Friday, June 24, 2016

Iga Bakar madu Ala Resto


Hemm...membuat lauk untuk Yodha itu memang gampang-gampang susah..soalnya anaknya mudah bosan..hihi. Apa-apa di turuti sich ya..jadi sukanya jadi pemilih. Beberapa waktu kemaren lagi demam daging panggang..dia maunya daging panggang ala Korea terus. Nah..sekarang udah rada bosan. Kepiting  juga udah agak bosan. Akhirnya..kalau mau masak tanya dulu ke boss kecilku ini..mau makan apa gitu..hihi. Jadi biar dia semangat puasanya. Moga-moga aja nanti kalau dewasa punya istri yang hobby masak juga..biar bisa masakin menu favorit dia..hayo sapa yang mau jadi menantuku ?..Syaratnya harus bisa masak...hahah..pagi-pagi dah melantur...LOL..!

Kemaren Yodha request Iga Bakar seperti di resto Kampung laut yang sering kami makan. Akhirnya aku musti mengingat bagaimana citarasanya. Hemm..kalau dari judulnya Iga Bakar Madu..otomatis bumbu utama madu. Akhirnya aku coba saja..pakai bumbu Ayam Panggang Madu yang biasa aku buat. Setelah aku coba..hemmm....enak...! Pas banget rasanya..kata Yodha lebih enak buatan Mami..hihi. Dan yang jelas lebih hemat yo Kak..coba kalau di resto pasti udah mahal banget..cuma beberapa potong. Kalau masak sendiri itu..1/2 kg daging iga aja udah cukup puas menyantapnya dengan harga nggak lebih dari 50 ribu.

Untuk kali ini aku pakai daging iga yang tanpa tulang. Soalnya kalau beli yang pakai tulang di pasar biasa dapatnya yang Iga kecil..yang tulangnya lebih banyak daripada dagingnya..haha. Rugi aku di timbangan..cuma berat tulangnya. Kalau yang daging iganya kan tetep dapat citarasa gurih dan lemak iganya..tanpa tulang..toh nggak di makan  juga kan tulangnya..hihi. 

Oke..langsung saja dech..ini dia resepnya ya teman-teman..Iga Bakar Madu ala aku sendiri, pas banget buat buka puasa atau sahur. Selamat mencoba ya..

Iga Bakar Madu

Bahan :
500 gram Iga sapi
2000 ml air
Cuci bersih Iga, rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya dan iga empuk
Angkat iga, sisihkan kaldunya buat sop

Bumbu :
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus panjang
1/2 sendok makan saus tiram
2 sendok makan madu
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar atau merica bubuk biasa
1/2 sendok teh kaldu sapi  dan garam sesuai selera
600 ml air

Cara Membuat :
Tusuk-tusuk Iga dengan garpu agar bumbu lebih meresap 
Tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga  matang dan harum
Masukkan Iga dan semua bumbu, aduk rata
Taungi air
Tutup panci
Masak iga dan bumbu dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental
Koreksi rasa hingga pas
Dinginkan
Bakar di atas alat grill atau teflon hingga harum
Sajikan dengan sop sayuran yang memakai kaldu Iga tadi, serta sambal
Yummy...!


Buat pelengkap Iga Bakar Madunya..ada sop sayur dan perkedel tepung kentang flakes ini..hemm yummy. Renyah di luar..lembut di dalam...perkedelnya. Resep perkedelnya di SINI ya.



4 comments :

  1. Mbk diah salam kenal dari aku.. aku sering ngikutin resep mbk nih. Yees aq berhasil kemaren buat beberapa kue. Resep mbk kereen.. maaf ya mbk udh aq ambil resepnya baru blg. Hehe

    ReplyDelete
  2. hallo mbak Diah... salam kenal yaaa, saya suka sekali intip resep resepnya, mohon bantuannya donk menu masakan untuk nasi kotak harga 10rb yang pas dan juga profit untuk kita apa ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Trims resepnya Mba, ini bahan utama bisa diganti dgn ayam kan ya?
    Karna kmrn suami makan di resto trus pengen minta dibuatin hihi

    ReplyDelete