Saturday, June 18, 2016

Resep Bibimbab Praktis Untuk Berbuka Puasa



Alhamdulillah, puasa sudah kita laksanakan beberapa hari ya teman-teman. Semoga kita selalu semangat dan lancar ya dalam menjalankan ibadah puasa ya. Yang penting, harus selalu semangat juga untuk membuat aneka makanan untuk menu berbuka dan sahur untuk keluarga yang sudah pasti menjadi tanggung jawab Bunda semua di rumah. Pasti bisa..ayuk..semangat ya...!

Beberapa hari ini menu buka puasa di dapurku itu masakan Indonesia dan Jawa terus..hihi. Jadi ingin menyajikan sesuatu yang beda di rumah dech. Nah kali ini aku mau share resep praktis dari luar negeri ah. Kemaren libur, habis nonton drama Korea kok jadi ingin makan Bibimbab...itu lho..Nasi Campur ala Korea. Apalagi dulu pernah makan di salah satu resto Korea ternama di Semarang sini, kok Yodha suka..papinya juga suka. Rasanya itu seperti nasi goreng campur sayuran tapi dengan citarasa yang lebih ringan, karena memang tidak di goreng, namun nasi dan aneka sayuran, di campur saus di dalam   mangkuk keramik panas. Nasinya di sajikan dengan daging, aneka sayuran yang di rebus atau di tumis, serta yang khas itu sausnya, memakai saus pedas manis. Jadi waktu di campur itu nasi dan semua bahan terasa pas, hangat..dan enak sekali rasanya.

Setelah mencari tahu resep Bibimbab, aku jadi ingin membuat sendiri di rumah. Tapi ada satu bahan yang agak susah ya di cari di supermarket...yaitu Pasta Gochujang. Akhirnya aku cari saja di Bukalapak. Kebetulan dulu aku beberapa kali pernah ngubek-ngubek Bukalapak..untuk mencari beberapa macam barang yang akan aku beli secara online...hihi. Sekilas aku dulu pernah melihat ada Pelapak yang menjual Pasta Gochujang ini. Sekarang ini sangat mudah sich untuk berbelanja dan mencari barang secara online. 

Biar praktis aku pasang saja aplikasi Bukalapak di handphone aku, praktis dan cepat pemasangannya. Langsung buka dech, dan ternyata lagi ada promo Bedug Berkah BL 2016 di Bukalapak. Seru dech..jadi..sewaktu kita mencari barang yang mau kita beli di Bukalapak lewat aplikasi belanja di handphone..kita tinggal menggerakkan ponsel kita seperti menabuh bedug tiga kali..jika beruntung, kita akan mendapatkan kejutan hadiah, berupa voucher diskon atau free ongkir. Aku coba berkali-kali dengan Yodha..waktu mau melihat barang tertentu yang menarik..sayangnya belum beruntung mendapat hadiah berupa voucher diskon atau free ongkir..hihi, tapi seru karena jika kita bertransaksi di Bukalapak, kita tetap bisa mendapat kesempatan untuk memenangkan hadiah utamanya lho. Semakin sering bertransaksi maka kita bisa mendapat kesempatan lebih besar untuk memenangkan kejutan 10 paket Umroh untuk 10 orang dan kejutan 1 unit mobil HR -V yang akan di undi di akhir masa promo.

Untuk mendapatkan Kejutan Bedug Berkah BL, caranya mudah..kita harus install dulu aplikasi belanja online Bukalapak di handphone kita, atau jika sudah punya aplikasi Bukalapak kita tinggal update dengan versi terbaru. Daftar atau login di aplikasi Bukalapak. Setelah itu, kita cukup gerakkan handphone ke depan dan belakang sebanyak 3 kali seperti sedang menabuh bedug hingga mengeluarkan suara “dug, dug, dug”. Semakin banyak transaksi, semakin banyak pula kesempatan meraih hadiah-hadiahnya, seperti voucher diskon, free ongkir dan hadiah utama itu tadi. Wah..jadi penasaran..pengen sering-sering balanja di Bukalapak dech. Karena selain bisa mendapatkan aneka kejutan hadiah, belanja di Bukalapak juga bisa dapat hadiah Umroh dan Mobil. Kita bisa cek juga, apakah kita sudah  masuk dalam undian Umroh dan mobil secara langsung kok di SINI.


