Friday, June 17, 2016

Karipap Apam Isi Unti Kelapa Nangka




Cantik ya..kuenya...ada yang tau kue apa ini ?..Bukan pastel gurih ini ya..tapi pastel manis. Adonan kulitnya seperti adonan dadar gulung, tapi lebih tebal dan lebih lembut..berlubang-lubang cantik. Citarasanya enak..seperti adonan martabak manis, tapi lebih lembut. Seperti pancake..bukan juga..lebih lembut ini. Pokoknya enak dech. Pas banget di isi unti kelapa nangka yang manis legit...aslinya sich unti kelapa kacang  isinya, tapi kalau aku lebih suka unti kelapa pakai nangka..lebih legit dan harum gitu aromanya.

Beberapa kali aku membuat cemilan ini..hasilnya enak, tapi kok belum bisa cantik...sering terlalu tipis, jadi agak susah di bentuk seperti pastel.karena aku ternyata salah tehnik. Adonan ini bukan seperti dadar gulung yang di dadar tipis-tipis, tapi di tuang saja seperti membuat pancake..diamkan hingga berlubang-lubang dan matang, namun masih ada agak basah, langsung di angkat dech. Jadinya mudah di lipat dan hasilnya lebih cantik. Yeay..akhirnya tahu tehniknya..setelah beberapa kali mencoba.

Jadi..proses dalam membuat kue atau makanan itu juga pengaruh ke hasilnya. Misal..membaut kue kering nastar, ada yang melebar..oh itu berarti prose mengocok margarin, gula dan telur terlalu lama. Atau adonan kering..susah di bentuk..itu berarti kurang lama mengocoknya. Percayalah..dulu waktu aku belajar membuat kue, yang pernah mengalami hal seperti itu teman-teman. Tapi setelah mencoba beberapa kali, akhirnya tangan ini jadi hafal sendiri kok..kira-kira kita mengocok adonan itu berapa lama gar hasilnya pas. Di banyak resep..biasanya sudah di beri aturan waktu, misal..5 menit, 2 menit, dll..jika kita sesuai waktnya, Insyaallah akan berhasil kok.

Jadi semangat ya teman-teman..untuk berkreasi dan berkarya di dapur..jangan mudah menyerah..:D
Oke...walau sudah pernah aku share resepnya..aku tulis dech..siapa  tahu ada yang mau coba ya di rumah. Kalau dari negeri Jiran sana nama menu ini Karipap Apam..kalau dalam bahasa Indonesia apa ya..masak Apem Pastel.


Karipap Apam Isi Unti Kelapa Nangka
Bahan2 kulit :
125 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
250  ml air
125 ml susu cair
½  sendok the ragi instan
2 sendok makan gula pasir
¼ sendok teh garam
Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula , garam, air dan susu. Aduk rata. Tambahkan ragi instan
Aduk rata dan diamkan adonan 1 jam.
Beri pasta pandan, aduk rata
Panaskan Teflon anti lengket, oles sedikit minyak,lalu buat dadar tipis . masak sekitar 2 -3 menit , jangan sampai gosong.
Angkat. Letakan di cetakan pastel selagi masih panas agar mudah di cetak, isi dengan inti kelapa, tangkupkan. Olesi tepi cetakan pastel dgn sedikit minyak agar mudah di lepas dan tidak  robek.

Bahan Isi:
200 gram kelapa parut kasar
75 gram gula merah sisir / secukupnya
125 gram nangka, potong kecil2
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, disimpulkan
150 ml air
Cara membuat : 
Masak kelapa parut kasar, gula merah, nangka, garam, daun pandan, dan air sambil diaduk sampai meresap dan kering. Sisihkan.



1 comment :

  1. Kayaknya enak mb.Diah kapan2 nyoba ah mumpung masih punya unti kelapa di kulkas tinggal tambah nangka aja ...warnanya juga cantik mb.😍😍makasih resepnya mb.Diah....

    ReplyDelete