Friday, December 2, 2016

Lemper..Pakai Rice Cooker


Minggu ini aku udah dua kali bikin Lemper. Rajin ya...hihi...mesti teman-teman kira ribet bikin lemper. ah..sekarang aku udah nemu cara yang mudah kok membuat Lemper..di masak pakai Rice Cooker aja..nggak perlu merendam beras ketan, nggak perlu bikin aron ketan..ngukus..dll. Langsung aja masukin semua bahan ke rice cooker...seperti membuat Nasi biasa...dan nggak lama klik..setengah jam kira-kira...langsung matang dech. Tinggal di beri isi, di bungkus daun biar seperti Lemper tradisional..rasanya..sama enaknya...hihi.

Jika males membungkus pakai daun..bisa juga jadi lemper iris, caranya..ratakan saja sebagian ketan matangnya di loyang, kemudian beri isian..lalu tumpuk lagi dengan Ketan...padatkan..udah tinggal di potong-potong. Kemarena aku malah iseng ngerjain Yodha..hahah. Lempernya aku bungkus pakai slaver ( rumput laut lembaran, terus aku bentuk Kimbap...Nasi isi segitiga ala Korea tuch..isinya sama..isian ayam gurih buat Lemper tuch. Ajaib..Yodha jadi doyan..dan minta lagi buat bekal..karena teman-temannya juga suka katanya..hahah. Nggak tau dia..bahwa isinya itu Lemper Ayam...lol..!

Karena..dari dulu susah banget nyuruh Yodha makan ketan. Apalagi jika dalam bentuk Lemper bungkus daun..musti langsung kabur. Tapi begitu di bentuk Kimbap..kok mau dia dan nggak tau jika itu Lemper. Katanya "Kimbapnya enak Mi ! "...hahah. Baru tau ya Kak..kalau Lemper itu enak..!...Senengnya bisa ngakalin Yodha...hihi. Malahan kalau ada Bazaar lagi dia mau jualan Kimbap katanya..hahah. Kimbap atau Lemper Kak ?..:D

Oke...aku share aja langsung ya teman-teman..resep Lemper praktis ini. Ini nggak di kukus lagi juga udah enak kok..karena udah empuk pulen. Namun jika mau lebih tanak..bisa setelah di bungkus di kukus atau di bakar sebentar..tambah enak. Mari makan lemper enak..tanpa ribet ya..hihi..
Lemper Pakai rice Cooker

Bahan :
300 gram Beras Ketan, cuci bersih
250 ml air
2 sendok makan santan bubuk
1/2 - 1 sendok teh garam ( sesuai selera gurihnya )
1 sendok teh gula pasir
1 lembar daun salam

Cara Membuat :
Masukkan semua bahan ke rice cooker, masak seperti biasa hingga matang
Diamkan sebentar agar tanak dengan tombol warm
Siapkan bahan isian ( lihat resep bahan isian di sini )
Siapkan daun pisang, lemaskan dengan cara di panasi sebentar di atas kompor
Ambil adonan secukupnya
Beri isian secukupnya
Bentuk seperti lemper biasa
atau bisa juga jadi lemper iris di cetak pakai cetekan Kimbap..dll sesuai selera

Tips :
Aku kebetulan pakai santan bubuk, karena lagi banyak stok di rumah...jika tidak ada ganti santan biasa yang kental sejumlah takaran air, jangan lebih ya..nanti jadi lembek


7 comments :

  1. Wah seneng bgt nemu resep ini..pas sy pengen coba bikin lemper...
    Terimakasih ya mbak untuk resepnya..jg resep2nya yg lain...

    ReplyDelete
  2. Wah seneng bgt nemu resep ini..pas sy pengen coba bikin lemper...
    Terimakasih ya mbak untuk resepnya..jg resep2nya yg lain...

    ReplyDelete
  3. makasi resepnya mbak, tapi tautan link untuk buat isian lempernya ga bisa dibuka mbak,knapa ya?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Jadi berapa lempernya mbk dengan resep diatas? Nuwun

    ReplyDelete
  6. Mbak diah didi mau usul kalau posting resep sekalian dong dikasih tau jadi berapa porsi itu hasilnya,

    ReplyDelete
  7. wah bener2 praktis resep lemper mba DD, toooppp

    ReplyDelete