Nah..ini nich Pasta Gochujang bergaransi halal yang aku beli dari belanja via aplikasi belanja di Bukalapak kemaren..tentu saja yang aku beli masih berhubungan dengan dapur dong. Karena kali ini aku lagi butuh bumbu Gochujang untuk membuat Bimbimbab, aku beli aja langsung kemaren. Aku baru pertama belanja di Bukalapak via applikasi belanja di handphone..biasanya aku belanja langsung dari webnya. Kemaren agak kuatir juga kok nggak ada notifikasi seperti halnya jika aku belanja di Bukalapak via webnya, kan biasanya selalu di konfirmasi via email, kalau pembayaran sudah di terima, order sedang di proses, dan ketika barang sudah di kirim.

Akhirnya aku konfirmasi saja ke customer service Bukalapak via email, ternyata barang sudah di kirim oleh Pelapak dan hari ini sudah sampai malahan sudah sampai ke rumah...hihi. Cepat sekali, aku order Sabtu, Senin pesananku sudah sampai dech. Itulah salah satu hal yang aku sukai jika belanja di Bukalapak..customer servicenya itu bagus banget pelayanannya, cepat dalam menanggapi pertanyaan, keluhan, dan detail dalam menjelaskan semua yang ditanyakan customer, serta bisa menjadi penghubung yang baik antara customer Bukalapak dengan Pelapaknya. Jika ada masalah dengan Pelapak pun, uang kita terjamin kok, karena 100 persen kembali. Jadi..seneng belanja di Bukalapak..karena ada jaminan keamanan. Dulu aku juga pernah belanja dan barang tidak sesuai yang aku pesan..juga terselesaikan dengan baik.

Bumbu saus Gochujang sudah ready, saatnya memasak, ini dia resep Bibimbab, nasi campur ala Korea...yang bumbu utamanya itu harus memakai saus Gochujang ini. Saus ini merupakan fermentasi dari kedelai, cabai, dan beras ketan, serta garam yang di fermentasikan dalam waktu lama. Kalau di drama-drama Korea itu kita sering lihat..pasta ini simpan di wadah tertutup dan di letakan di halaman rumah. Setelah aku cicipin rasanya itu gurih pedas agak asin, mirip tauco. Jadi ya seperti bumbu fermentasi tradisional pada umumnya, bumbu ini bercitarasa dan aroma juga kuat..tapi enak lho..aku suka. Untuk membuat saus Bibimbabnya, pasta Gochujang ini masih harus di campur gula pasir dan bumbu lainnya.

Asyik dech sekarang sudah ada Applikasi Belanja Bukalapak di handphone aku, jadi bisa membeli bumbu-bumbu unik dengan cepat dan mudah. Senangnya bisa memasak Bibimbab sendiri di rumah dech sekarang...karena kalau beli di restoran Korea..lumayan mahal..hihi. Nanti jika butuh bumbu masak lain yang susah aku temukan di supermarket, aku akan beli aja di Bukalapak saja via aplikasi belanja di handphone, karena lebih praktis dan cepat prosesnya. Cara pembayarannya juga mudah, kita bisa transfer via atm, atau yang paling mudah dan langsung otomatis terverifikasi pembayaran kita, kita bisa melakukan pembayaran lewat Indomaret terdekat. Caranya kita tinggal menunjukkan kode belanja kita ke pegawai Indomaret, lalu  bayar dech. Praktis dan cepat, dan sudah aku buktikan kemaren, cara pembayaran ini aman kok..! Selain proses pemesanan di aplikasi belanja di handphone yang cepat, respon Pelapak juga cepat jika ada order, serta koleksi jualan para Pelapak di Bukalapak ini juga komplet dech..segala keperluan dapur atau bumbu dan bahan makanan yang unik-unik ada semua. Kemaren sudah lihat-lihat beberapa bumbu-bumbu unik lain yang akan aku beli jika nanti ingin memasak sesuatu yang unik dan beda.

Kemaren iseng banget, karena penasaran..aku mencoba lagi ..dan yeay..akhirnya aku dapat voucher diskon..free ongkir lho..senilai maksimal 25 ribu..lumayan..hihi. Hanya dengan ikutan menabuh Bedug Berkah BL...via aplikasi belanja bisa hemat ongkir 25 ribu.




Oke..ini dia resep Bibimbab sederhana ala aku ya teman-teman..yang aku adaptasi resepnya dari resep Bibimbab Korea asli, tapi tetep..menyesuaikan selera aku saja takaran bumbunya. Jadi Bibimbab itu intinya Nasi yang di campur dengan aneka sayuran, daging dan jamur, serta bumbu utama pakai saus Gochujang ini. Banyak variasi resep Bibimbab, aku ikuti resep memakai bahan matang semua saja biar lebih sesuai dengan lidah Indonesia..hihi.

Selamat mencoba..dan jangan ragu mencoba menu baru untuk berbuka puasa ya..pasti akan menjadi selingan menu berbuka yang menarik buat keluarga atau bisa menjadi menu untuk ide menu berbuka bersama yang beda, bersama teman, keluarga dan relasi. Beneran..ini enak ..pakai banget..! Menu ini salah satu menu masakan Korea favoritku. Untung nemu Saus Gochujang di Bulalapak. Membuat Bibimbab ini sangat mudah..dan tentu saja sehat teman-teman untuk menu buka puasa yang beda dari biasanya. Selamat memasak ya..!

Resep Bibimbab Mudah

Bahan daging :
100 gram daging has dalam, potong tipis melintang serat
Bumbu : 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh gula merah serut, 1/4 sendok teh bawang putih halus
Aduk rata semua bahan, panggang sebentar di teflon atau di tumis hingga matang tanpa air. Potong-potong daging kecil memanjang

Pelengkap :
50 gram daun bayam, rebus sebentar
1 buah wortel ukuran kecil, rebus sebentar, potong korek api
50 gram taoge, seduh air panas
100 gram jamur shitake, aku pakai jamur kancing siap pakai saja yang sudah di potong-potong
2 butir telur
Garam, minyak wijen, bawang putih cincang, wijen sangrai secukupnya untuk seasoning
Saus Pedas :
2 sendok makan PASTA GOCHUJANG
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh minyak wijen
1/4 sendok teh cuka
1 sendok teh bawang putih cincang
1 sendok makan air
1 sendok teh wijen sangrai
Campur semua bahan saus, aduk rata
Cara Menyajikan Bibimbab :
Tumis sebentar bayam rebus, dan taoge dengan bawang putih dan minyak wijen, bumbu garam dan wijen sangrai, sisihkan
Tumis jamur dan wortel sebentar saja, bumbuin sedikit garam
Buat telur ceplok setengah matang
Siapkan Nasi putih panas
Siapkan mangkuk saji panas, aku pakai mangkuk keramik yang tahan panas, lalu aku panaskan di microwave sebentar, jika tidak ada, pakai mangkuk alumunium juga bisa yang di panaskan sebentar, atau langsung saja di nikmati ketika nasi masih panas, tetap enak..!
Susun nasi di dasar mangkuk, ratakan
Susun aneka sayuran, daging dan saus pedas, di atas nasi putih, hias atasnya dengan telur ceplok
Sajikan hangat
Cara menikmati Bibimbab, aduk rata semua bahan hingga tercampur rata
Mudah bukan cara membuat Bibimbab ini...Selamat mencoba..! 



7 comments :

  1. mbak aku kok trauma banget ya blanja online soalnya saya pernah pesan teflon maxim di lazada tapi barangnya jelek sudah pengirimannya lama sampe boros pulsa soalnya buat telfon customer service,udah gitu barangnya aku ngambil sendiri di JNE.apa karena saya tinggal di desa ya mbak kok bisa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..kalau ada masalah nggak perlu telpon mba..kalau belanja online..kita cukup komplain ke customer service via online..misal email gitu..lebih hemat..:D Kalau aku suka belanja online untuk barang-barang yang tidak ada di supermarket mba..soalnay kadang-kadang butuh banget barang-barang tersebut..dan biasanya hanya di jual secara online..alhamdulillah kok jarang bermasalah..:D

      Delete
  2. Mbak...klo bloeh tahu..yg merek apa nih yg halal (tokonya di bukalapak apaan Mbak?)...lg nyari gochujang yang halal.Matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di klik aja tulisan Pasta Gochujang di bawah foto di atas mba..nanti langsung ketemu sellernya..:)

      Delete
  3. Itu vouchernya gantian, ngga tiap hari, mbak.. Jadi klo hari ini udh pakai voucher diskon ongkir, besok ngga dpt lagi, tp lusa nya :)

    ReplyDelete
  4. Mbak itu sausnya dicampur aja ato pake ditumis

    ReplyDelete