Thursday, June 16, 2016

Empek Empek Lenjer Tanpa Telur Praktis


Yodha..sekarang sudah agak bosan daging..jadi kalau mau buka puasa selalu request menu tertentu yang dia suka. Beberapa hari kemaren minta steak ayam, nah kemaren itu kok tiba-tiba pengen Empek-Empek. Untunglah di supermarket dekat rumah selalu ada ikan Tenggiri..jadi..tetep bisa membuatkan Empek-Empek buat Yodha. 

Waktu mau buat Empek-Empeknya kemaren..eh kok ya lupa..nyisain telur untuk adonannya. Semua stok telur beberapa biji malah aku masak bersama ayam untuk masak Terik. Mau ke warung kok males ya. Akhirnya..nekad aja buat Empek-Empeknya tanpa telur..jadi Empek-Empek *TanTe nich..hihi. Pokoknya yang penting perbandingan ikan dan tepungnya sama..jadinya..enak sekali juga. Tetep empuk dan terasa sekali ikan Tenggirinya. 

Karena nggak punya telur, aku buat Empek-Empek Lenjer aja yang paling simple. Dengan tehnik pembuatan yang juga cepat dan simple..karena aku buat langsung dadakan Empek-Empeknya..sejam sebelum buka. Alhamdulillah kok ya pas..waktu buka puasa udah mateng. Dengan catatan, tangan kanan kiri oke..harus cepat kerjanya dan  dua kompor nyala..hihi. Satu buat rebus Empek-Empek..satunya buat bikin sausnya..dll.

Cara pembuatan Empek-Empek Lenjer kali ini aku buat simple aja..langsung campur bahan..nggak pakai biang terigu dulu. Alhamdulillah hasilnya tetap enak dan empuk. Kuncinya adalah waktu pencampuran tepung, jangan terlalu di aduk dengan kuat, cukup di aduk perlahan hingga rata..bukan di uleni. Karena tidak memakai telur, agar adonan pas, aku tambah air es. Air es berfungsi agar suhu adonan stabil ketika proses pencampuran adonan. Karena memakai food processor, suhu adonan akan panas terkena gesekan panas mesin food processornya jika pakai air biasa. Jika memakai air es, suhu adonan tetap normal sehingga menghasilkan adonan Empek-Empek yang tetap ada tekture sedikit kenyal.

Oke..ini dia resepnya ya..selamat mencoba. Jika teman-teman mau membuat Empek-Empek dengan cara cepat dan praktis, bisa di coba ini. Hasilnya..enak..dan pas semuanya. Yodha aja..waktu makan nggak bilang apa-apa..cuma angkat Jempol likenya..hihi..ketika aku tanya enak apa nggak..:D


Empek-Empek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :
200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
200 gram tepung Sagu / Tapioka ( aku pakai Tepung Bakso aku )
100 ml air es
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
Pindahkan ke mangkuk
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
Timbang adonan menjadi 10 bagian
Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
Masukkan ke air mendidih
Lakukan hingga adonan habis
Rebus hingga mengapung dan matang
Tiriskan
Dinginkan, goreng saat akan di sajikan

Bahan Saus :
400 ml air
2 sendok makan air asam pekat
2 siung bawang putih, haluskan
100 gram gula merah
1 sendok teh garam
1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera

Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Tips :
Kerat atau potong tidak putus, Empek-Empek Lenjer sebelum di goreng jika mau lebih renyah bagian dalamnya dan mengurangi resiko meletus ketika di goreng. Kalau Yodha malah minta di potong-potong dulu, baru di goreng..hihi.


9 comments :

  1. Halo mba Diah, emang favorit banget ya makanan satu ini..hihi
    Resep asli empek2 memang gak pake biang mba, kalo pake biang tekstur dagingnya kurang pas menurut saya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..yang nggak pakai biang ini lebih ada tekture kenyal ya mba. Tapi aku suka juga yang pakai biang..empuk..haha..semua suka dech empek2 itu enak pokoknya.

      Ada resep dari Ny Liem yang ngetop itu pakai biang terigu lumayan banyak, jadi memang keempukan ya..:D

      Delete
  2. Selalu pas deh resep nya bunda Didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah mba..semangat ya di dapur :)

      Delete
  3. Salam kenal mba diah.. sering buka blog mba . Tp baru sempet komen.. krn kebetulan menu buka puasa mas yodha hari ini sama kaya aq heheheh..
    Udh dr kmrn temu ikannya,cm bukan tenggiri. Krn pas tukang ikan langganan ga pernah bawa tenggiri. Ga tau apa nama ikannya. Krn gelap warnanya. Jd pempeknya jd ikutan gelap. Meski tekstur empuk krn pake resep yg ada biangnya.. alhamd lumayan meski baru pertama bikin hehehe....

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah... makasih buat resep2nya yang gampang tapi uenaknya kebangetan... aku sering niru plek kyk yang mbak Diah tulis.. (paling cabenya aja yang selalu aku kurangin.. gag doyan pedes..hehe..)
    Dan yang favorit resep kremesan.. apapun sekarang aku buat kremes..hehee...
    nah ini pempek.. pengen coba buat nanti sore.. dari dulu pengen pempek.. tapi kalo beli takut pake cuka.. maklum lg hamil...mbak Diah keren.. inspiratif.. :D

    ReplyDelete
  5. Mba didi minta pricelist dagangannya mba didi :D mohon dikirim ke elly.nurshobihah@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete