Google Ad

Friday, May 27, 2016

Kepiting Bumbu Rujak


Menu kemaren nich teman-teman..mau posting kok udah kemaleman..ngantuk..akhirnya tidur aja dech. Kemaren sibuk buat video tips seharian..oh ya video-video singkat tehnik memasak menu yang aku masak biasa aku upload langsung di instagram aku ya..follow aja teman-teman..jika mau mengikuti keseruanku di dapur tiap hari...hihi. Ig aku @bunda_didi ya.

Menu kemaren kepiting lagi. Yodha lagi suka kepiting..jadinya..kalau ada kepiting segar di pasar langsung aku beli. Soalnya semahal-mahalnya kepiting di pasar..masih lebih murah di banding beli mateng..hihi. Kalau beli mateng itu mesti di atas 100 ribu satu prosi cuma isi 2 kepiting..kalau beli di pasar 50 ribu udah dapat sekilo..hihi. Jadi..sebenernya makan kepiting bisa hemat kok teman-teman..asal masak sendiri.

Biar nggak bosan di masak aneka saus..aku kemaren masak Kepiting pakai bumbu rujak..bumbu bersantan pedas manis yang biasa buat masak ayam..telur, daging..dll. Nah..kali ini aku aplikasikan kepiting..enak sekali rasanya teman-teman. Bumbu yang gurih..manis pedas berpadu dengan kuah dan kaldu kepiting..hemmm..jadinya..enak banget. Yodha suka sekali. Jadi seneng dech..nggak di masak saus asam manis terus buat Yodha..karena aku sendiri ya bosan kalau saus asam manis terus..hihi.

Tips Memasak kepiting kuncinya harus dalam kondisi masih hidup langsung di masak ya teman-teman. Jika mau di simpan sebentar misal sore baru di masak..rebus dulu hingga matang, baru di simpan di kulkas. Merebusnya harus benar-benar matang ya. Oke..ini dia resepnya..semoga bermanfaat buat teman-teman yang suka hidangan kepiting ya..:)

Kepiting Bumbu Rujak

Bahan :
1 kg Kepiting ( 6 ekor ukuran kecil )
500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera

Bumbu Halus :
100 gram cabe merah
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
2 cm jahe
2 cm kunyit

Cara membuat :
Rebus kepiting di air mendidih hingga matang, bersihkan, potong sesuai selera
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan kepiting, santan, dan semu bumbu lain kecuali kecap manis
Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental
Masukkan kecap manis
Koreksi rasa, sajikan hangat
Yummy...!


Kemaren..di makan pakai sayur bunga bawang plus tahu ini klop banget kepitingnya. Oseng bunga bawang dan tahu sudah aku posting resepnya ya teman-teman.


4 comments :

  1. wah, jadi harus pas masih hidup ya ngrebusnya. baru tahu. nggak pernah masak kepiting ;)

    ReplyDelete
  2. Kyknya egk tega mb dyy klo ngrebusnya mse hidup gitu😭..kasian..*lebay*..

    ReplyDelete
  3. Mba resep cumi donk, yg praktis + tips memasaknya 😄

    ReplyDelete
  4. Jadi, waktu masih hidup langsung direbus ya, Mbak? Saya juga ga tegaan euy. Pengin masak kepiting dari dulu, tapi masih galau cara ngebersihin dan mematikan kepiting itu :D

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel