Wednesday, July 13, 2016

Cap Cay Kuah Merah Semarangan


Di minggu awal kerja ini kesibukan mulai datang bertubi-tubi...baru sempat posting dech jadinya. Nggak apa-apa ya teman-teman..yang penting tetap bisa posting minimal satu tiap hari. Ini lagi mengurus banyak supplier baru..pesanan juga sudah mulai banyak..pesanan grosir kok ya barengan semua ini orderannya minggu awal ini..ya mungkin semua teman-teman yang punya usaha juga sudah siap-siap lagi berusaha untuk menjemput rejeki ya. Semangat aja pokoknya.

Nah..jadinya masaknya juga masih yang praktis-praktis dan cepat aja ini teman-teman. Ini menu kemaren..Cap Cay kuah merah khas Semarang. Cap cay ini berbeda dari Cap Cay biasa..karena berkuah dan berwarna merah. Citarasanya segar sekali..dan gurih..banyak isian..sehat..dan cepat cara memasaknya. Cuma yang kurang sehat itu, kalau beli di luaran..biasanya sausnya merah menyala seperti foto di bawah ini..karena memakai saus tomat yang merah ala-ala pasar itu.


Makanya aku lebih suka buat sendiri di rumah, karena bisa memakai saus yang berkualitas dan bagus., namun memang hasilnya jadi kurang merah menyala kuahnya. Tapi kalau rasa tetep enak kok. Pakai saja merk saus tomat favorit teman-teman di rumah ya..yang terjamin kualitasnya.

Oke..langsung saja..aku share resepnya ya. Cap cay ini sayuran dan isian bebas kok..tapi yang musti ada itu biasanya kekian..sama bakso ikan..udang, serta aneka sayuran. Aku sich..bersih-bersih isian kulkas aja kemaren..apa yang ada aku masukin..hihi. Fotonya juga seadanya dulu dech ya..biasa..masaknya udah kesorean biasanya ngejar matahari nggak dapat..:D

Cap Cay Kuah Merah Semarangan

Bahan :
Aneka sayuran, wortel, kol, sawi sendok, daun bawang, bunga kol, brokoli, jamur, dll..sesuai selera..secukupnya..aku sekitar cukup untuk 3 porsi itu...pakai satu wortel, sekuntum kecil bunga kol, 6 lembar sawi sendok, bakso 5, kekian 100 gram, sosis 4, udah cukup, potong-potong semua bahan sesuai selera. Untuk menambah gurih dan protein, tambahkan udang segar beberapa biji atau cumi, ayam rebus, ati ampela rebus, telur puyuh,dll.
800 ml air kaldu ayam / air biasa

Bumbu :
2 siung bawang putih, geprek saja hingga remuk
1 cm jahe, potong kasar aja
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan saus tiram
3 sendok makan saus tomat ( sesuai selera )
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum
Masukkan aneka udang, cumi, dll jika pakai
Masukkan air kaldu
Didihkan
Masukkan sayuran yang keras terlebih dahulu serta semua bumbu
Jika sudah setengah matang, masukkan sayuran lain
Masak hingga semua bahan matang
Koreksi rasa, jika sudah pas, kentalkan dengan sedikit tepung tapioka ( 2 sendok teh ) yang di encerkan dnegan sedikit air, masak hingga meletup-letup

Note :
Sayuran jangan terlampau lembek ya..ciri khas cap Cap ini sayurannya kres-kres renyah manis..jadi selaras rasanya dengan kuahnya.

Selamat mencoba..:)
 



7 comments :

  1. Kekeiannya itu yang susah dicari mbak Diah Didi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sendiri mba..aku ada resepnya di web ini..:D

      Delete
  2. komplit bangeeet ini mba..pasti enaak :)

    ReplyDelete
  3. Iya mba..silahkan di coba..menu super kilat..:D

    ReplyDelete
  4. Mb diah mau tanya ...untuk buku yang sudah cetak bisa pesen langsung,tidak?o ya itu isinya masakan semua atau cake/kue ya?

    ReplyDelete
  5. Mbak di it pancinya bgus....merk apha yach....haha...gagal fokus. Sk am prbotNy mbk didi...😊

    ReplyDelete
  6. Mbak di it pancinya bgus....merk apha yach....haha...gagal fokus. Sk am prbotNy mbk didi...😊

    ReplyDelete