aku tadi buat Perkedel Lapis Panir, pakai Air fryer agar lebih sehat. Matang dan enak juga, tapi penampilannya pucat ya, tidak secantik jika di goreng minyak. Jadi jika teman-teman mau, bisa di goreng seperti biasa ya, Perkedelnya. Biar cepat membuat Perkedelnya, aku tadi pakai Tepung kentang Flakes yang aku jual, kebetulan stok baru datang banyak kemaren, jadi pengen share aneka resep dengan Tepung kentang flakes lagi. Jika teman-teman mau mencoba..stok baru datang nich fresh..banyak..silahkan sms atau wa ke 089654712500. Bikin Perkedel, kroket, donat kentang, dll makin  mudah lho dengan Tepung kentang flakes ini, karena tinggal seduh saja. Bikin perkedel seperti yang aku buat tadi juga tingga seduh air panas dan di bumbuin aja, tidak perlu repot mengukus atau menggoreng kentang. 

Jika mau melihat resep Perkedel Tepung kentang Flakes yang versi goreng biasa tanpa Panir, silahkan cek di postinganku di SINI ya teman-teman. Atau mau lihat hasil Donat Kentang yang mudah cara membuatnya, menul-menul tanpa di uleni, pakai Tepung Kentang Flakes ini juga...sudah pernah aku posting di SINI. Berikut aku tulis resepnya ya Perkedel tepung kentang flakes yang versi pakai Panir :
Perkedel Lapis Panir

Bahan :
100 gram Tepung Kentang Flakes, seduh dengan air panas secukupnya, perciki air sdikit demi sedikit hingga jadi adonan kentang yang lumat dan halus.
75 gram daging ayam cincang
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, haluskan
1 batang sledri, cincang
1/4 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica
1/8 sendok teh pala bubuk

Lapisan :
1 butir telur dan tepung panko atau panir secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan bawang bombay, aduk hingga layu
Masukkan ayam cincang, aduk dan masak hingga ayam berubah warna dan matang
Matikan api
Campur kentang lumat dengan campuran ayam, dan bumbu lain
Aduk rata
Cicipi rasa hingga pas sesuai selera
Bentuk bulat pipih
Celup ke kocokan telur
Gulingkan ke Tepung panir
Goreng hingga matang dengan minyak biasa jika suka, jika mau hasilnya lebih cantik ( kalau aku pakai Air Fryer , tanpa minyak )



4 comments :

  1. Bunda ayam pejantan itu ayam jago bukan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayamnya lebih kecil2 mba..pejantan di banding ayam kampung atau jago...35 ribu satu ekor biasanya..lebih keset dagingnya di banding ayam broiler....:)

      Delete
  2. Bun ada idekah pakai apa pengganti daun.ak di Taiwan dan ga ada jual daun disinu hiks

    ReplyDelete
  3. Udah nyobain bikin, rasanya persis garang asem sari rasa. Suami smp nambah , ktnya cocok & enak bgt :-)

    ReplyDelete